Sukses

Ikuti Jejak Sang Ayah, Bronny James Resmi Dikontrak Nike Sebelum Lulus Sekolah

Bronny James, anak Lebron James, juga dikontrak oleh Nike sebelum lulus sekolah alias masih SMA

Liputan6.com, Jakarta - Buah tak jatuh jauh dari pohonnya. Ungkapan tersebut pantas disandarkan untuk Bronny James. Dia merupakan putra sulung bintang LA Lakers, LeBron James.

Berdasarkan laporan, Bronny James menerima kontrak 'Name, Image, and Likeness (NIL) endorsment' dari raksasa produsen perlengkapan olahraga, Nike.

Lantaran hal ini Bronny James disebut mengikuti jejak sang ayah yang pernah mencetak prestasi serupa pada 2003. Saat itu LeBron James juga belum tamat SMA.

Dilansir dari The Athletic pada Sabtu (15/10) Bronny saat ini masih tercatat sebagai siswa sekolah menengah atas, yang bermain untuk Sierra Canyon (California) High School. Dia kini menyamai prestasi ayahnya yang mendapatkan kontrak dari Nike sebelum masuk NBA.

Dulu kontrak LeBron James bernilai USD 90 juta pada 2003. Namun, tidak ada informasi lengkap mengenai kontrak Bronny dengan Nike.

Pemain berusia 18 tahun ini mengungkapkan bahwa brand Nike sudah menjadi bagian dari keluarga sejak sang ayah, Lebron James menandatangi kontrak bersama apparel tersebut hingga sekarang. 

"Sepanjang yang saya ingat, Nike telah menjadi bagian dari keluarga saya sejak dulu," kata Bronny James seperti dikutip dari Complex Sports.

Nike pada Senin, 10 Oktober 2022, mengumumkan telah merekrut Bronny James dan empat pemain dari berbagai perguruan tinggi dengan kontrak NIL tersebut, yakni Caitlin Clark, Haley Jones, DJ Wagner, dan Juju Watkins.

Selama ini, dia bersembunyi di balik nama besar ayahnya sehingga sekarang Bronny ingin membuat warisan sendiri serta melanjutkan warisan keluarganya bersama Nike.

"Mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan mereka dan melanjutkan warisan keluarga saya baik di lapangan maupun di komunitas adalah hal yang sangat berarti bagi saya," Bronny menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penerus Lebron James

Bronny genap berumur 18 tahun pada 6 Oktober 2022. Dia dipandang sebagai salah satu prospek pemain terbaik dan juga menjadi penerus warisan Lebron James di masa depan.

Menurut data 247Sports, Bronny menempati peringkat ke-7 untuk kategori shooting guard sekolah menengah di Amerika Serikat, dan peringkat ke-45 secara keseluruhan.

Bronny bersiap untuk mencari perguruan tinggi setelah lulus dari Sierra Canyon High School. Akan tetapi dengan kesepakatan ini, otomatis ruang gerak Bronny lebih sempit.

Sebab, dia hanya bisa bergabung dengan perguruan tinggi yang disponsori oleh Nike. Kini, dia telah menjatuhkan pilihannya di Ohio State University. 

Ohio State University merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Amerika Serikat yang telah melahirkan pemain hebat dan melanjutkan karirnya di NBA, seperti D' Angelo Russel, Jared Sullinger, Michael Redd SG, Evan Turner.

3 dari 4 halaman

LeBron: Saya akan Bermain Satu Tim dengan Bronny

Di tengah rangkaian akhir pekan NBA All Star 2022 lalu, LeBron James membuat pernyataan yang mengundang banyak perbincangan.

Pernyataan menggemparkan itu tentang keinginannya untuk menutup karier bermain satu tim dengan anak sulungnya, LeBron James Jr. atau yang akrab disapa Bronny James.

Bronny sendiri sekarang baru saja lulus dari SMA Sierra Canyon. Kini, Bronny memilih Ohio State University untuk melanjutkan karir basketnya dan mengejar target promosi NBA.

"Saya akan menutup karier saya bermain dengan anak sulung saya. Di mana pun Bronny bermain, saya akan bergabung ke tim tersebut. Saya akan melakukan segalanya untuk satu tahun terakhir tersebut, mewujudkan mimpi itu. Uang bukan lagi pertimbangan saya untuk itu," ujar Lebron James secara lugas dikutip dari The Athletic.

4 dari 4 halaman

Jika Batas Usia Diturunkan, Bisa Bantu Lebron Setim dengan Bronny

Collective Bargaining Agreements (CBA) masih berjalan hingga 2023-24. Tetapi saat ini liga dan Asosiasi Pemain (NBPA) sedang bernegosiasi untuk menurunkan batas bawah NBA Draft. NBA dan NBPA merasa memiliki momentum positif menuju kesepakatan baru.

Dilansir dari The Athletic, Selasa (20/9), NBA dan NBPA berencana membatalkan aturan CBA yang sudah berlaku sejak 2005 itu. Dalam aturan tersebut batas bawah usia pemain untuk mengikuti NBA Draft adalah 19 tahun.

NBA dan NBPA berencana untuk menurunkan usia kelayakan menjadi 18 tahun. Tetapi hal itu masih dalam tahap diskusi lebih lanjut. Mereka dijadwalkan bertemu lagi pada akhir bulan ini. Tetapi NBA dan NBPA bisa memutuskan aturan terbaru pada 15 Desember 2022.

Jika aturan ini disahkan maka awal 2024 pemain dari SMA langsung mengikuti draft NBA. Bisa berdampak pada kepentingan Lebron James. Seperti diketahui, bintang Los Angeles Lakers itu ingin bermain dengan putranya, Bronny dan Bryce di NBA. Jika disahkan, dan juga bisa mewujudkan impiannya sebelum pensiun itu lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini