Sukses

Berikut Ini Cara Menentukan Hobi Baru untuk Tahun Baru 2023

Goal menentukan hobi baru di tahun baru

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang tahun baru, tidak sedikit orang pasti memikirkan rencana atau goal yang ingin mereka capai untuk satu tahun ke depan. Selain goal yang ingin dicapai, melakukan hobi baru juga dapat dilakukan untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan kemampuan kita di bidang tertentu.

Hobi merupakan kesempatan luar biasa untuk bersenang-senang selama waktu luang yang selektif. Hobi dianggap sebagai kegiatan rekreasi yang dilakukan orang untuk bersantai dan menghilangkan stres dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Hobi tidak hanya membangun tujuan dan keterampilan, tetapi juga meningkatkan suasana hati positif dan interaksi sosial.

Kesejahteraan subjektif lebih tinggi dimiliki oleh mereka yang mengambil bagian dalam berbagai kegiatan sosial, budaya, dan aktivitas waktu luang di rumah. Selain kotribusinya terhadap kualitas hidup, hobi juga dapat meningkatkan durasi hidup karena menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan fisik, kognitif, dan mental.

Cara menentukan hobi pun tidak terlalu sulit. Melansir Verywell Mind (30/12/2022), sebagian besar hobi dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, tetapi hobi tertentu hanya berhubungan dengan minat atau kegemaran tertentu.

Misalnya, bagi orang yang menyukai latihan fisik, aktivitas olahraga seperti yoga, menari, pilates, atau berlari mungkin merupakan hobi yang bagus untuk dicoba. Sementara itu, jika cenderung lebih senang tinggal di rumah atau sudah memiliki pekerjaan yang menuntut fisik, coba hobi yang melibatkan pikiran, seperti membaca buku, melakukan kegiatan yang berkaitan dengan seni, atau mencoba resep makanan terbaru.

Jika suka menikmati alam terbuka atau beraktivitas di luar ruangan, cobalah kegiatan seperti bersepeda, bercocok tanam, atau mendaki gunung. Ada pun kalau seseorang yang suka keluar dan bertemu orang baru, mereka bisa mencoba hobi yang membuat mereka bisa banyak melakukan sosialisasi. Mengikuti organisasi, klub, atau kelas tertentu bisa menjadi pilihannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hobi Sebagai Kesempatan untuk Bersenang-Senang di Waktu Senggang

Semua orang bisa memiliki hobi lebih dari satu. Jelajahi berbagai jenis hobi supaya tidak hanya menemukan apa yang paling cocok untuk diri sendiri, tetapi juga melebihi semua manfaat yang dapat ditawarkan oleh hobi. Penting untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisik ataupun aktivitas rekreasi, yang bisa bermanfaat bagi fungsi kognitif.

Meskipun banyak hobi bisa berarti manfaat yang diberikan lebih besar, hindari untuk melakukan terlalu banyak hobi karena bisa membebani atau menguras tenaga. Seluruh tujuan hobi adalah untuk bersantai dan menikmati waktu untuk diri sendiri, pastikan hobi yang dilakukan tidak menambah stres tambahan dalam hidup.

Jadi, jika sedang mencoba hobi baru, ingat untuk menyeimbangkan waktu. Buatlah jadwal aktivitas mana yang ingin diikuti sepanjang minggu, yang bisa bergantian setiap minggu atau bulan untuk membangun irama menjalani keseharian yang cocok untuk diri sendiri.

 

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Hobi

Ada berbagai aktivitas rekreasi fisik dan non-fisik yang bisa diadopsi sebagai hobi. Setiap orang setidaknya memiliki satu dari masing-masing aktivitas tersebut untuk menjernihkan pikiran dan juga melatih otot tubuh mereka.

Aktivitas fisik di antaranya adalah olahraga, seperti bola basket, sepak bola, tinju, bola voli, tenis karate, dan seni bela diri lainnya. Ini juga bisa berbentuk rekreasi seperti Yoga, Pilates, Tai chi, balet, berenang, kardio, dan golf.

Sementara untuk aktivitas non-fisik lebih banyak berkaitan dengan seni, sastra, dan problem-solving. Untuk seni hobi yang bisa dilakukan seperti melukis, membuat sketsa, memahat, dan fotografi, sedangkan sastra di antaranya membaca, menulis kreatif, dan bercerita. Selain itu, hobi yang berkaitan dengan problem-solving di antaranya bermain teka-teki, sudoku, teka-teki silang, sampai video game.

 

4 dari 4 halaman

Peran Hobi Dalam Meningkatkan Kesehatan Manusia

Mengutip Verywell Mind (30/12/2022) melakukan hobi dapat meningkatkan kesehatan fisik, kognitif, dan juga kesehatan mental manusia. Untuk kesehatan fisik, hobi dapat membantu dalam menghadapi rasa sakit, kelelahan, kualitas tidur, penyakit kronis, pencegahan penyakit, dan dukungan kekebalan tubuh.

Sementara untuk kesehatan kognitif, hobi dapat membantu di area, memori, kejernihan mental, brain fog, kreativitas, perawatan diri, dan kepercayaan diri. Terakhir, untuk kesehatan mental hobi membantu menangani suasana hati, kecemasan, depresi, stres, dan peer engagement.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.