Sukses

4 Manfaat Menggunakan Toner dalam Serangkaian Skincare

Manfaat menggunakan toner untuk perawatan kulit wajah.

Liputan6.com, Jakarta - Toner merupakan cairan yang digunakan dalam serangkaian perawatan kulit wajah. Belakangan, penggunaan skincare menjadi suatu hal penting yang tak boleh dilewatkan.

Semakin peduli dengan kondisi kesehatan wajah, sejumlah individu pun mencari produk terbaik untuk menjaga hingga mengatasi beberapa permasalahan kulit.

Kini produk kecantikan mudah ditemukan, mulai dari toko swalayan hingga toko online sekali pun. Toner menjadi salah satu produk skincare yang banyak digunakan, karena memiliki manfaat bagi kulit wajah.

Tesktur yang dimiliki kebanyakan cair, sehingga manfaat toner bisa membantu menenangkan, mencerahkan kulit dan anti penuaan bagi penggunanya.

Toner adalah produk perawatan kulit yang memiliki konsistensi seperti air,” kata dokter kulit, Joshua Zeicner mengutip dari Byrdie, Senin (26/12/2022).

Awalnya toner digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih di kulit. Maka dari itu, toner sangat berguna untuk kulit dengan kondisi berjerawat dan oily. Namun, saat ini toner sudah berinovasi dengan kandungan lebih baik dan disesuaikan ke berbagai macam kondisi kulit kebanyakan orang.

Kini, penggunaan toner dalam serangkaian skincare dapat membantu menutrisi dan memulihkan kondisi kulit setelah dibersihkan menggunakan sabun cuci muka.

Tak heran, banyak yang mengklaim bahwa toner dipercaya dapat menyeimbangkan pH kulit setelah mencuci muka.

Semakin maraknya produk kecantikan, toner pun dibedakan menjadi dua kategori, yaitu hydrating toner untuk melembabkan kulit wajah dan exfoliating toner untuk mengeksfoliasi kulit mati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Saja Manfaat Toner Wajah?

1. Menghilangkan Kotoran Wajah

Menambahkan toner dalam serangkaian perawatan wajah dipercaya mampu menghilangkan minyak dan bekas kotoran, seperti bakteri dan sisa riasan wajah.

Selain itu, penggunaan toner setelah mencuci muka pun membantu mengoptimalkan pembersihan wajah dari debu, polusi dan kotoran yang masih tertinggal.

2. Meningkatkan Efektivitas Produk Skincare

Toner dapat digunakan sebagai cairan yang membantu untuk menyeimbangkan tingkat pH kulit. Dengan begitu, penggunaan toner setelah mencuci muka bisa membantu penyerapan produk perawatan lainnya lebih optimal.

Toner membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit dan membantu produk perawatan kulit lainnya menembus lebih dalam ke lapisan kulit,” jelas Gunna Covert.

Manfaat toner lainnya adalah menutrisi kulit, karena banyak kandungan vitamin dan bahan aktif lain yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

3 dari 4 halaman

3. Menghidrasi Kulit

Manfaat toner wajah dalam serangkaian produk skincare adalah membantu mengunci kelembapan kulit.

Gunakan hydrating toner setelah mencuci muka. Tahap ini mampu menjaga agar kulit tetap terhidrasi sepanjang hari. Apalagi, kalian yang memiliki kondisi kulit kering.

Sisipkan hydrating toner setelah membersihkan wajah agar kulit tidak kering dan terasa lebih lembab. Jika dirasa kurang, kalian pun bisa mengaplikasikan pelembab wajah.

4. Menghilangkan Minyak Berlebih

Toner wajah dapat menghilangkan minyak berlebih, sehingga membantu mencegah permasalahan kulit seperti jerawat dan beruntusan. Beberapa toner memang diformulasikan untuk kulit berminyak.

Toner dengan kombinasi asam glikolat dan salisilat dapat membuat kulit berminyak tetap matte sepanjang hari,” jelas dokter kulit di New York, Estee Williams, MD mengutip dari Womens Health Mag.

4 dari 4 halaman

Cara Terbaik Menggunakan Toner

Semua individu bisa menggunakan toner, tentunya kalian perlu membaca kandungan terlebih dahulu. Pastikan toner bisa digunakan sesuai dengan kondisi dan permasalahan kulit kalian masing-masing.

Penggunaan toner sebaiknya diaplikasikan setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan serum atau pelembab wajah.

Ambil kapas, tuangkan toner secukupnya lalu aplikasikan ke bagian wajah dan leher secara merata.

Adapun cara lain yang bisa kalian gunakan, yaitu langsung menuangkan toner ke telapak tangan. Kemudian, usapkan cairan tersebut ke wajah secara perlahan. Untuk hasil terbaik, gunakan toner di pagi dan malam hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.