Sukses

8 Cara Perawatan Rambut Diwarnai Agar Tetap Sehat

Liputan6.com, Jakarta - Mewarnai rambut menjadi cara yang banyak dipilih untuk mengubah penampilan, tetapi hal ini juga dapat merusak rambut.

Jika kamu pernah mewarnai rambut sebelumnya, kamu pasti pernah berurusan dengan rambut kering dan rusak. Tetapi sebenarnya tidak peduli seberapa sering kamu mewarnai rambut, kamu dapat menjaganya tetap sehat dan berkilau.

Rambut yang diwarnai tentunya akan membutuhkan perawatan ekstra. Hal ini dilakukan untuk memastikan rambut tetap sehat dan juga agar warna rambut tidak mudah pudar dan tahan lama.

Jika kamu ingin mengetahui bagaimana menjaga rambut tetap sehat setelah diwarnai, berikut beberapa tipsnya seperti melansir dari Health Guide, Selasa (6/12/2022). 

1. Gunakan sampo bebas sulfat

Jika kamu cenderung memiliki rambut kering dan rusak, carilah sampo dan kondisioner bebas sulfat yang tidak akan menghilangkan kelembapan dari helai rambut saat berbusa.

Sulfat adalah deterjen yang menghilangkan minyak alami rambut, membuatnya bagus untuk membersihkan rambut. Namun sulfat bisa mengeringkan kulit kepala dan rambut, yang membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan dan ujung bercabang.

Sebaliknya, carilah sampo bebas sulfat yang akan menutrisi dan menghidrasi rambut tanpa menghilangkan kelembapannya.

2. Gunakan Sisir yang Lembut

Untuk perlindungan tambahan terhadap kerusakan setelah rambut diwarnai, pilihlah sisir yang terbuat dari silikon. Bahan-bahan ini lebih lembut daripada bulu plastik, yang dapat tersangkut pada helai rambut dan menariknya keluar dari folikelnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Hindari terlalu banyak menggunakan styling rambut

Jangan terlalu sering menggunakan pemanas pada rambut yang diwarnai dan dirawat secara kimiawi kecuali diperlukan. Alat penata rambut panas menyebabkan kerusakan lebih lanjut dengan mengeringkan lapisan kutikula helai rambut, membuatnya lebih rentan putus dari akarnya dan menyebabkan ujung rambut bercabang atau kusut.

Jika kamu harus menggunakan alat penata rambut panas seperti pengering rambut atau pelurus rambut, tetap gunakan pengaturan panas yang lebih rendah dan hindari menggunakannya terlalu sering jika memungkinkan.

4. Gunakan spray pelindung panas sebelum menata rambut

Panas dari alat pengeriting rambut atau flat iron dapat menyebabkan kerusakan pada rambut, terutama jika kamu menggunakannya secara teratur.

Jika kamu tidak ingin melepaskan alat styling sepenuhnya, cobalah menggunakan spray pelindung panas sebelum menata rambut, sehingga tidak tergoreng oleh panas alat tersebut.

3 dari 4 halaman

5. Hindari Mencuci Rambut Lebih dari Sekali Sehari

Mencuci rambut terlalu sering juga dapat menyebabkan kerusakan, terutama jika kamu menggunakan sampo yang mengandung sulfat. Cobalah hanya mencucinya sekali atau dua kali sehari dan lihat apakah itu membuat perbedaan dalam seberapa sehat rambut kamu terlihat setelah diwarnai. 

6. Hindari menggunakan terlalu banyak produk

Rambut yang diwarnai sangat rentan. Menggunakan terlalu banyak produk, seperti hairspray, gel, mousse, dan hairspray, dapat membuat rambut kamu terasa berat dan berminyak.

Selain itu, hindari menggunakan terlalu banyak alat pemanas pada rambut kamu, yang dapat menyebabkan kerusakan.

Kamu juga harus menghindari penggunaan terlalu banyak produk penataan rambut, karena produk ini sering mengandung alkohol dan bahan kimia lainnya yang dapat merusak kulit kepala dan folikel rambut dari waktu ke waktu, terutama ketika rambut kamu diwarnai. 

4 dari 4 halaman

7. Cuci Rambut dengan Air Dingin

Air panas membuka kutikula pada helai rambut yang membuatnya lebih keropos dan rentan terhadap kerusakan akibat alat penata rambut panas atau faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari atau polusi.

Air dingin menutupnya kembali, melindungi rambut dari kerusakan, sehingga rambut kamu tetap kuat dan sehat lebih lama.

8. Gunakan sampo untuk rambut yang diputihkan atau diwarnai

Jika kamu memiliki rambut yang diwarnai atau diputihkan (bleaching), penting untuk menggunakan sampo yang dirancang khusus rambut yang diwarnai atau diputihkan untuk mempertahankan warnanya sepanjang minggu atau bulan.

Kamu juga harus memastikan bahwa kamu membilas semua sampo dari rambut sehingga kamu tidak meninggalkan residu pada kulit kepala atau akar rambut. 

Jika kamu tidak merawat rambut yang diwarnai, rambut kamu akan menjadi rusak, patah, dan kurang menarik. Hal ini dapat memengaruhi kecantikan kamu secara keseluruhan karena rambut adalah bagian penting dari kecantikan.

Disarankan bahwa ketika mewarnai rambut, kamu harus menemui seorang profesional. Jangan melakukannya di rumah kecuali kamu tahu apa yang kamu lakukan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS