Sukses

7 Langkah Mudah Aplikasikan Makeup Agar Hasilnya Natural

Berikut deretan langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil riasan yang alami.

Liputan6.com, Jakarta Dalam hal riasan wajah, terkadang semakin terlihat lebih alami semakin bagus. Meskipun tampilan glamor juga memang bagus tetapi rasanya kurang cocok apabila diaplikasikan saat melakukan kegiatan sehari-hari seperti saat ke kampus atau kantor.

Adapun makeup natural akan menonjolkan beberapa area wajah namun bukan berarti menyamarkan kekurangan. Tetapi hal tersebut jadi pendekatan sederhana yang berfokus pada beberapa area utama kulit, mata, dan bibir juga menampilkan yang terbaik dengan cara yang halus.

Jika kita mengaplikasikan lebih sedikit produk, tentunya akan membutuhkan lebih sedikit waktu, hingga tidak perlu mengetahui cara atau teknik rumit apapun untuk mendapatkan tampilan tersebut.

Untuk mendapatkan riasan wajah yang alami bisa didapatkan dengan menonjolkan area wajah misalnya dengan menentukan penggunaan eyeshadow dimana harus memaksimalkan bentuk mata. Warna netral seperti cokelat, krem dan warna gelap cocok juga diaplikasikan untuk semua warna mata.

Perdalam intensitas bayangan di sepertiga bagian luar dan gunakan warna yang lebih terang untuk menonjolkan sudut bagian dalam. Anggap saja sebagai kontur untuk mata.

Sama pentingnya saat penggunaan alis, sapukan dengan spoolie dan isi celah dengan pensil alis. Dimana seseorang yang memiliki alis yang terdefinisi dengan lembut adalah cara tercepat untuk membingkai wajah.

Melansir laman The Trend Spotter, ada beberapa langkah untuk mendapatkan tampilan riasan wajah alami. Berikut urutan yang perlu diperhatikan dalam langka menciptakan riasan wajah dengan hasil natural: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Rawat Kulit

Kunci untuk riasan yang bagus adalah memiliki kanvas yang sempurna untuk dikerjakan seperti wajah yang mulus dan tak ada permasalahan yang sedang terjadi, misalkan seperti jerawat. Jadi sangat penting untuk memiliki rutinitas perawatan kulit yang baik.

Hal ini sangat penting dalam hal riasan alami karena Anda akan memakai alas bedak atau concealer yang lebih ringan. Selain membersihkan dan mengencangkan, ada beberapa langkah ekstra yang dapat diambil untuk membuat kulit bercahaya.

Langkah pertama, bersihkan jerawat dan komedo untuk memastikan kulit memiliki tekstur yang halus. Kemudian atasi kemerahan atau iritasi pada kulit wajah dengan produk pelembab yang menenangkan yang dirancang untuk kulit sensitif. Terakhir, kurangi garis halus dan pigmentasi dengan retinol atau serum Vitamin C.

3 dari 8 halaman

2. Pelembab, Tabir Surya, dan Primer

Sebelum mulai dengan tampilan riasan alami, penting untuk memastikan kulit dalam keadaan lembab dan terlindungi dari sinar matahari. Jenis pelembab yang digunakan akan tergantung pada jenis kulit sendiri apakah berminyak, kering, atau kombinasi. Tetapi ini dapat berubah tergantung musim.

Komponen paling penting dari anti penuaan dini adalah mengenakan tabir surya spektrum tinggi (yang melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB) setiap hari. Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah primer.

Primer membuat kulit terlihat lebih sempurna setelah merias wajah. Tidak hanya menyamarkan kerutan dan pori-pori, tetapi juga menciptakan alas yang halus agar alas bedak dapat stay dan tahan di tempatnya seharian. Jika Anda memiliki waktu sedikit di pagi hari, gabungkan pelembab, tabir surya, dan primer menjadi satu langkah dengan BB Cream.

4 dari 8 halaman

3. Terapkan Foundation

Umumnya tampilan natural hanya membutuhkan satu atau dua eyeshadow yang halus jadi tidak apa-apa untuk memakai base terlebih dahulu. Untuk menciptakan tampilan riasan yang natural, sebaiknya pilih foundation dengan coverage yang ringan hingga medium, karena foundation yang berat hampir bisa menghilangkan fitur wajah.

Jenis cairan, umumnya memiliki hasil akhir yang paling alami dan kita dapat mencampurkan setetes iluminator kedalamnya untuk menciptakan cahaya yang segar dan berembun. Sangat penting untuk memilih formula yang sesuai dengan jenis kulit, serta warna yang paling dekat dengan kulit kita.

Terakhir, cara mengaplikasikannya adalah langkah paling kritis untuk menciptakan alas bedak yang tampak alami. Baik menggunakan kuas, spons, atau jari sendiri, pastikan mulai dengan hemat dan membaurkannya terutama di sekitar garis rambut, telinga, dan rahang. Serta pastikan tidak terlihat seperti sedang memakai topeng.

 

5 dari 8 halaman

4. Concealer dan Bedak

Untuk mendapatkan tampilan riasan yang sempurna, concealer adalah suatu keharusan. Namun, pastikan menggunakannya dengan sedikit jika tetap ingin terlihat natural.

Kita juga dapat memilih untuk tidak menyembunyikan bintik-bintik pada kulit wajah. Pilih formula yang memiliki tekstur yang sama dengan foundation, sehingga menyatu dengan mulus. Jika foundation berembun dan concealernya matte atau sebaliknya, itu akan terlihat kurang bagus.

Gunakan dua warna berbeda, satu dengan warna yang sama dengan alas bedak untuk noda, dan satu atau dua tingkat lebih terang untuk mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata.

Oleskan concealer dengan kuas dan gunakan ujung jari untuk membaurkannya. Kemudian, taburkan bedak tabur. Gunakan bedak tabur dengan warna kuning pucat di bawah mata untuk menambahkan kecerahan ekstra, oleskan sedikit bedak transparan untuk menahan segala sesuatu di tempatnya.

6 dari 8 halaman

5. Pilih Warna Perona Pipi yang Sesuai

Sentuhan perona pipi adalah aksen yang sempurna untuk tampilan riasan alami. Ini memberikan kesan muda dan sehat serta menambah dimensi pada wajah. Warna pipi terbaik adalah warna rona alami diri yang akan dengan mudah menyanjung warna kulit kita.

Ini bisa berkisar dari merah muda pucat hingga aprikot, mawar tua, atau bahkan ungu muda. Ada beberapa jenis perona pipi yang berbeda. Gunakan kuas besar yang halus dan mulai dari bagian atas pipi setelahnya lalu ratakan untuk hasil akhir yang paling alami.

Namun, penting untuk menjaga tampilan tetap halus, jadi jika sewaktu-waktu merasa warnanya terlalu intens, ulangi dengan kuas yang digunakan pada alas bedak untuk memudarkannya kembali.

7 dari 8 halaman

6. Eyeliner (Opsional)

Sebetulnya tampilan riasan alami jika tak menggunakan eyeliner itu sudah cukup. Bahkan juga tak ada masalah kita bisa pergi tanpa eyeliner saat menerapkan konsep riasan alami. Cukup jepit bulu mata atau aplikasikan satu lapisan maskara tipis.

Jika kebetulan memiliki waktu lebih lama, saat itu Anda dapat menyempurnakan bentuk mata secara halus dan membuat bulu mata terlihat lebih tebal dengan eyeliner.

Pilih warna cokelat atau hitam sederhana daripada warna yang lebih berani, dan aplikasikan hanya pada garis bulu mata bagian atas. Jangan repot-repot dengan teknik rumit seperti wing liner. Sebagai gantinya, gunakan pensil lembut lalu sapukan dengan lembut dan campurkan produk ke akar bulu mata bagian atas.

8 dari 8 halaman

7. Melembabkan Bibir

Tidak ada yang menginginkan bibir kering, pecah-pecah, atau terkelupas.  Namun kebanyakan Penyebab dari masalah ini biasanya adalah cuaca yang kering, dingin, dan berangin karena menghilangkan kelembapan dari kulit kita.

Sebelum mulai mengoleskan lip balm, kelupaskan kulit mati dengan scrub bibir secara lembut dan menghidrasi.  Kemudian menggosokkannya perlahan dengan memilih sikat gigi yang berbahan sangat lembut.

Karena Eksfoliasi selain membuat bibir Anda terlihat lebih sehat dan dapat juga mengeluarkan warna alaminya. Selanjutnya, oleskan masker bibir dan biarkan meresap selama beberapa menit. Pada titik ini, Anda bahkan dapat bekerja lebih keras dan mengoleskan serum untuk membuat bibir terlihat lebih besar dan berwarna lebih dalam. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.