Sukses

12 Tradisi Perayaan Hari Valentine di Berbagai Negara - Part 1

Mari kita lihat seperti apa individu yang merayakan Valentine di berbagai negara.

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 14 Februari diperingati sebagai hari kasih sayang atau Hari Valentine setiap tahunnya. Rupanya mengirimkan pesan yang tulus di Hari Valentine adalah tradisi yang sudah ada sejak abad ke-15. 

Selama perang saudara Prancis pada tahun 1415, Duke of Orleans dipenjarakan di Menara London, tetapi itu tidak menghentikannya untuk mengirimkan puisi cinta kepada istrinya, yang dia sebut sebagai “my very gentle valentine.”

Selain kartu romantis, Hari Valentine di AS sering dirayakan dengan tanda cinta kecil lainnya, mulai dari bunga, makanan rumahan hingga kotak cokelat. Banyak pasangan yang juga menikmati sebotol Sampanye. 

Namun, pernah Anda bertanya-tanya sebenarnya hal-hal romantis macam apa yang dilakukan orang-orang di berbagai dunia saat Hari Valentine? Mari kita lihat seperti apa orang merayakan Valentine di berbagai negara. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Today, Senin (16/1/2023).

Republik Ceko 

Hari Valentine semakin populer selama bertahun-tahun di Republik Ceko, meskipun dirayakan sebagai "Hari Cinta" pada tanggal 1 Mei, bukan 14 Februari.

Sudah menjadi tradisi bagi pasangan untuk mengunjungi patung penyair Ceko Karel Hynek Macha, terletak di dekat hutan pohon ceri. Seakan perayaan puisi ini kurang romantis, sepasang kekasih berciuman di bawah dahan pohon sakura untuk mendapatkan keberuntungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Denmark

Pasangan bukan satu-satunya yang ikut serta dalam perayaan Hari Valentine di Denmark dan Norwegia. Teman dan keluarga bertukar "kartu cinta," yang berkisar dari perasaan menyentuh hingga lucu.

Beberapa bahkan mungkin mengirim surat lelucon tanpa nama dan tanda tangannya hanya ditulis menggunakan titik disebut "gaekkebrev." Surat itu menampilkan potongan kertas yang rumit dan puisi atau pesan pendek.

Jika penerima gaekkebrev, yang diterjemahkan menjadi "surat tetesan salju," menebak identitas pengirimnya, mereka berhutang telur pada Paskah. Ini juga bekerja terbalik jika tebakannya salah, mereka harus memberikan telur Paskah kepada pengirimnya.

3 dari 5 halaman

Inggris

Ada berbagai cara untuk merayakan Hari Valentine di Inggris, tetapi salah satu cara yang paling populer adalah dengan terhibur oleh suara merdu nyanyian anak-anak.

Pada gilirannya, penyanyi kecil mendapatkan permen, buah, atau uang. Beberapa bahkan mungkin memperdagangkan roti Valentine juga dikenal sebagai "plum shuttles"  yang dipanggang dengan kismis, prem, atau biji jintan untuk memperingati panen yang melimpah.

4 dari 5 halaman

Prancis

Prancis, terutama Paris, telah lama dianggap sebagai salah satu tujuan paling romantis di bumi ini, terlepas dari hari apa tahun itu. Tetapi ketika 14 Februari tiba, sepasang kekasih di sana akan bertukar surat atau kartu dan memberikan hadiah, seperti yang mereka lakukan di AS.

Jerman

Jika Anda sudah muak dengan pernak-pernik berbentuk hati di Hari Valentine, dapatkan inspirasi dari pasangan Jerman yang bertukar kado berbentuk babi.

Rupanya, babi adalah simbol cinta dan nafsu, jadi tidak jarang pasangan memberi dan menerima patung babi, boneka binatang, dan lainnya. Bunga dan cokelat juga dibagikan, serta kue jahe yang menampilkan ungkapan cinta.

5 dari 5 halaman

Meksiko

Anda tidak harus berada dalam hubungan romantis untuk menikmati festival cinta Hari Valentine di Meksiko. Itu karena 14 Februari adalah "El Día del Amor y Amistad," yang diterjemahkan menjadi "Hari Cinta dan Persahabatan," di mana setiap orang terlepas dari status hubungan mereka dapat merayakannya dengan bunga, kartu, boneka binatang, dan banyak lagi.

Filipina

Tidak ada tekanan jika Anda berkencan dengan seseorang di Filipina dan Hari Valentine tiba. Pemerintah sebenarnya menyelenggarakan upacara pernikahan besar-besaran secara massal sehingga ratusan sejoli dapat menikah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.