Sukses

Simak 10 Tips PDKT dengan Gebetan Melalui Chat Biar Gak Garing

Agar tak salah langkah, berikut 10 tips yang dapat kamu terapkan ketika ngobrol dengan gebetan.

Liputan6.com, Jakarta - Memanfaatkan teknologi di masa kini, media sosial kerap digunakan untuk mendekati lawan jenis yang disukai. Melalui layanan chat, memulai PDKT juga memiliki tantangan tersendiri agar lawan jenis tak bosan dan jenuh.

Memancing obrolan yang menarik dan memancing lawan jenis untuk berinisiatif mengobrol denganmu juga menjadi aspek yang perlu diperhatikan. PDKT adalah proses pendekatan untuk saling mengenal lawan jenis.

Mengutip Marriage, Minggu (25/12/2022),  banyak penelitian telah menunjukkan bahwa pesan teks adalah cara yang bagus untuk memulai percintaan, terutama karena betapa nyamannya dan tidak membuat orang-orang yang terlibat merasakan kecanggungan yang datang dengan bertemu langsung.

Sebuah penelitian yang menarik bahkan menemukan bahwa dibutuhkan 163 pesan teks untuk jatuh cinta dengan seseorang.  

Terdapat banyak keuntungan yang diberikan oleh pesan teks, itulah mengapa pdkt lewat chat seringkali dilakukan. Di bawah ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk kamu terapkan selama masa pendekatan.

Berikut Liputan6.com himpun dari berbagai sumber, 10 cara pdkt lewat chat agar lawan bicara tidak cepat jenuh dan menghilang:

1. Tetap Utamakan Kepribadian

Ketika kamu mengirim pesan kepada seseorang, tidak mungkin mereka menilai kamu berdasarkan bagaimana penampilan kamu.

Bagi orang yang tidak percaya diri dengan penampilan fisik mereka, mudah untuk mengetahui cara membuat pria menangkap perasaan melalui teks tanpa terlalu sadar diri.

Pastikan untuk memberi pesan yang menunjukkan dirimu yang sebenarnya, alih-alih berpura-pura. Dengan ini kamu juga akan menemukan orang yang benar-benar menerima dirimu, bukan orang lain. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan Mengirim Pesan Teks Sekaligus hingga Percakapan Mati

2. Jangan Mengirim Pesan Teks Sekaligus Tanpa Jawaban

Mengutip Love Panky, mengirim teks demi teks ketika dia bahkan belum membalasnya akan membuatmu terlihat seperti orang yang putus asa.

Kamu mungkin sangat ingin berbicara dengannya karena kamu menyukainya, tetapi cara ini akan membuatmu terlihat terlalu menunggunya.

3. Jeda Percakapan Ketika Ia Berkata Ingin Pergi

Ini adalah kesalahan besar yang dilakukan sebagian besar perempuan, dan ini terlihat sangat lengket di mata seorang pria.

Ketika dia mengatakan bahwa dia harus melakukan sesuatu dan tidak bisa berbicara lagi, jangan mengiriminya teks saat dia pergi. Ini akan membuatmu di matanya tampak menjengkelkan.

4. Jangan Biarkan Percakapan Mati

Percakapan yang berjalan datar dengan cepat tidak pernah menghasilkan hubungan yang baik. Mengetahui apa yang harus dikirimi pesan kepada seorang pria adalah tentang konsistensi.

Kamu ingin menjaga segala sesuatunya mengalir secara alami dan tidak pernah memaksakannya. Pikirkan topik untuk dibicarakan, dan jika kamu menemukan sesuatu yang tampaknya dia suka menceritakannya, pertahankan itu untuk sementara waktu.

3 dari 4 halaman

Bahas Minat yang Sama hingga Katakan Hal Manis

5. Bahas Minat yang Sama

Mengutip Elite Daily, membuka percakapan dengan pertanyaan bisa menjadi strategi yang baik, tetapi menanyakan sesuatu yang mereka pasti tahu jawabannya bahkan lebih baik.

Jika kalian berdua menyukai tim olahraga yang sama, kirimkan pesan teks yang menanyakan tentang skor. Memiliki kelas bersama? Ajukan pertanyaan tentang tugas sekolah, mungkin kamu bisa mengatur tanggal belajar di masa depan.

6. Bahas Ingatan Mengenai Mereka

Jika kamu tahu sedikit info latar belakang tentang orang yang kamu sukai dan kamu telah berbicara sebelumnya, bawalah sesuatu yang kamu ingat dari percakapan terakhir untuk menunjukkan bahwa kamu mendengarkan secara aktif.

Topik percakapan ini dapat berupa topik seperti band atau film yang kamu sukai berdua. Ini adalah cara yang bagus untuk melanjutkan pembicaraan.

7. Katakan Sesuatu yang Manis

Jika kamu mengirim pesan kepada seseorang untuk pertama kalinya, disarankan untuk menyebutkan sesuatu yang membuatmu tertawa atau membuatmu memikirkan mereka.

 Pikiran yang benar-benar manis tidak pernah buruk, dan bahkan jika hubungan tidak berlanjut, teks dari kamu berpotensi untuk mencerahkan hari mereka. Cobalah mengirim pesan yang akan menyanjung mereka dan membuat mereka berbicara.

4 dari 4 halaman

Menanyakan Sesuatu dan Minta Rekomendasi

8. Ajukan Pertanyaan Terbuka

Mengutip Date Works, ajukanlah pertanyaan yang akan memicu percakapan. Salah satu cara untuk melakukan ini melalui teks adalah dengan mengajukan pertanyaan terbuka.

Pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang tidak dapat dijawab dengan "ya" atau "tidak" atau jawaban satu kata lainnya. Pertanyaan terbuka memberikan percakapan ke suatu tempat untuk dituju. Alih-alih jatuh datar dan memudar.

Pertanyaan-pertanyaan ini juga merupakan cara yang baik untuk menunjukkan ketertarikan kamu untuk mengenalnya lebih baik.

9. Atur Waktu Percakapan

Tentu saja kamu tidak tahu jadwalnya, tetapi pengaturan waktu pengiriman pesan penting untuk dipertimbangkan.

Misalnya, mengirim teks pertama di pagi hari pada hari kerja mungkin kecil kemungkinannya untuk dibalas. Dia bahkan bisa benar-benar lupa bahwa kamu mengiriminya pesan.

Jika kamu ingin mengiriminya pesan selama minggu kerja, tampaknya sore hari atau awal malam hari cenderung bekerja paling baik.

Secara umum ketika datang ke akhir pekan, waktu yang ideal untuk mendapatkan balasan adalah pertengahan pagi atau sore hari.

10. Tanyakan Rekomendasi

Orang-orang suka berbagi rekomendasi mereka. Jika kamu tahu dia menyukai musik, tanyakan album mana yang harus kamu dengarkan selanjutnya.

Jika dia seorang pecinta kuliner, kamu bisa bertanya padanya, restoran mana yang memiliki Sushi terbaik di kota. Atau apa tempat favoritnya di lingkungan sekitar.

Contoh pesan ini seperti, “Aku pergi ke (tempat x) tadi malam, makanannya luar biasa! Ada rekomendasi lain? ** emoji wajah tersenyum.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.