Sukses

Banyak Diperbincangkan Generasi Milenial Soal Beli Vs Sewa Rumah, Mana Lebih Baik?

Simak keuntungan dan kerugian sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk menyewa atau membeli rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini menyewa rumah dan membeli rumah menjadi perbincangan banyak orang terutama kaum milenial. Mereka membandingkan alasan-alasannya untuk memutuskan membeli rumah atau menyewa rumah.

Menurut beberapa orang, membeli rumah tidak memberikan keuntungan, lantaran harga yang mahal dan tidak sesuai dengan keuntungan yang didapat.

Namun, menurut sebagian orang lainnya, memiliki rumah adalah investasi jangka panjang, yang bisa membuat pemilik merasa aman dan tenang, karena tempat tinggal adalah kebutuhan dasar manusia. 

Melansir laman Hoa.org.uk Kamis (10/11/2022), 86 persen orang di Inggris ingin memiliki rumah sendiri, tetapi bagi sebagian lainnya, memilih untuk menyewa rumah saja, dengan beberapa pertimbangan masuk akal.

Memang sangat tepat, untuk memberikan pertimbangan, yang bisa kita hadapi di masa depan dengan kerugian dan keuntungan memiliki rumah atau menyewa rumah. 

Namun, sebelum ke sana, ada beberapa yang bisa kamu pertimbangkan untuk memutuskan apakah kamu perlu membeli rumah atau cukup menyewa saja. Berikut adalah pertimbangannya:

 

1. Apakah Mampu Membeli Rumah?

Apakah kamu mampu membeli rumah atau tidak, lihat kondisi keuangan kamu, jangan sampai kamu memaksakan diri untuk membeli rumah dan hal itu malah menjadi beban berat untuk kamu.

Membeli rumah bukanlah hal yang sepele, terlebih lagi, jika kondisi finansial kamu tidak stabil. Jangan berharap pada ketidak pastian ekonomi, di saat kamu memiliki komitmen besar seperti membeli rumah. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Keuntungan Memiliki Rumah Sendiri

2. Melihat Bantuan yang Ditawarkan Pemerintah 

Saat kamu memutuskan untuk membeli rumah, lihatlah pada penawaran pemerintah yang bisa membuat kamu memiliki rumah.

Ambilah Kredit Pemilik Rumah (KPR) yang terjangkau dan tidak membebankan kamu. Jangan sampai kamu terlilit hutang besar dan dalam jangka waktu panjang, hanya untuk membeli rumah. 

Setelah mempertimbangkan kedua hal di atas, dan kamu memutuskan untuk membeli rumah, berikut keuntungan yang akan kamu dapatkan saat membeli rumah rumah:

- Kebebasan dan Keamanan

Saat kamu memilih untuk membeli rumah, kamu memiliki kebebasan untuk mengubah rumah itu sesuai dengan yang kamu inginkan. Selain itu, kamu akan memiliki aman dari gangguan. Contoh gangguan yang terjadi jika kamu menyewa rumah, seperti tiba tiba di suruh pindah oleh pemilik rumah. 

- Menghemat uang dan Menghasilkan Uang 

Dengan membeli rumah, kamu tidak perlu membayar sewa rumah dalam jumlah yang banyak setiap tahunnya, atau jika tiba-tiba tuan tanah menaikkan harga sewa rumahnya. Dengan memiliki banyak rumah juga, kamu bisa menyewakan rumah itu dan menghasilkan uang dari penyewa. 

3 dari 5 halaman

Kerugian Memiliki Rumah

Adapun kerugian yang akan kamu hadapi saat kamu membeli rumah:

1. Komitmen Finansial yang Besar

Jangan sepelekan, bagi sebagian orang membeli rumah adalah komitmen finansial yang besar, dan harus kamu jalani dengan tanggung jawab.

Lain halnya dengan seorang yang membeli rumah dengan tunai, mungkin merasa ringan dan tidak akan menghadapi cicilan atau hipotek (instrumen hutang kredit jangka panjang). 

Selain biaya hipotek, perlu kamu ketahui juga, menjadi pemilik rumah berarti kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk furniture rumah, asuransi, pemeliharaan dan biaya perbaikan sendiri. 

Jika kamu sempat berfikir untuk menjadikan rumah adalah investasi paling bernilai, kamu harus perbaiki pola pikir ini.

Tidak sedikit orang yang mengalami nilai jual yang rendah pada rumahnya, hal ini terjadi saat rumahnya rusak, atau terjadi kejadian mengerikan di rumah itu, lokasi yang tidak strategis, lingkungan yang tidak baik, dan hal serupa lainnya. 

2. Tidak Bisa Menyerah Begitu Saja dan Pindah Ke Tempat Lain

Sebelum membeli rumah pikirkan dengan matang, apakah kamu akan betah tinggal di sana ? Tidak sedikit orang yang yang meninggalkan tempat tinggal yang dibelinya itu karena alasan-alasan tertentu.

Selain itu, untuk menjualnya juga memerlukan waktu. Jadi, kamu tidak bisa berpindah-pindah sesuai dengan kehendakmu. 

 

4 dari 5 halaman

Keuntungan Menyewa Rumah

Beralih pada keputusan untuk menyewa rumah. Melansir laman Moving.com, ada beberapa keuntungan yang kamu rasakan saat memutuskan untuk menyewa rumah:

1. Membayar Murah di Awal

Saat kamu belum memiliki uang, kamu bisa menyewa rumah, karena rata-rata biaya menyewa rumah di awal, tidak begitu mahal.

Kamu juga tidak perlu khawatir pada biaya pajak, perbaikan, dan biaya hipotek. Selain itu, kamu akan tahu berapa uang yang harus kamu persiapkan untuk menyewa rumah. 

2. Kamu Tidak Terikat

Menyewa membuat kamu yang mudah bosan, atau memiliki pekerjaan non-maden bisa berpindah-pindah sesuka hati. Terlebih lagi, jika kamu merasa lingkungan rumah tidak cocok, atau sering banjir, hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri. 

 

5 dari 5 halaman

Kerugian Menyewa Rumah

Selanjutnya, kerugian menyewa rumah adalah:

1. Mungkin Terganggu 

Saat kamu menyewa pada orang lain, kamu akan memiliki keterikatan dengan pemilik rumah. Tidak jarang pemilik rumah memberikan banyak aturan dan wejangan yang harus kamu hadapi dengan lapang dada. 

2. Menghadapi Kebingungan 

Saat kamu memutuskan untuk menyewa rumah, mungkin kamu harus siap untuk angkat kaki apabila diminta oleh pemilik rumah. Selain itu, kamu juga akan merasa bingung jika harus mencari rumah baru yang cocok dengan kamu dan keuangan kamu, dan kamu juga harus mengemas barang-barang kamu, yang terkadang menjadi hal menyebalkan saat melakukan pindahan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.