Sukses

Bersama Pemain Legenda Lainnya, Ini Momen Ronaldinho Saksikan Kemenangan Argentina

Kedatangan Ronaldinho dukung langsung Argentina pada Semifinal Piala Dunia 2022 mencuri perhatian para penggemar.

Liputan6.com, Jakarta Ronaldinho hadir langsung mendukung sahabatnya, Lionel Messi, yang tengah masuk semifinal Piala Dunia 2022. Kroasia harus mengakui keunggulan Argentina dengan disapu bersih 3-0 di Stadion Lusail, Qatar, Rabu dini hari (14/12/2022). Alhasil, skor tersebut membawa La Albiceleste masuk ke babak final.

Lionel Messi dan Julian Alvarez jadi bintang kemenangan Argentina atas Kroasia. Messi mencetak skor pembuka lewat eksekusi penalti, yang kemudian digandakan Julian Alvarez.

Selain Ronaldinho, kesuksesan Argentina membabat Kroasia disaksikan langsung oleh empat pesepak bola legenda lainnya, yakni Roberto Carlos, Cafu, Ronaldo, dan Dida yang tengah berada di tribune stadion. Pemain bola asal Brasil ini mengunggah momen tersebut dan memberikan sedikit keterangan di akun Twitter pribadinya.

"Piala Dunia bersama dengan keluarga," tulisnya sebagai keterangan foto. Hingga tulisan ini dibuat, unggahan Ronaldinho telah dibagikan ulang oleh 10.200 akun dan disukai (likes) 155.300 kali. 

Dilansir melalui Marca, pada Rabu (14/12/2022), legenda sepak bola Brasil memenangkan Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang bersama bintang pensiunan tersebut. 

Penampilan Messi dan kawan-kawan mendapat pujian dari banyak orang, khususnya R10. Gol kedua Argentina, di mana Messi sendiri telah memberikan kontribusi assist sehingga membuat Ronaldinho sebagai sahabatnya turut bangga dan memberikan apresiasi berupa tepuk tangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persahabatan Messi dan Ronaldinho

Mantan pemain terbaik dunia, Ronaldinho, mengaku punya hubungan yang spesial dengan Lionel Messi ketika masih berada di Barcelona. Terlihat dari Ronaldinho bertepuk tangan untuk gol Argentina mungkin memicu beberapa pertentangan oleh suporter Brasil.

Namun, perlu dipahami bahwa persahabatan Ronaldinho dengan Messi melampaui persaingan antar negara. Ronaldinho merupakan pemain terbaik dunia ketika Lionel Messi menembus skuat utama Barcelona. Saat itu, Ronaldinho didapuk menjadi mentor Messi.

Namun, manajemen Barcelona memutuskan melepas Ronaldinho pada 2008. Saat itu, Ronaldinho dikhawatirkan memberikan pengaruh buruk kepada Messi. Hal tersebut pun disangkal Ronaldinho. Menurutnya, ia sama sekali tidak memberikan pengaruh buruk kepada Messi.

Seperti Ronaldinho, banyak penggemar di seluruh dunia harus mengesampingkan ketidaksukaan mereka terhadap Timnas Argentina untuk mendukung Messi, yang pantas mendapatkan kemenangan Piala Dunia Qatar 2022.

 

3 dari 4 halaman

Mentor Messi

Pada tahun 2019, Lionel Messi memenangkan penghargaan Ballon d'Or keenam dalam kariernya, Ronaldinho sendiri pernah menjadi rekan setim Messi ketika masih sama-sama berseragam Barcelona.

"Saya senang Messi memenangkan Ballon d'Or," kata Ronaldinho, dikutip dari Marca. "Kami juga berteman selama berada di Barcelona," tambahnya.

"Tapi, saya tidak ingin membandingkan, dan saya merasa sulit untuk mengatakan dia yang terbaik sepanjang masa," ungkap pemain yang juga pernah berkostum Paris Saint-Germain ini.

Ronaldinho sendiri diketahui merupakan mentor Lionel Messi semasa di Barcelona. Namun, pria berusia 42 tahun tersebut ternyata mengagumi mantan Inter Milan dan Real Madrid, Ronaldo Luiz Nazario, dan legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona.

"Ada Maradona, Pele, dan Ronaldo. Sulit untuk mengatakan bahwa Messi adalah yang terbaik sepanjang sejarah sepakbola," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Daftar Gol Messi di Putaran Final Piala Dunia

Piala Dunia 2006

Argentina vs Serbia Montenegro: Mencetak 1 gol, dengan total skor 6-0

Piala Dunia 2014

Argentina vs Bosnia: Mencetak 1 gol, dengan total skor 2-1

Argentina vs Iran: Mencetak 1 gol, dengan total skor 1-0

Argentina vs Nigeria: Mencetak 2 gol, dengan total skor 3-2

Piala Dunia 2018

Argentina vs Nigeria: Mencetak 1 gol, dengan total skor 2-1

Piala Dunia 2022

Argentina vs Saudi Arabia: Mencetak 1 gol, dengan total skor 1-2

Argentina vs Meksiko: Mencetak 1 gol, dengan total skor 2-0

Argentina vs Australia: Mencetak 1 gol, dengan total skor 2-1

Argentina vs Belanda: Mencetak 1 gol, dengan total skor 2-2 (4-3 adu penalti)

Argentina vs Kroasia: Mencetak 1 gol, dengan total skor 3-0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.