Sukses

4 Momen Pertandingan Paling Emosional dalam Sejarah Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola menjadi salah satu olahraga yang melibatkan emosi, dan menarik lebih dari satu miliar pengikut di seluruh dunia.

Setiap kali para pemain turun ke lapangan, kita bisa menyaksikan dedikasi, komitmen dan ketekunan mereka.

Kini saat para pemain dan tim pesepak bola di berbagai dunia tengah berlaga di Piala Dunia, individu bisa membayangkan intensitas emosi ini.

Piala Dunia memberikan momen-momen ikonik berkali-kali di panggung terbesar, tetapi untuk setiap pemenang pasti ada jutaan rasa kesedihan di dalamnya.

Setiap laga Piala Dunia berlangsung, jutaan individu di setiap negara berkumpul untuk menyemarakkan dan memberikan dukungan terbesar mereka terhadap negara kebangggan.

Kadang momen-momen yang terdapat di dalam Piala Dunia menjadi suatu legenda yang akan dikenang, baik oleh para pemain maupun negaranya.

Para pemain telah memberikan kebanggaan dengan pertunjukkan terbaik mereka saat mewakili negaranya, sementara yang lain menorehkan bagian kelam dalam sejarah acara unggulan FIFA tersebut.

Namun bagaimana pun hasilnya, setiap pemain sepak bola yang bertanding dalam Piala Dunia telah menunjukkan kemampuan terbaiknya dengan harapan untuk membawa trofi Piala Dunia ke negara mereka.

Mengutip dari laman Sport Co, Rabu (16/11/2022), berikut daftar momen pertandingan paling emosional dalam sejarah Piala Dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Kekalahan Ghana di Piala Dunia 2010 Melawan Uruguay

Seluruh benua Afrika menaruh harapannya pada Ghana untuk mencapai semifinal Piala Dunia pada tahun 2010, setelah semua negara Afrika lainnya tersingkir.

Pertandingan dilanjutkan ke adu penalti setelah Black Stars Ghana mencetak gol pembuka.

Uruguay memenangkan adu penalti 4-2 untuk mengakhiri harapan melihat tim Afrika pertama pergi ke semifinal. Piala Dunia 2010 diadakan di Afrika Selatan, yang membuatnya semakin mengerikan.

Salah satu momen paling menyakitkan dalam sejarah sepak bola adalah kekalahan Ghana di perempat final Piala Dunia.

3 dari 5 halaman

2. Final Piala Dunia FIFA 2014: Jerman vs Argentina

Final Piala Dunia 2014 yang berikutnya dalam daftar momen sepak bola paling emosional. Final Piala Dunia menjadi momen yang sangat emosional karena taruhannya tinggi semua orang di dunia menyaksikannya. Harapan seluruh bangsa terletak di pundak 11 pemain.

Para pemain Argentina di Piala Dunia tidak dapat mengendalikan emosi mereka setelah berjuang dengan gagah berani melawan Jerman.

Ketika Mario Gotze dari Jerman mencetak gol pada menit ke-113, ambisi Piala Dunia Argentina berakhir. Sementara tim Jerman menangis dengan gembira, Argentina menerima kekalahan tersebut.

Setelah peluit terakhir, perasaan gembira dan sakit cukup terasa dan itu adalah salah satu momen paling menyedihkan di Piala Dunia. 

Tawaran tinggi ditetapkan untuk Jerman dan Argentina untuk piala dunia ini, karena banyak penggemar yang bersemangat untuk menyaksikan pertandingan penuh aksi dari tribun penonton.

4 dari 5 halaman

3. Semifinal Piala Dunia 2006: Italia vs Jerman

Pertandingan lain ketika injury time menjadi bintangnya. Bertempat di Dortmund, di depan penonton berkapasitas 65.000 penonton, rival bebuyutan Italia dan Jerman bertanding tanpa gol selama 118 menit yang menarik.

Kamera menangkap kesedihan mutlak para penonton saat para pendukung yang mengenakan bendera Jerman dan cat wajah menangis setelah pahlawan bek kiri Fabio Grosso mencetak salah satu gol paling terkenal di Piala Dunia dan melakukan salah satu perayaan paling dramatis di turnamen ini.

Italia mencegah Jerman bertanding dalam pertandingan kejuaraan turnamen di Berlin, dan ikon Juventus yaitu Alessandro Del Piero dan memastikan hasil akhir dengan tendangan penentu pertandingan beberapa menit kemudian.

5 dari 5 halaman

4. Brasil vs Jerman di Piala Dunia 2014

Selalu mengecewakan bagi negara tuan rumah yang gagal di final Piala Dunia. Piala Dunia 2014 di Brasil menjadi salah satu momen paling dramatis dalam sejarah sepak bola.

Brasil melakukan kesalahan besar, dan tersingkirnya mereka dari semifinal setelah kalah telak 7-1 dari Jerman, hanya memperburuk keadaan.

Seluruh tim yang sudah berada di bawah banyak tekanan menjelang kompetisi, menganggapnya sebagai hal yang pribadi.

Para penonton tuan rumah berharap tuan rumah bisa membawa pulang Piala Dunia keenam mereka tahun itu. Namun, Jerman benar-benar menghancurkan setiap pemain Brasil di semifinal. Tidak diragukan lagi bahwa itu akan tetap menjadi momen yang paling menyedihkan.

Para pemain menangis setelah pertandingan dan selebritas seperti David Luiz mengeluarkan permintaan maaf kepada publik, bahkan para pendukung Brasil di kerumunan meneteskan air mata atas penghinaan terhadap bangsa mereka.

Kekalahan Brasil dari Jerman di Piala Dunia 2014 adalah salah satu momen sepak bola emosional yang akan membuat para pendukung menangis. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS