Sukses

Patut Dicoba, 5 Tips Menjaga Kesehatan Kuku Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta - Kuku menjadi salah satu poin penting untuk menunjang penampilan, terutama wanita. Kuku yang cantik, sehat, dan kuat tentunya menjadi impian semua wanita. Apalagi dengan munculnya tren nail art dan segala printilan kuku lainnya.

Beragam hiasan kuku dengan desain lucu dan menggemaskan dapat dijumpai dengan mudah dan bisa didapatkan lewat jasa nail art ataupun dibuat sendiri. Namun, siapa sangka tren tersebut juga dapat membahayakan kesehatan kuku jika tidak memakai bahan-bahan yang aman dan perawatan kuku. Bukannya jadi cantik, kuku asli justru lebih cepat patah dan rusak. 

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk menanggulangi hal tersebut? Anti mahal dan tidak pakai ribet, ada berbagai cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kuku. Perawatan dari luar dan dalam sama-sama penting untuk dilakukan. Sesuaikan kebutuhan, Anda tinggal memilih perawatan kuku apa saja yang paling cocok untuk diterapkan. 

Yuk, intip sederet tips menjaga kekuatan dan kesehatan kuku berikut ini!

1. Mengatur Pola Makan

Selain perawatan kuku dari luar, perawatan dari dalam pun sama pentingnya. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral. Buah-buahan seperti anggur, pisang, dan kiwi sangat bagus untuk menjaga kuku tetap sehat.

Buah-buah ini kaya akan antioksidan, vitamin A, dan vitamin C. Selain itu, sayur-sayuran seperti wortel, brokoli, dan bayam pun boleh jadi pilihannya. Sayuran ini kaya akan vitamin A, mineral, zat besi, dan kalsium yang bagus untuk memperkuat kuku. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

2. Tetap Terhidrasi

Minum air putih yang cukup sangat penting untuk kesehatan, termasuk kesehatan kuku. Tanpa kelembaban dari dalam tubuh yang cukup, kuku rentan rapuh, patah, dan terkelupas. Minum air putih yang cukup juga membantu proses pertumbuhan kuku lebih cepat dan kuat. 

3. Istirahat dari Cat Kuku

Kuku juga perlu bernapas. Berikan kuku Anda waktu istirahat dari cat kuku. Penggunaan cat kuku secara terus menerus dapat melemahkan kuku. Biarkan kuku Anda istirahat selama 1 minggu. Pastikan juga kuku Anda sudah benar-benar bersih dari sisa-sisa cat kuku.

3 dari 3 halaman

4. Meminimalisasi Paparan Air

Terlalu banyak berendam di dalam air dapat menyebabkan kuku lemah dan rapuh. Hal ini mungkin sulit untuk dihindari, terutama bagi ibu rumah tangga. Banyak pekerjaan rumah tangga yang bersenggolan dengan air. Namun, Anda dapat meminimalkan paparan air pada tangan. Contoh Anda bisa menggunakan sarung tangan saat mencuci piring. 

5. Konsumsi Biotin

Biotin dikenal sebagai sumber vitamin H dan dan B7. Biotin bermanfaat untuk memperkuat kuku dan rambut. Biotin dapat ditemukan di kuning telur, kacang-kacangan, dan pisang. Bila ingin mengkonsumsi biotin dalam bentuk yang lebih praktis seperti suplemen, pastikan Anda sudah konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat. 

 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.