Sukses

PASI Jateng Berharap Sekolah-Sekolah Termotivasi Kembangkan Atletik Pelajar

 

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air, Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 tiba di penghujung musim. Central Java Qualifiers atau seleksi tingkat wilayah di Jawa Tengah, menjadi pelaksanaan pemungkas dari total sembilan qualifiers atau wilayah pelaksanaan pada musim perdana ini.

Berlangsung selama tiga hari di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang, Kamis (8/12) hingga Sabtu (10/12), gelaran ini menjadi ajang persaingan sengit lebih dari 2.000 pelajar mewakili 183 sekolah se-Jateng untuk berlomba menjadi yang terbaik pada nomor sprint, middle distance, relays, long jump dan shot put.

Hari pertama lomba Central Java Qualifiers ini dibuka dengan penyisihan nomor lari 800 meter putra dan putri tingkat pelajar SMP. Pada waktu yang bersamaan, juga dilangsungkan babak final nomor lapangan, yakni lompat jauh SMA putri dan tolak peluru SMP putra. Keseruan lomba hari pertama juga diwarnai dengan nomor lari estafet. Penyisihan 5x80 meter putra dan putri tingkat SMP. Serta, babak final lompat jauh putra SMA dan tolak peluru putri SMP.

Dari persaingan nomor lompat jauh putra tingkat SMA yang langsung menggelar hingga babak final, Dede Supriadi delegasi SMAN 1 Bukateja, Purbalingga berhasil mencatatkan lompatan terbaik sejauh 6,06 meter. Hasil ini mengantarkan dirinya naik podium winners sekaligus memastikan tiket melaju ke babak National Championship yang direncanakan berlangsung di Jakarta, 13 hingga 15 Januari 2023 nanti. 

Tak hanya Dede, delegasi SMAN 4 Surakarta, Deva Arya Dirga juga mengklaim tiket National Championship. Ia menyabet predikat runner-up dengan mengantongi jarak lompatan 5,98 meter. Keduanya akan menjadi wakil Central Java Qualifiers untuk berlomba dengan pemenang dari qualifiers lainnya. 

Sementara itu, di tempat ketiga ada Zam Rizal Wicaksono. Yang mengantongi lompatan 5,87 meter. Meskipun berada di urutan ketiga, siswa SMAN 1 Grobogan, tersebut tampil maksimal dengan sukses di tiga kali percobaan lompatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Harapan Ketua Umum PASI Jateng

Ketua Umum Pengprov PASI Jawa Tengah (Jateng), Dr. Rumini, M.Pd, berharap Energen Champion Student Athletics (SAC) Indonesia 2022 - Central Java Qualifiers, bisa memotivasi sekolah agar semakin masif kembangkan atletik di kalangan pelajar. Hal itu disampaikan Rumini saat memberikan sambutan dalam opening ceremony acara tersebut, Kamis (8/12). 

“Saya melihat event (Energen Champion SAC Indonesia) ini sebuah terobosan baru dan saya optimis bakal menemukan potensi pelajar di Jawa Tengah yang belum sepenuhnya terjaring. Event ini juga menjadi industri olahraga yang memang bisa dikemas untuk masyarakat dan membantu perkembangan atletik di Indonesia,” ungkap Rumini yang tercatat sebagai pemegang rekor SEA Games Saptalomba (1993-1997), peraih medali Emas SEA Games Saptalomba tahun 1993 dan 1995.

Rumini setuju dengan visi misi bahwa Energen Champion SAC Indonesia ajang identifikasi bakat. Ia berharap kompetisi atletik pelajar yang diadakan Energen Champion, minuman cokelat berenergi mengandung susu dan telur dari Mayora, bekerja sama dengan PB PASI dan DBL Indonesia ini tidak berhenti di tahun pertama saja, melainkan bisa berlanjut di tahun-tahun mendatang. Apresiasi besar juga ia sampaikan pada sekolah-sekolah yang bersinergi untuk mengembangkan atletik Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Harapan ke depannya

Hal serupa disampaikan oleh Kadispora Kota Semarang, Fravarta Sadman. Saat hadir di gelaran Energen Champion SAC Indonesia - Central Java Qualifiers, ia ingin kegiatan ini tak hanya digelar tahun ini saja. Melainkan di tahun berikutnya. Terlebih lagi, Fravarta telah melihat beberapa siswa dan siswi yang berbakat.

“Saya tadi sudah melihat dan kelihatan bakat-bakatnya. Mungkin nanti PASI akan bisa memoles mereka. Dengan adanya kegiatan ini, semoga mereka lebih rajin berlatih. Ada ajang menampung kegiatan mereka,” ungkap Fravarta.

Opening ceremony Energen Champion SAC Indonesia - Central Java Qualifiers berlangsung meriah. Sebanyak lebih dari 2.000 peserta turun ke lintasan untuk berjuang memperebutkan juara. Acara juga dimeriahkan oleh penampilan tari kreasi The Port of Java dari SMPN 21 Semarang.

Selain itu, opening ceremony juga dihadiri oleh Kadispendik Kota Semarang, Dr. Muhammad Ahsan, S.Ag., M.Kom, Kabid Pembinaan dan Prestasi Olahraga Dispora Kota Semarang, Basuki Suprapto, Group Regional Sales Manager Mayora Jateng Herry Suwito, Area Marketing Manager PT. Darya Varia Laboratoria Yuli Yuanisti dan Perwakilan PT. Nutrisi Harapan Bangsa Tabitha. 

Pada hari kedua kompetisi, Jumat (9/12), dijadwalkan akan mempertandingkan 12 nomor lomba. Didominasi nomor lari yang masih pada tahapan babak penyisihan. Mulai tingkat pelajar SD yang memperlombakan lari estafet 8x50 meter serta sprint 60 meter, serta nomor bergengsi 100 meter dan lari jarak menengah 1.000 meter putra dan putri untuk tingkat SMA.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS