Sukses

8 Penyebab Bibir Gelap dan Cara Membuatnya Kembali Cerah Merona

Bibir Anda mungkin berpigmen dan kehilangan warna merah muda alami mereka karena berbagai alasan.

Liputan6.com, Jakarta - Sama seperti kulit, bibir kita juga perlu dimanjakan secara teratur. Sama seperti kulit di bawah mata Anda, kulit di bibir terlalu tipis dan bahkan tidak memiliki kelenjar keringat.

Hal ini membuatnya lebih rentan terhadap kekeringan dan pecah-pecah. Meski demikian, pecah-pecah bukanlah satu-satunya masalah yang kita hadapi dengan bibir kita. Bibir gelap atau berpigmen juga merupakan salah satu masalah yang mungkin Anda hadapi.

Bibir Anda mungkin berpigmen dan kehilangan warna merah muda alami mereka karena berbagai alasan. Warna bibir Anda juga dapat bervariasi tergantung pada kebiasaan gaya hidup Anda dan juga faktor medis. Salah satunya merokok ataupun mungkin alergi terhadap lipstik tertentu.

Melansir dari Health Shots, Selasa (29/11/2022), Jaishree Sharad, seorang Dermatologis bersertifikat, baru-baru ini membagikan reel dalam akun Instagram-nya yang berbagi tentang alasan-alasan yang menyebabkan bibir gelap.

Dalam videonya yang informatif, Sharad mencantumkan delapan penyebab berikut yang dapat menyebabkan bibir Anda menjadi gelap:

1. Alergi terhadap pasta gigi yang mengandung mentol atau cengkeh

Segala sesuatu yang bersentuhan dengan bibir Anda mungkin memiliki efek buruk pada warna kulit bibirmu. Jika Anda tidak sering menggunakan lipstik atau tidak kecanduan rokok, Anda mungkin alergi terhadap beberapa bahan dalam pasta gigi Anda.

2. Mengerucutkan, menggigit atau menjilat bibir

Bibir Anda dapat rapuh dan mengalami keausan yang besar dengan sendirinya. Menjilati bibir Anda, menggigit atau menekannya dapat memperburuk situasi dan menyebabkan bibir hiper-pigmentasi. Selain itu, menjilati bibir juga merupakan penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Alergi Terhadap Lipstik

Menggunakan kosmetik bibir seperti lipstik, lip gloss dan lip balm mungkin lebih banyak buruknya daripada baiknya. Lipstik mungkin mengandung beberapa bahan kimia yang mungkin membuat Anda alergi. Bahan kimia ini mungkin bertanggung jawab untuk menyebabkan hiperpigmentasi pada bibir Anda.

4. Merokok

Nah, merokok tidak hanya membahayakan paru-paru Anda. Jika Anda merokok, Anda mungkin memiliki bibir yang lebih gelap daripada teman-teman Anda yang tidak merokok.

 

5. Kondisi seperti lichen planus

Ini adalah kondisi kulit yang dapat menyebabkan pembengkakan, peradangan dan iritasi pada kulit. Jika bibir Anda tampak ungu atau memiliki benjolan-benjolan kecil, lebih baik konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran dan perawatan.

3 dari 4 halaman

6. Pelembab Bibir Berbasis Wewangian

Meskipun lip balm stroberi atau rasa lainya mungkin terasa luar biasa, memilih lip balm bebas pewangi adalah ide yang lebih bagus. Terutama, jika Anda memiliki bibir berpigmen.

7. Produk bibir berkualitas buruk, lipstik berwarna gelap atau lipstik matte

Lipstik matte dapat semakin mengeringkan bibir Anda karena mereka dapat menyerap minyak alami di sekitar mulut Anda. Menggunakan produk yang dibuat dengan buruk pada bibir kita juga dapat memperburuk bibir Anda.

8. Alergi obat

Bibir gelap juga dapat disebabkan oleh reaksi alergi dari obat. Hentikan penggunaan obat dan konsultasikan dengan dokter Anda jika bibir Anda terlihat berpigmen dari sebelumnya.  

4 dari 4 halaman

6 Tips Sederhana untuk Mencerahkan Bibir Gelap

Bibir Anda membutuhkan rutinitas perawatan terpisah dan perhatian ekstra. Jadi, berikut beberapa tips sederhana untuk mencerahkan bibir gelap.

1. Jaga diri Anda tetap terhidrasi

Kondisi seperti polusi lingkungan dan dehidrasi dapat menyebabkan bibir kering, pecah-pecah, berpigmen dan gelap. Itulah mengapa penting untuk minum air sebanyak yang Anda bisa. Terutama di musim dingin, lakukan upaya sadar untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap hari.

2. Berhenti merokok

Merokok itu kotor bagi kesehatan. Anda harus menghentikan rokok demi bibir Anda, jika tidak demi kesehatan pernapasan Anda.

3. Makan banyak buah-buahan segar

Makanlah buah-buahan segar dan sayuran dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka, tomat, dan mentimun, untuk melembabkan dan meningkatkan warna bibir Anda.

4. Jangan mengelupas atau mengunyah bibir

Ketika bibir kita kering, kita cenderung menjilat, mengelupas atau mengunyahnya. Ini dapat menyebabkan kerusakan, jadi jangan lakukan itu.

5. Oleskan pelembab

Ahli menyarankan untuk mengoleskan pelembab seperti ghee (minyak samin) atau minyak almond dapat membantu memperbaiki warna kulit bibir Anda.

6. Ekstrak saffron atau bit

Ekstrak saffron atau bit dapat digunakan sebagai pewarna bibir alami. Hal ini akan menjaga bibir tetap sehat dan lebih penuh dan akan meningkatkan warna bibir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.