Sukses

Wajib Dicoba! 5 Cara Ampuh untuk Memotivasi Diri Saat Merasa Demotivasi

Perasaan demotivasi yang berlarut-larut itu cukup berbahaya karena dapat membuat seseorang menunda pekerjaan sehingga semuanya menjadi terhambat.

Liputan6.com, Jakarta Kita semua tentu pernah merasa hari tidak berjalan dengan baik atau merasa lelah seharian. Baik itu untuk olahraga, mempersiapkan rapat atau ujian, memasak, atau sekedar bangun dari tempat tidur. Yang kamu rasakan hanyalah tidak ingin melakukan apapun di hari itu. Jika kamu pernah merasakan hal tersebut, itu dinamakan dengan demotivasi. 

Secara umum, demotivasi adalah keadaan saat seseorang merasa kehilangan gairah atau semangat untuk mengerjakan aktivitas. Kehilangan motivasi itu cukup berbahaya karena dengan kondisi tersebut dapat membuat seseorang menunda pekerjaan sehingga semuanya menjadi terhambat. 

Namun, ingatlah bahwa kamu harus berjuang keluar dari keadaan ini karena jika semakin parah, justru dapat memperburuk keadaan. Lalu bagaimana cara mengatasi demotivasi?

Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan saat sedang merasa kehilangan motivasi.

1. Pahami Alasan Demotivasi

Coba duduk dan pikirkan sejenak mengapa kamu merasakan kesedihan tersebut. Perasaan ini tidak muncul tanpa alasan dan mungkin ada alasan bawah sadar yang mendorongnya. Kamu mungkin merasa kehilangan motivasi karena ketakutan, mungkin ada sesuatu yang menghentikan kamu untuk melangkah lebih jauh. Sebagai contoh misalnya, seorang penulis sering merasa kehilangan motivasi karena karya takut tidak diterima. 

Alasan di balik demotivasi kamu harus diatasi dan caranya adalah dengan menghadapinya. Kamu mungkin juga merasa kehilangan motivasi karena tujuanmu tidak dapat dicapai, karena konflik, atau karena kurangnya tantangan di jalan yang kamu pilih. Apapun itu, coba menghadapinya dan kamu akan mendapatkan kejelasan. Ini akan membantu kamu terus-menerus merasa termotivasi sampai kamu dapat menyelesaikan pekerjaan kamu.

2. Panggil “Guardian Angel” Kamu

Maksudnya di sini adalah cari orang yang benar-benar kamu percaya, bisa jadi sahabatmu, atau bisa pasangan kamu, atau juga ayah dan ibu kamu. Coba telepon atau mengobrol secara langsung. Berbicara dengan orang terdekatmu dapat melepaskan sedikit beban di pikiranmu dan kamu bisa merasa jauh lebih baik.

Selain itu, kamu juga bisa mencurahkan isi hati kamu, dan mungkin mereka akan membantumu untuk mencari jalan keluar agar kamu kembali termotivasi. Ini adalah cara yang mudah untuk kamu lakukan ketika kamu sedang merasa demotivasi!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Coba Tidur Siang Secara Singkat atau Power Nap

Saat dalam kesulitan, tidurlah sebentar. Jika kamu merasa kehilangan motivasi saat melakukan pekerjaan, coba tidur sebentar sekitar 20-30 menit. Studi mengatakan bahwa power nap bisa meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, kreativitas, dan tingkat energi kamu. Tidur siang ini bisa membuat Anda kembali bugar dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas.

4. Jangan Mencari Hiburan di Smartphone

Mencari hiburan di ponsel bisa menyebabkan depresi yang cukup dalam pikiran bawah sadar kita, dan jika kamu melihatnya saat sedang sedih, justru kamu akhirnya akan merasa lebih buruk. 

Jauhkan diri dari ponsel sehingga kamu tidak menggunakan media sosial atau YouTube karena mereka cenderung semakin memperlambat proses berpikir kamu. Kamu hanya akan diam sambil scroll ponsel saja. Tindakan ini akan menimbulkan perasaan kesepian yang bisa memunculkan dampak buruk pada kebahagiaan batin atau kesehatan mental kamu.

5. Jalan-jalan

Tidak ada yang menyegarkan selain jalan-jalan. Pergilah ke tempat-tempat di mana kamu akan menemukan banyak orang, seperti mal, taman, stasiun, kedai kopi, atau tempat lain. Kamu akan menyadari bahwa dunia tampaknya berjalan lambat hanya untuk dirimu. Kamu akan melihat orang-orang sibuk dengan tugas mereka sendiri untuk mencapai tujuan mereka. 

Selama perjalanan itu kamu akan belajar dari hal yang kamu temui. Mulai dari melihat para pekerja yang rela lama berdiri demi menunggu bus datang, para pebisnis menyelesaikan kesepakatan di telepon, polisi berkeringat di bawah matahari, ditambah lagi banyak orang lain yang lewat. Dengan ini kamu akan merasa menyadari bahwa kamu telah membuang waktu karena kehilangan motivasi. Maka dari itu jangan lupa untuk terus bersyukur dengan keadaanmu saat ini.

Sangat wajar bila seseorang pernah mengalami demotivasi, mengingat manusia tidak melulu merasa selalu termotivasi sepanjang waktu. Terkadang, kamu perlu memiliki kesadaran bahwa dalam hidup ada beberapa hal untuk membuat kamu lebih maju dan demotivasi ini adalah salah satu caranya.

Tidak apa-apa untuk merasa kehilangan motivasi, yang tidak baik adalah kamu memendam rasa dan hanya menggerutu tidak mencari jalan keluar.

 

Penulis: Kadek Argyanti Paramahita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.