Sukses

Yuk Kenali Sifat Anjing dan Cara Menghentikan Kebiasaan Menggigit Mereka

Anjing memiliki naluri alami yaitu menggigit, berikut cara menghadapi anjing.

Liputan6.com, Jakarta Anjing termasuk hewan yang sering dibiarkan bebas berkeliaran dan sayangnya, terkadang ada anjing yang suka menggigit manusia. Meskipun ada jenis anjing yang terbilang lebih ramah daripada yang lain, namun anjing jenis apapun bisa tiba-tiba menggigit siapa pun.

Semua orang harus belajar bagaimana menjaga diri mereka aman di sekitar anjing, tetapi penting untuk dipahami bahwa pemilik anjing pada akhirnya bertanggung jawab atas perilakunya. Untungnya, Anda dapat menghentikan anjing Anda menggigit seseorang jika Anda mengambil tindakan yang tepat. Kepemilikan anjing yang bertanggung jawab dan pendidikan masyarakat adalah kunci untuk menjaga keamanan semua orang.

Mengapa Anjing Menggigit?

Melansir laman The sperucepets, Senin (21/11/22) alasan paling sering anjing menggigit orang ketika mereka merasa terancam. Dan itu naluri alami yang masih ada pada anjing peliharaan. Inilah mengapa penting bagi setiap orang yang berinteraksi dengan anjing untuk memahami apa yang dapat memicu perilaku agresif ini. Di antaranya: 

1. Seekor anjing menggigit untuk mempertahankan diri, wilayahnya, atau anggota kelompoknya. Seekor induk anjing dengan keras melindungi anak-anaknya juga.

2. Mengejutkan anjing dengan membangunkannya atau tiba-tiba mendekatinya dari belakang dapat memancingnya untuk menggigit.

3. Melarikan diri dari anjing juga bisa memicu gigitan. Anjing mungkin berpikir itu bagian dari kesenangan.

4. Seekor anjing dalam situasi ketakutan dapat menggigit siapa saja yang mendekatinya. Situasi seperti ditinggalkan di pinggir jalan, atau mungkin sesuatu yang Anda anggap biasa seperti suara keras.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghentikan Gigitan Anjing

Sebagai pemilik anjing, Anda harus bertanggung jawab untuk melatih anjing Anda dan mengendalikannya setiap saat. Anda bertanggung jawab atas perilaku anjing Anda dan merupakan garis pertahanan pertama dalam mencegah gigitan anjing. Penting bagi Anda untuk melakukan apa pun yang Anda bisa untuk menjaga keamanan orang lain dan mencegah anjing Anda menggigit:

 1. Masukkan anjing Anda pada pelatihan dasar dan terus pertahankan program pelatihan sepanjang hidupnya untuk memperkuat pelajaran yang telah Anda ajarkan padanya.

2. Sosialisasikan anjing Anda. Biarkan anjing Anda bertemu dan berinteraksi dengan berbagai jenis orang, termasuk anak-anak, orang cacat, dan orang tua dalam keadaan tenang dan positif.

3. Biasakan anjing Anda berada pada segala situasi, suara keras, mesin besar, sepeda, atau apa pun yang dapat memicu rasa takut. 

4. Selalu jaga anjing Anda dengan tali atau di area berpagar. Kenali anjing Anda dengan baik sebelum melepaskannya di area yang diizinkan sekaligus memantau mereka.

5. Selalu perbarui vaksinasi anjing Anda, terutama vaksinasi rabies, dan kunjungi dokter hewan secara rutin untuk pemeriksaan kesehatan.

 

3 dari 4 halaman

Cara Berinteraksi Aman dengan Anjing

Anjing itu lucu dan sering bersahabat, jadi mudah merasa senang saat melihatnya. Namun, seekor anjing dapat dengan cepat menghidupkan seseorang yang tidak dikenalnya.

Bahkan jika Anda tidak memiliki anjing sendiri, penting bagi Anda dan orang lain di lingkungan Anda, termasuk anak-anak, untuk mengetahui cara berinteraksi dengan anjing dan bagaimana serta kapan harus mendekatinya.

1. Jangan pernah mencoba mendekati atau menyentuh anjing asing tanpa terlebih dahulu meminta izin pemiliknya. 

2. Jangan pernah mendekati anjing yang sedang makan, tidur, atau merawat anak anjing. Anjing dalam situasi ini lebih cenderung protektif dan mudah terkejut.

3. Jangan mendekati, menyentuh, atau mencoba memindahkan anjing yang terluka. Sebaliknya, hubungi dokter hewan profesional atau kontrol hewan untuk mendapatkan bantuan.

4. Saat Anda bertemu dengan anjing yang tidak dikenal, izinkan anjing itu mendatangi Anda. Berjongkok atau putar ke samping. Biarkan ia mengendus tangan Anda sebelum mengelusnya.

5. Jangan dekatkan wajah Anda dengan anjing yang tidak dikenal; ini termasuk "pelukan dan ciuman".

6. Jika kamu terpojok oleh anjing, tetaplah diam dan hindari kontak mata. Jangan pernah lari atau berteriak. Saat anjing berhenti memperhatikan Anda, mundur perlahan.

 

4 dari 4 halaman

Bagaimana Jika Anjing Anda Menggigit Seseorang

Ini perlu diperhatikan bagi pemilik hewan peliharaan anjing, di mana ketika anjing Anda menggigit seseorang, penting untuk bertindak cepat dengan segera mengkurung anjingnya lalu bantu korban.

Adapun untuk korban sendiri, dianjurkan untuk segera mencuci luka gigitan tersebut dengan sabun dan air hangat, dan kemudian segera mencari pertolongan medis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.