Sukses

8 Tempat Munculnya Jerawat Ini Ternyata Dapat Menunjukkan Gaya Hidup Kamu

Liputan6.com, Jakarta - Jerawat benar-benar dapat menentukan apa yang terjadi pada tubuh kalian dan masalah kesehatan apa yang mungkin kalian miliki. Tetapi dalam kebanyakan kasus, itu semua disebabkan oleh masalah gaya hidup yang sangat sederhana yang dapat dengan mudah diubah segera.

Jerawat-jerawat yang muncul pada anggota tubuh tertentu menunjukkan suatu kebiasan hidup kalian yang mungkin tidak kalian sadari sebelumnya. Terlepas dari banyaknya produk perawatan kulit di luar sana, sebagian besar dari kita dapat setuju bahwa jerawat tidak hanya dapat dibersihkan dengan sebuah perawatan kulit dari luar tanpa membuat perubahan dari dalam.

Meskipun sebagian besar dari kita hanya akan mengaitkan jerawat dengan pori-pori yang tersumbat dengan keseimbangan hormon, jerawat pada area tertentu sebenarnya dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang mendasarinya dan hanya akan hilang setelah masalah teratasi.

Mempelajari di mana letak jerawat kalian berada dapat menemukan potensi masalah kesehatan di dalam tubuh, sehingga menemukan cara untuk mengatasi situasi internal dan eksternal.

Tentu saja, kadang-kadang tidak ada cara untuk menghindari jerawat tidak peduli apa yang kalian lakukan, itulah sebabnya mengapa kalian harus belajar bagaimana memperlakukan semua jenis jerawat dengan benar.

Hal yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa yang memicu jerawat lain dan apa yang bisa kita lakukan hari ini untuk mencegahnya terjadi di masa depan.

Mengutip dari laman Bright Side, Kamis (17/11/2022) berikut delapan tempat tumbuhnya jerawat pada tubuh ternyata dapat menunjukan kebiasaan dan gaya hidup:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 9 halaman

1. Sekitar mulut

Jerawat di sekitar mulut kalian dapat terjadi jika kulit di area ini teriritasi atau sering disentuh, seperti tersentuh oleh ponsel atau beberapa benda lain seperti tali helm atau alat musik.

Kosmetik dan produk wajah yang berbeda mungkin menjadi penyebabnya juga dengan hormon. Pertama-tama, jika sering muncul, temui dokter kulit yang akan menemukan perawatan yang tepat yang akan bekerja untuk kalian.

Tapi bagaimanapun juga, selalu lebih baik untuk mencegahnya daripada menyembuhkannya. Jadi, jadikan membersihkan kulit Anda dengan pembersih yang lembut atau ringan dua kali sehari sebagai rutinitas. Gunakan riasan berlabel "non-comedogenic" (non-penyumbat pori-pori) dan produk bebas minyak serta hindari menyentuh wajah kalian.

3 dari 9 halaman

2. Hidung

Hidung kita adalah salah satu area wajah yang paling umum untuk mengembangkan jerawat. Ini karena pori-porinya biasanya lebih besar, yang membuatnya lebih mudah bagi kotoran dan bakteri untuk menyumbatnya.

Terlebih lagi, kulit di sini juga lebih berminyak dan akibatnya lebih rentan terhadap jerawat. Jerawat hidung dapat dipicu oleh diet, stres, dan obat-obatan tertentu.

Kadang-kadang bisa menjadi tanda masalah kesehatan mendasar yang lebih serius. Tetapi penyebab paling umum adalah kebersihan yang buruk. Jadi, selalu baik untuk menambahkan Tea Tree Oil ke dalam rutinitas kalian yang merupakan perawatan yang sangat lembut dan efektif melawan jerawat, atau sodium sulfacetamide dan sulfur yang akan mencegah bakteri pada kulit berkembang biak. Dalam kasus yang sangat parah, konsultasikan dengan dokter kulit.

4 dari 9 halaman

3. Dahi

Faktor penting di sini adalah sama yaitu peningkatan produksi minyak pada kulit kalian. Tapi terkadang, sulit untuk mengetahui mengapa hal itu terjadi. Terutama jika kalian tidak minum obat tertentu dan itu bukan hormon atau stres. Menarik untuk diketahui bahwa rambut kita bisa menjadi sumber jerawat di dahi.

Jika rambut kalian berminyak, minyak bisa masuk ke dahi dan menyumbat pori-porinya. Pomade dan gel juga dapat menjadi penyebabnya karena sering mengandung cocoa butter atau minyak kelapa dan dapat membuat kulit kalian ekstra berminyak.

Pembersih yang lembut dapat mengatasi masalah ini. Jika tidak membantu, cobalah untuk menghindari produk rambut berminyak dan lebih sering mencuci rambut kalian.

5 dari 9 halaman

4. Rahang dan leher

Jika kalian berpikir bahwa jerawat, secara umum, mungkin bersifat hormonal, ada kabar baik karena tidak semuanya seperti itu. Ketika kadar hormon tertentu berubah, hal itu dapat menyebabkan peningkatan androgen dan faktor umum yang berkontribusi terhadap jerawat dewasa.

Tetapi ada beberapa area yang merupakan indikator sebenarnya dari fluktuasi hormon dan itu termasuk rahang dan leher kita. Tidak apa-apa jika fluktuasi terjadi selama siklus menstruasi.

Hal ini juga dapat disebabkan oleh penggunaan obat-obatan seperti KB. Dalam kasus yang parah, ini mungkin merupakan kondisi medis, tetapi sebagian besar waktu pembersih non-komedogenik, pelembab, dan perawatan jerawat dapat menyelesaikan masalah. Sama seperti keamanan dasar terhadap sinar matahari dan penggunaan tabir surya yang tepat.

6 dari 9 halaman

5. Pipi

Jerawat pipi juga merupakan masalah yang sangat umum, terutama sekarang karena kita semua memiliki ponsel. Ya, bukan hanya menyentuh wajah kalian, tetapi bahkan hanya percakapan di telepon dapat menyebabkan beberapa jerawat muncul di area ini.

Ponsel sangat bagus dalam menyebarkan bakteri, begitu juga dengan sarung bantal dan seprai kotor dan benda-benda lain yang bersentuhan dengan kulit kalian. Jerawat pipi mungkin bersifat hormonal.

Tetapi jauh lebih mungkin bahwa itu disebabkan oleh kebiasaan gaya hidup tertentu. Jadi kali ini, semuanya bisa diatasi dengan beberapa perubahan sederhana. Seperti mengelap ponsel kalian sebelum digunakan dan tidak membawanya ke tempat-tempat berkuman seperti kamar mandi. Mengganti sarung bantal dan seprai setiap minggu juga merupakan ide yang bagus, seperti halnya mencuci tangan kalian secara teratur.

7 dari 9 halaman

6. Punggung

Jerawat punggung bisa jadi hanya alergi terhadap tabir surya, pelembap, krim tubuh, minyak pijat, dan banyak benda lainnya. Hal ini juga dapat disebabkan oleh keringat kita, yang bercampur dengan minyak dan racun pada kulit kita dan menyumbat pori-pori.

Itulah mengapa mandi cepat setelah olahraga sangat penting. Dan mencuci punggung kalian dengan benar adalah suatu keharusan. Pakaian, selimut, dan bantal yang kotor dapat menjadi penyebab utama jerawat punggung juga.

Pakaian yang terlalu ketat juga merupakan ide yang buruk. Pakaian tersebut tidak memungkinkan kulit kalian untuk bernapas, yang dapat menyebabkan iritasi dan, akibatnya, jerawat di punggung kalian.

Jika tidak ada penyebab luar yang jelas, lebih baik perhatikan pola makan kalian dan periksa apakah kalian mendapatkan nutrisi yang cukup karena stres juga bisa menjadi penyebabnya di sini.

8 dari 9 halaman

7. Lutut

Jerawat terutama akibat bakteri, sebum, dan sel kulit mati yang terperangkap dalam folikel rambut dan menyumbat pori-pori. Ini menyebabkan peradangan dan pada kaki sepenuhnya merupakan masalah fisik.

Ini biasanya disebabkan oleh beberapa peralatan atletik yang bergesekan dengan kulit kalian atau pakaian dan pakaian dalam yang terlalu ketat. Tapi berhati-hatilah, orang sering dapat terkecoh oleh jerawat di kaki mereka dengan kondisi serupa seperti folikulitis, eksim, atau keratosis pilaris. Jadi jika terasa gatal dan menyakitkan, lebih baik berkonsultasi dengan dokter dan menggunakan perawatan profesional.

9 dari 9 halaman

8. Area Dada

Jerawat dada berkembang karena alasan yang hampir sama seperti pada punggung dan kaki kita. Misalnya, jika kalian memiliki kulit sensitif, deterjen cucian yang keras dapat menyumbat dan mengiritasi kulit kalian.

Jadi, lebih baik memilih produk hipoalergenik bebas sulfat dan pewangi saat merencanakan rutinitas mencuci kalian berikutnya. Mengenakan pakaian yang terlalu ketat, atau yang tidak bernapas dengan baik selama latihan atletik kalian juga dapat memerangkap keringat, minyak, dan bakteri di pori-pori kulit.

Hal ini juga bisa terjadi akibat penggunaan body lotion tertentu yang mengandung bahan penghambat pori-pori. Jadi pastikan untuk mencari versi bebas pewangi dan minyak lain kali. Mereka biasanya diberi label sebagai non-comedogenic, yang berarti mereka tidak menyumbat pori-pori.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS