Sukses

7 Tips Hilangkan Rasa Mengantuk Saat Bekerja

Berikut ini deretan cara mengatasi rasa kantuk saat jam kerja yang bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Rasa kantuk seringkali terjadi, terutama saat sedang menjalani aktivitas seperti pada jam-jam bekerja. Kebiasaan ini tentunya amat mengganggu apalagi jika terjadinya secara terus-menerus bahkan bisa menghambat aktivitas sehari-hari.

Adapun, diketahui rasa mengantuk disebabkan oleh beberapa hal seperti kurang minum air putih, memiliki kualitas tidur yang buruk, serta asupan makanan tidak terkontrol. Melansir laman NU Online, Jumat (30/12/22) berikut cara mengatasi rasa kantuk saat jam kerja, di antaranya:

1. Membasuh wajah

Apabila kamu merasa mengantuk, segera bangkit untuk membasuh wajahmu dengan air dingin, hal ini diyakini sebagai cara jitu menghilangkan ngantuk saat bekerja. Sebab, sifat air yang menyegarkan dapat menghilangkan rasa lelah di mata sehingga dapat membangkitkan kembali semangat untuk beraktivitas.

2. Minum air putih

Seperti yang sudah banyak orang ketahui bahwa peran air putih sangat penting bagi tubuh, serta sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain membantu menghidrasi tubuh, air putih juga bisa membantu mengurangi rasa kantuk. Sehingga, dengan memperbanyak minum air putih, otomatis asupan cairan yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

3. Mengunyah permen mint

Diketahui mengunyah permen mint juga menjadi salah satu cara jitu hilangkan rasa kantuk saat bekerja. Sebab, rasa mint yang segar itu dapat menghilangkan kantuk di pagi hari. Studi membuktikan bahwa mengunyah permen mint (tanpa gula) dipercaya dapat membangunkan otak dan meningkatkan konsentrasi dalam tugas memori visual. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Melakukan peregangan

Adapun, saat seseorang terlalu lama menatap layar ponsel atau monitor, biasanya tubuh dan mata terasa lelah,dan akhirnya kita merasa bosan dan sering menguap tanpa alasan yang jelas.

Sehingga, dengan bergerak akan membuat darah mengalir dan otak bekerja dan ini dapat kamu lakukan di sela-sela aktivitas untuk sekadar menghilangkan bosan atau kantuk saat bekerja. 

5. Mengatur pernapasan 

Mengambil napas dalam diyakini dapat meningkatkan kadar oksigen yang didistribusikan ke seluruh tubuh. Seperti yang diutarakan dr. Syifa, spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Lavalette, Malang yang mengatakan bahwa mengatur napas diyakini dapat meningkatkan level energi seseorang.

“Selain berpotensi mampu menjadi cara menghilangkan kantuk saat bekerja, mengambil sepuluh napas dalam berturut-turut disebutkan dapat menurunkan rasa stres dan kecemasan,” tuturnya. 

3 dari 4 halaman

6. Alihkan pandangan dari layar

Adapun, menurut, dr. Syifa terlalu lama memandang layar komputer dapat menyebabkan ketegangan otot mata, dan berakhir pada kondisi astenopia (mata lelah). Hal ini terjadi karena otot mata terus menerus berkontraksi demi melihat arah dekat.

Kelelahan otot mata dapat memperberat rasa kantuk yang kamu alami,” ucapnya. Seperti dikutip pada Artikel

Sehingga, salah satu cara untuk menghindarinya yakni dengan mengalihkan sejenak pandangan ketika merasa lelah atau penglihatan mulai kurang nyaman.

Alihkan pandangan dengan berjalan-jalan kecil dan melihat suasana yang lebih segar,” tuturnya

4 dari 4 halaman

7. Mengobrol di sela-sela aktivitas kerja

Selanjutnya, salah satu cara jitu menghilangkan rasa kantuk saat bekerja dengan mencari teman ngobrol. Sebab, biasanya rasa kantuk juga diakibatkan karena terlalu banyak diam dalam suasana yang membosankan. Sehingga, tipsnya coba ajak temanmu ngobrol untuk menghindari kantuk berlebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.