Sukses

Tips Tetap Hemat dan Sehat Selama Libur Nataru, Konsumsi 7 Camilan Ini Saat Perjalanan Jauh

Camilan yang sebaiknya dikonsumsi saat perjalanan jauh di libur Nataru

Liputan6.com, Jakarta - Musim libur Nataru alias Natal dan Tahun Baru kini sedang berlangsung. Yang berarti banyak dari kita akan melakukan perjalanan selama beberapa hari ke depan.

Entah untuk mengunjungi keluarga atau hanya memanjakan diri dengan liburan akhir tahun.

Kamu pasti ingin memastikan bahwa perjalanan lancar dan sebebas mungkin. Jika kamu bepergian dengan pesawat terbang, salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi stres adalah membuat perencanaan perjalanan dengan mengemas makanan yang dapat kamu konsumsi sepanjang hari di perjalanan. 

Memiliki camilan di pesawat tidak hanya akan menghemat uang, tapi juga dapat membantu kamu tetap berpegang pada beberapa tujuan kesehatan dan merasa lebih fit selama liburan. 

Tak hanya perjalanan udara, pastikan juga jika kamu berpergian dengan mobil untuk liburan menyiapkan camilan ini seperti yang dikutip Eat This Not That pada Senin, 26 Desember 2022.  

1. Dendeng Sapi

Menurut seorang ahli medis sekaligus penulis The Sports Nutrition Playbook, Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD, protein sangat penting untuk membantu kamu kenyang lebih cepat dan tetap kenyang lebih lama. 

Namun, perlu diketahui bahwa banyak protein yang harus disimpan dalam keadaan panas atau dingin, sehingga protein bisa menjadi tantangan untuk dibawa bepergian. 

Karena nutrisi penting ini bisa sulit untuk dibawa bepergian, Goodson menyarankan untuk membawa dendeng sapi favorit kamu dalam penerbangan. 

"Daging sapi mengandung 10 nutrisi penting termasuk protein berkualitas tinggi, selenium, zink, dan zat besi, menjadikannya camilan yang kaya nutrisi untuk berlari melalui bandara atau terbang tinggi di langit," kata Goodson.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pistachio

Jika kalian menyukai camilan dengan tekstur yang renyah serta kaya nutrisi, Goodson menyarankan untuk membawa pistachio ke dalam tas jinjing kalian.

Pistachio tak hanya enak, tetapi juga dapat memberikan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kamu.

"Dengan 6 gram protein dan 3 gram serat per porsi, ini adalah camilan yang sempurna untuk membuat kamu tetap kenyang saat bepergian," ujar Goodson.

"Ditambah lagi, 90 persen lemak yang ditemukan dalam pistachio adalah jenis lemak tak jenuh yang lebih baik untuk kamu. Trio protein, serat, dan lemak dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama setelah ngemil," dia menambahkan.

3. Buah Utuh

<p>Ilustrasi jus buah. (Photo by Zlatko Đurić on Unsplash)</p>

Camilan lain yang nyaman dan terjangkau untuk dibawa dalam penerbangan kamu adalah buah utuh yang lezat.

"Buah-buahan utuh seperti apel, stroberi, anggur, dan pisang memberi saya nutrisi untuk tetap sehat dan berenergi saat bepergian." tutur Goodson.

Seorang pakar nutrisi dan penulis buku Wall Street Journal dari The Family Immunity Cookbook, Toby Amidor, MS, RD, CDN, FAND, menyarankan untuk membawa jeruk mandarin karena ukurannya yang kecil dan kaya akan vitamin C, yang berkontribusi pada fungsi normal sistem kekebalan tubuh.

Setiap jeruk mandarin mengandung 45 kalori dan menghidrasi tubuh karena 85 persen mengandung air.

3 dari 4 halaman

4. Trail Mix

Menurut Amidor, trail mix buatan sendiri bisa menjadi camilan yang bagus untuk dibawa ke pesawat. Kamu bisa membawa buah kering, sereal, kacang-kacangan, dan biji-bijian apa pun yang kamu miliki.

Sekantong besar trail mix biasanya memiliki banyak kalori, kamu bisa membaginya ke dalam kantong camilan kecil, jadi kamu tidak berlebihan dan memiliki takaran yang sempurna setiap mengonsumsinya.

Selain membantu kamu menghemat pengeluaran untuk makan di dalam pesawat atau bandara, membuat trail mix sendiri juga dapat memastikan kamu mendapatkan beberapa nutrisi yang meningkatkan kesehatan saat bepergian.

"Kacang-kacangan memiliki protein dan lemak sehat, sementara buah kering memiliki serat-semuanya adalah tiga nutrisi yang bisa membuat kamu merasa kenyang," Amidor menjelaskan.

4 dari 4 halaman

5. Protein Bar

Jika kamu membutuhkan dorongan protein cepat untuk membuat kenyang, tapi kamu bukan penggemar camilan protein berbahan dasar daging seperti dendeng sapi atau buah, protein bar bisa menjadi pilihan yang tepat.

"Protein bar bisa menjadi solusi yang bagus untuk saat-saat kamu terjebak di landasan pacu, atau tidak sempat makan sebelum naik pesawat," kata Goodson.

"Namun, pastikan untuk mencari bar dengan perpaduan karbohidrat, protein, dan lemak yang baik untuk membantu kamu tetap kenyang di udara sampai kamu bisa mendapatkan makanan berikutnya," dia menambahkan.

6. Seledri dan Wortel

ilustrasi buah dan sayur/Photo by S'well on Unsplash

Saat kamu memilih camilan perjalanan, jangan lupakan kombinasi wortel dan seledri yang sederhana.

"Ketika saya melakukan perjalanan dengan pesawat, saya akan mengemas sayuran yang lebih kuat seperti seledri dan wortel yang bisa saya kunyah selama perjalanan," katanya.

Menurut Amidor, sayuran juga mengandung serat yang mampu mengenyangkan serta antioksidan seperti beta-karoten dalam wortel, dan air, yang membantu kamu tetap terhidrasi selama perjalanan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.