Sukses

Anggap Rumah Kedua, Carlo Ancelotti Dukung Timnas Kanada di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta- Manager Real Madrid, Carlo Ancelotti baru saja buka suara terkait timnas mana yang Ia dukung selama gelaran Piala Dunia 2022.Tersontak dia memilih untuk mendukung timnas Kanada setelah timnas Italia gagal partisipasi ke Qatar. Meski timnas Kanada juga mengalami kekalahan perdananya di ajang terbesar tersebut 0-1 dari Belgia.

Menurut Carlo Ancelotti, Kanada adalah rumah keduanya dan edisi Piala Dunia 2022 begitu spesial bagi Les Rouges karena ini jadi kali keduanya lolos ke Piala Dunia sejak 36 tahun. Saat itu tuan rumah Piala Dunia 1989 yaitu Meksiko.

"Saya akan bersorak untuk timnas Kanada di Piala Dunia, karena telah absen selama bertahun-tahun dan merupakan rumah kedua saya. Presiden Federasi Kanada berasal dari Abruzzo, jadi semua orang bersorak untuk Kanada," kata Ancelotti kepada radio Italia, dikutip dari Marca (24/11).

Sebagaimana diketahui, Timnas Kanada kembali ke Piala Dunia melalui babak kualifikasi zona CONCACAF. Kanada menjadi negara ke-20 yang lolos ke Piala Dunia Qatar 2022.

Mereka lolos setelah memenangkan duel babak kualifikasi zona CONCACAF melawan Jamaika pada Maret lalu. Kemenangan ini membuat Kanada makin kokoh di puncak klasemen zona CONCACAF dan memastikan satu tempat di Piala Dunia meski kompetisi menyisakan satu laga.

Di akhir kualifikasi, Kanada bertengger di puncak klasemen dengan 28 poin. Meraih delapan kemenangan, empat kali seri, dan dua kali kalah dari 14 pertandingan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Miliki Ikatan Pribadi yang Kuat Dengan Kanada

Carlo Ancelotti memiliki ikatan pribadi yang begitu kuat sehingga dirinya memutuskan untuk mendukung timnas Kanada. Meski karir Don Carlo ini lebih banyak di Eropa seperti Inggris, Italia, dan Spanyol ketimbang di negara benua Amerika tersebut.

Ikatan pribadi tersebut diyakini karena Don Carlo menikahi wanita kelahiran Kanada bernama Mariann Auger McClay, pada tahun 2014 lalu.

Ancelotti tinggal di salah satu kota di Kanada yakni kota Vancouver selama setahun setelah kepergiannya dari Real Madrid pada 2014, dan sebelum mengambil alih Bayern Munich pada 2015. Selain itu, presiden CONCACAF saat ini, Victor Montagliani , adalah keturunan Italia dan dibesarkan di Kanada. Dia menjabat sebagai presiden Asosiasi Sepak Bola Kanada dari 2012 hingga 2017.

3 dari 4 halaman

Carlo Ancelotti terbuka untuk Memimpin skuad Kanada

Laporan Marca menyebutkan bahwa Ancelotti ingin dikaitkan dengan tim nasional Kanada dan masuk beberapa posisi manajerial di MLS selama beberapa tahun, dan Mei lalu dia mengatakan akan terbuka untuk melatih tim nasional Kanada , dan terlebih lagi sekarang negara itu akan menjadi tuan rumah bersama. Piala Dunia 2026 .

Dan itu kemungkinan akan dikabulkan, karena pelatih Kanada saat ini John Herdman bisa berangkat ke Eropa setelah Piala Dunia di Qatar.

Spekulasi tersebut bisa jadi kenyataan jika dia berhenti melatih klub yang ada di Eropa.

4 dari 4 halaman

Rekor

Carlo Ancelotti baru saja memecahkan rekor kemenangan terbanyak Liga Champions sepanjang sejarah.

Dia menggusur Sir Alex Ferguson saat masih menangani Manchester United dengan 103 kemenangan. Sementara Ferguson memiliki rekor 102 kemenangan.

103 kemenangan tersebut bisa dia dapat selama melatih tujuh klub berbeda, yakni Juventus, AC Milan, Chelsea, PSG, Bayern Munchen, Napoli, dan Real Madrid.

Selain itu, Carlo Ancelotti menjadi pelatih pertama yang meraih gelar di lima liga top Eropa, di antaranya, 2x La Liga, 1x Liga Inggris, 1x Liga Italia, 1x Liga Jerman, dan 1x Ligue 1 (Prancis).

Rekor selanjutnya, Carlo Ancelotti mampu bawa dua klub berbeda masuk ke final Liga Champions sebanyak lima kali, yakni AC Milan dan Real Madrid.

AC Milan: 2002/2003, 2003/2005, dan 2006/2007

Real Madrid: 2013/2014 dan 2021/2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.