Sukses

4 Cara Alami Meningkatkan Hormon Serotonin, Bikin Mood Lebih Baik

Liputan6.com, Jakarta Di tengah aktivitas kerja yang kembali padat, penting bagi kita untuk menjaga mood dalam kondisi baik agar emosi negatif tidak memengaruhi suasana hati kita. Sebab, mood yang buruk akan berpengaruh pada profesionalitas kerja, keadaan sekitar dan juga membuat mood seseorang berkurang.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan, salah satunya meningkatkan hormon serotonin dalam tubuh. Serotonin merupakan hormon yang dapat membuat perasaan menjadi stabil dan bahagia. Selain itu, serotonin juga berfungsi untuk komunikasi antarsel di dalam otak. Dan kekurangan serotonin bisa membuat suasana hati menjadi buruk.

Berikut, cara sederhana dan bisa dijadikan kebiasaan untuk meningkatkan serotonin

1. Rutin Berjemur di Pagi Hari

Tak hanya meningkatkan kadar Vitamin D, berjemur di pagi hari selama 15 menit juga terbukti dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Ketika tubuh merasakan sinar matahari melalui saraf optik, kelenjar pengatur melatonin di otak memperlambat fungsinya, lalu setelah itu kadar serotonin pun meningkat. Oleh karena itu, jangan lupa untuk rutin berjemur di pagi hari untuk meningkatkan hormon bahagia.

2. Rutin Berolahraga

Selain rutin berjemur di pagi hari, rutin berolahraga juga merupakan salah satu cara sederhana meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Peneliti sepakat bahwa dengan berolahraga, senyawa triptofan dilepaskan dalam jumlah yang cukup banyak ke otak. Kemudian, otak akan menyerap dan menghasilkan serotonin. Jenis olahraga yang dapat meningkatkan suasana hati adalah aerobik, seperti berenang, jogging, bersepeda, dan sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

3. Pijat Refleksi

Beberapa studi mengatakan bahwa pijat refleksi bisa meningkatkan serotonin. Pijat selama 60 menit terbukti bisa menurunkan hormon kortisol, yaitu hormon yang diproduksi ketika tubuh sedang stres. Penurunan hormon kortisol memicu peningkatan serotonin dalam tubuh. Selain itu, melakukan pijat refleksi juga membuat tubuh menjadi rileks dan lebih tenang.

4. Memakai Minyak Esensial

Penggunaan minyak esensial untuk penyembuhan berbagai macam penyakit sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Dikutip dari jurnal Frontiers in Pharmacology, disebutkan bahwa minyak esensial dapat meningkatkan serotonin dan membuat mood menjadi lebih baik. Minyak essential mampu membuat perasaan menjadi lebih baik, terutama minyak lavender. Mulai sekarang kamu juga bisa coba cara yang satu ini.

Itulah cara sederhana yang dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Jika tidak ada perubahan secara signifikan, coba konsultasikan langsung ke dokter. Selamat mencoba!

 

(*/Kdk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS