Sukses

6 Manfaat Rutin Jalan Pagi Bagi Kesehatan, Bisa Bantu Atasi Stres

Liputan6.com, Jakarta - Berjalan pagi hari terdengar cukup mudah untuk dilakukan. Namun, jalan pagi ini nyatanya sulit dilakukan secara rutin bila tanpa ada niat.

Padahal, rutin jalan pagi memiliki banyak manfaat yang akan dirasakan setelah melakukannya. Melansir dari Oprah Daily, Rabu (7/12/2022), berjalan kaki tidak hanya baik untuk pikiran, tetapi juga baik untuk tubuh.

Ini adalah aktivitas ringan, hampir setiap individu dengan tingkat keterampilan fisik atau usia berapa pun dapat melakukannya tanpa latihan atau memiliki pengalaman sebelumnya.

Karena mudah bagi tubuh, banyak individu merasa seperti tidak berolahraga sama sekali ketika mereka berjalan-jalan, tetapi yang terjadi justru sebaliknya.

Menurut Mayo Clinic, berjalan kaki dapat membantu jantungmu tetap sehat dengan mencegah dan mengelola kondisi seperti penyakit jantung dan stroke. Selain itu, berjalan kaki bahkan dapat membantu orang tertentu menurunkan berat badan, menurut Harvard Medical School.

Berikut ini enam manfaat rutin jalan kaki di pagi hari yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang:

1. Meningkatkan Kesehatan dan Sirkulasi Kardiovaskular

"Satu jam atau lebih sebelum kamu bangun, tubuh kamu mulai bersiap-siap untuk menghadapi hari," kata dekan dan wakil presiden akademisi University of Health Sciences Antigua, Manuel Flores, MD.

Dia menambahkan, pada saat ini, tekanan darah mulai naik serta denyut nadi dan kelenjar endokrin mulai mengeluarkan hormon dalam jumlah yang lebih besar untuk membuat tubuh kamu siap, termasuk hormon tiroid yang memengaruhi kekuatan dan kecepatan detak jantung.

Di sinilah pentingnya rutinitas jalan pagi. "Dengan berjalan kaki setiap pagi, kamu mengurangi peningkatan tekanan darah dan detak jantung, sehingga meningkatkan kesehatan kardiovaskular kamu," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Meningkatkan Kemampuan Tubuh untuk Menggunakan Oksigen dan Bernapas

Jalan kaki pagi hari bisa bermanfaat bagi jiwa dan paru-paru kamu.

"Selama kamu mendapat persetujuan dokter, jalan pagi adalah keuntungan besar bagi individu yang memiliki penyakit paru, seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)," kata Sheri Tooley, presiden dan CEO Asosiasi Amerika untuk Perawatan Pernapasan 2021-2022.

"Berjalan kaki adalah aktivitas ringan dan bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen," dia menambahkan.

Bahkan, menurut sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) Foundation, "Pasien yang berjalan setidaknya 60 menit per hari mengurangi tingkat rawat inap ulang PPOK mereka sebesar 50 persen," dengan lima ribu langkah yang menjadi target sasaran.

3. Menurunkan Stres dan Meningkatkan Suasana Hati

Baik Flores maupun Tooley setuju bahwa berjalan kaki dapat membantu menjernihkan pikiran dan membantu meningkatkan suasana hatimu.

Menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health, "Responden yang berjalan kaki secara teratur atau terlibat dalam bentuk latihan fisik lainnya memiliki kesehatan emosional yang lebih baik daripada mereka yang tidak berolahraga secara teratur."

3 dari 4 halaman

4. Mengurangi Risiko Alzheimer

"Jalan kaki pagi hari juga memperkuat otot-otot, menjernihkan pikiran, meningkatkan kesehatan mental, dan mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer," kata Flores.

Faktanya, dalam tinjauan Alzheimer tahun 2020, para peneliti menemukan, "Sebuah studi prospektif selama lebih dari delapan tahun menunjukkan bahwa wanita yang lebih banyak berjalan kaki mengalami penurunan kognitif yang lebih sedikit selama seluruh periode penelitian."

5. Turunkan Risiko Tertular Infeksi, Seperti Covid-19

Berjalan kaki adalah cara sederhana untuk melawan infeksi seperti Covid-19, menurut para ahli, "Berjalan kaki setiap hari meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit menular," kata Flores.

4 dari 4 halaman

6. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat berjalan kaki secara teratur bagi kesehatan jantung terus berlanjut: karena detak jantung kamu naik selama berjalan kaki, hal ini secara langsung dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurut Flores.

Memulai hari dengan berjalan kaki dapat menambah keuntungan yang didapat.

"Memulai berjalan kaki di pagi hari sesaat setelah kamu bangun tidur memberi kesempatan untuk mengambil keuntungan dari manfaat ini sepanjang hari," tambah Tooley.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS