Sukses

Rafael Nadal jadi Atlet Tenis Pertama dengan 17 Juta Followers di Instagram

Petenis Rafael Nadal kini punya 17 juta pengikut di Instagram, sontak hal ini membuatnya jadi petenis terpopuler di dunia maya dengan jumlah follower terbanyak.

Liputan6.com, Jakarta - Legenda tenis Rafael Nadal resmi menjadi atlet tenis dengan followers terbanyak di Instagram. Mengutip Sportskeda, Selasa (15/11/2022), Nadal kini punya 17 juta followers, sekaligus menjadikannya atlet tenis terpopuler sejagad raya.

Tentu nama Rafael Nadal bukan nama asing lagi di dunia olahraga. Ia adalah petenis veteran asal Spanyol. Dirinya telah menggeluti dunia tenis selama dua dekade terakhir.

Pemain berusia 36 tahun yang karib disapa Rafa itu memang dikenal sering menggunakan jejaring sosial dalam aktivitas sehari-harinya.

Selain capaian tersebut, Rafael Nadal memiliki prestasi mentereng di atas lapangan. Rafael Nadal baru saja mengukir 300 kemenangan dan juga dijuluki si Raja Tanah Liat karena memenangkan 22 gelar di French Open dengan lapangan beralas tanah.

Capaian itu membuat Rafael Nadal mengungguli Roger Federer dan Novak Djokovic yang sama-sama mengoleksi 20 gelar Grand Slam. Lantas, bagaimana Rafael Nadal mendapatkan 17 juta pengikut di Instagram?

Pada November 2021 Instagram Rafael Nadal mencapai lebih dari 9 juta pengikut. Hal itu berarti, peningkatan jumlah pengikut Nadal cukup siginifikan

Sejauh ini pemegang 22 gelar Grand Slam itu sudah mengunggah 1.239 postingan. Rata-rata likes yang didapat dari unggahan-unggahannya berjumlah 400-500 ribu tanda suka. 

Menariknya, Rafael Nadal hanya mengikuti 207 akun. Bisa dilihat isinya cuma atlet maupun selebriti dunia seperti Cristiano Ronaldo, David Beckham, Kylian Mbappe, Vanesa Martin, dan sebagainya.

Sekedar informasi, Rafael Nadal unggul jauh dari atlet tenis dunia lainnya dalam jumlah follower Instagram. Pesaing terdekatnya Novak Djokovic dengan pengikut 11,6 juta.

Sementara, petenis nomer satu Daniil Medvedev cuma punya 1 juta pengikut. Petenis unggulan kedua Alexander Zverev 1,8 juta pengikut, hanya selisih 800 ribu followers dari Daniil Medvedev.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rafael Nadal juga Terkenal di Twitter

Ternyata bukan dunia Instagram saja, Rafael Nadal juga populer di Twitter, dengan jumlah pengikutnya di atas 15 juta followers.

Pemenang Grand Slam 22 kali ini memiliki 15.838.845 pengikut. Bahkan jumlah pengikut tersebut sangat bisa bertambah jumlahnya seiringnya waktu. 

Apalagi Nadal sendiri terus menorehkan pundi-pundi gelarnya sebelum dia menyatakan pensiun dari dunia tenis.

3 dari 4 halaman

Kalah di Laga Pertama ATP Tour Finals

Dilansir Sportskeeda, Rafael Nadal kalah dalam pertandingan pertama di ATP Tour Finals di Turin dari petenis Amerika Taylor Fritz.

Petenis Spanyol, yang merupakan unggulan teratas itu, kalah 7-6(3), 6-1 dalam penugasan round-robin pertamanya. Fritz, yang membuat Rafael Nadal pusing sepanjang tahun, sejajar dengan mantan petenis nomor satu dunia itu. Kekalahan ini membuat Nadal dengan Fritz secara head-to-head punya skor sama yakni 2-2.

Selain itu, Fritz juga menggunakan kecepatan lapangan untuk keuntungannya, mengalahkan Nadal baik dalam service maupun return game-nya.

Petenis Amerika berusia 25 tahun itu mengalahkan Rafa di kedua poin servis yang dimenangkannya (79 persen berbanding 65) dan poin pengembalian yang dimenangkan (35 persen berbanding 21) untuk meraih keunggulan 2-1 melawan petenis Spanyol itu di lapangan keras.

Meski Nadal kalah dalam pertandingan itu, ada adalah saat-saat untuk dinikmati para penggemarnya. Jauh di set pertama, Nadal dan Fritz terlibat dalam reli panjang ketika pukulan backhand dari Fritz membentur net dan memaksa Nadal yang menyerang untuk menerobos net.

4 dari 4 halaman

Gelar Rafael Nadal

Setelah menempati peringkat dua dunia selama 158 minggu, pada 18 Agustus 2008, ia menjadi petenis berperingkat pertama dunia menggantikan Roger Federer.

Peringkat tersebut bertahan hingga 6 Juli 2009 saat Federer menjuarai Wimbledon dan kembali menjadi petenis nomor satu dunia. Ia pun kembali mendapat peringkat satu dunia pada tanggal 7 Juni 2010.

Nadal merupakan petenis dengan julukan "The King of Clay" karena ia sangat dominan di lapangan tanah liat. Ia juga merupakan salah satu dari petenis dengan julukan "The Big Three", yakni tiga petenis paling sukses sepanjang masa selain Roger Federer dan Novak Djokovic.

Terhitung sejak kejuaraan Prancis Terbuka 2020, Nadal, bersama Roger Federer dan Novak Djokovic merupakan juara Grand Slam sebanyak 20 kali di tunggal putra, terbanyak di Era Terbuka.

Nadal telah memenangi gelar tunggal putra Prancis Terbuka sebanyak 13 kali (2005-2008, 2010-2014, 2017-2020), AS Terbuka 4 kali (2010, 2013, 2017, 2019), Kejuaraan Wimbledon 2 kali (2008, 2010), dan Australia Terbuka 1 kali (2009).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.