Sukses

7 Tips Menghilangkan Belatung di Tempat Sampah

Beberapa cara dalam menghilangkan belatung di tempat sampah yang kotor.

Liputan6.com, Jakarta - Pastinya setiap orang di dunia ini pernah membuang sampah. Mulai dari sampah besar, sampah kecil, organik, dan non-organik.

Tetapi, pernahkah kamu memperhatikan tempat sampah beserta isinya? Tak jarang sampah yang berada di tempat sampah sudah terkontaminasi dan berisi belatung.

Sampah-sampah yang berisi belatung biasanya lebih bau dan tentunya lebih menjijikan dibandingkan tempat sampah yang terlihat bersih.

Melansir trashcansunlimited, Kamis (29/12/2022) belatung biasanya berasal dari lalat yang menghinggapi sampah, umumnya lalat betina bertelur hingga 500 butir.

Selama 15 hari tempat sampah menjadi tempat bagi lalat berkembang biak, larva lalat menjadi belatung. 

Mereka membutuhkan sumber protein yang biasanya ada di tumpukan sampah. Oleh karena itu, disarankan untuk meminimalisir perkembangbiakan lalat yang ada di tempat sampah kalian, dengan cara mengambil tindakan dengan membasmi belatung yang ada di tempat sampah. 

Mengutip dari lomi, berikut 7 tips untuk menghilangkan belatung yang berada di tempat sampah:

 

1. Air Mendidih

Cara untuk membunuh belatung yang  pasti ampuh yakni dengan menuangkan air mendidih ke atasnya.

Menuangkan air mendidih langsung ke belatung akan dengan cepat membunuh mereka, tetapi kamu harus yakin untuk mendapatkan semua belatung. Setiap belatung yang tidak terkena air akan terus hidup.

Selain itu mengisi tempat sampah dengan air mendidih adalah opsi yang baik, terutama tempat sampah yang besar. Metode ini juga akan memastikan bahwa setiap telur yang diletakkan di tempat sampah kamu juga akan terbunuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Insektisida dan Cuka yang Dicampur dengan Air

2. Insektisida

Insektisida adalah cara yang mudah dan efektif untuk membunuh belatung. Anda dapat menemukan insektisida di toko-toko khusus untuk membunuh lalat dan belatung.

Semprotan serangga apa pun yang Anda dapatkan untuk penggunaan normal juga akan bekerja pada belatung di tempat sampah Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah menyemprotkan insektisida ke seluruh tempat sampah Anda dan tunggu setidaknya 30 menit untuk membunuh mereka.

3. Cuka yang Dicampur dengan Air

Cuka adalah pembunuh belatung ampuh lainnya yang dapat Anda gunakan dengan mudah. Kamu bisa membuat larutan cuka dengan mencampurkannya dengan air panas dengan perbandingan 1:2.

Semprotkan di mana saja belatung berada, lalu gosok semua dinding bagian dalam tempat sampah dengan larutan tersebut. Biarkan selama setidaknya setengah jam sebelum benar-benar membilas tempat sampah Anda.

3 dari 4 halaman

Pemutih dan

4. Pemutih

Sama seperti cuka, kamu juga bisa membuat larutan pemutih dengan mencampurkannya dengan air hangat dengan perbandingan yang sama.

Dengan larutan ini, kamu dapat menyemprotkannya ke seluruh tempat sampah. Tetapi jika tidak memiliki botol semprot, kamu juga dapat dengan lembut mengaduk-aduk larutan di seluruh sisi tempat sampah. Sekali lagi, diamkan sebentar dan kemudian bilas tempat sampah Anda secara menyeluruh.

5. Membekukan

Opsi ini dilakukan apabila kamu merasa mual dan tidak ingin kontak langsung dengan lalat maupun belatung. Membekukannya akan membunuh larva lalat dan telur-telurnya di dalam tempat sampah kamu.

Yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan seluruh tempat sampah ke dalam freezer. Pilihan yang baik untuk belatung di tempat sampah kecil, atau untuk orang-orang yang memiliki freezer yang cukup besar untuk menampung seluruh tempat sampah luar ruangan.

4 dari 4 halaman

Garam, Jeruk Nipis, dan Tanah Diatom

6. Garam dan Jeruk Nipis

Kamu mungkin pernah mendengar sebelumnya bahwa garam adalah cara yang baik untuk membunuh belatung karena dapat mengeringkannya.

Hal ini sebenarnya benar, dan akan lebih ampuh lagi jika dicampur dengan jeruk nipis (bubuknya, bukan buahnya).

Campurkan kedua produk tersebut dalam jumlah yang sama dan taburkan campuran itu di mana pun Anda melihat belatung.

7. Tanah Diatom

Jika kamu kebetulan memiliki tanah diatom di rumah, itu adalah bahan terbaik lainnya untuk membasmi belatung.

Sama seperti campuran kapur dan garam, tanah mengeringkannya, membunuh mereka. Karena pada dasarnya terbuat dari fosil-fosil kecil, tanah ini juga tajam bagi belatung dan dapat memotongnya.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mengaplikasikannya dengan cara yang sama seperti campuran garam dan jeruk nipis, cukup taburkan di mana pun belatung berada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.