Sukses

Coba 8 Tips Ini untuk Hidup Terbaik dan Menghindari Burnout

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menghindari burnout

Liputan6.com, Jakarta Di dunia yang selalu terhubung, mungkin sulit untuk mengambil istirahat untuk perawatan diri, bahkan ketika Anda membutuhkannya.

Jika Anda mengalami burnout atau kelelahan, Anda mungkin merasa terkuras baik secara fisik maupun emosional, sehingga sulit untuk memberikan segalanya saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Berikut ini beberapa kiat menghadapi burnout dan kembali hidup sebaik mungkin yang dapat Anda coba:

1. Dapatkan nutrisi yang cukup

Temuan dari studi tahun 2021, dari 650 wanita Finlandia menunjukkan bahwa makan makanan yang seimbang dikaitkan dengan gejala burn out yang lebih rendah.

Diet sehat dapat membantu mendukung sistem kekebalan Anda dan mungkin memiliki efek perlindungan terhadap depresi dan penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Untuk meningkatkan asupan nutrisi Anda, cobalah makan makanan utuh seperti: buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian utuh, ikan, polong-polongan, dan menjaga makanan olahan, gula, dan lemak jenuh seminimal mungkin.

2. Tetapkan batas

Baik itu menetapkan batasan di tempat kerja, dalam kehidupan sosial Anda, atau dengan keluarga, mengetahui batasan Anda dapat membantu Anda melindungi kesehatan mental Anda dan fokus pada kebutuhan Anda sendiri daripada hanya kebutuhan orang lain.

Ingin tahu bagaimana cara menetapkan batasan yang efektif? Berikut beberapa strategi untuk dicoba:

  • Komunikasikan kebutuhan Anda dengan jelas dan tegas kepada orang lain.
  • Beri diri Anda izin untuk mengatakan tidak.
  • Buat batasan waktu untuk diri sendiri.
  • Beri diri Anda izin untuk istirahat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

3. Tidur yang cukup

Pernahkah Anda menjadi sangat murung setelah tidur malam yang buruk? Atau mengalami kesulitan fokus di tempat kerja karena Anda begadang semalaman menonton acara baru yang menarik? Ketika Anda tidak tidur nyenyak atau cukup, aktivitas kehidupan sehari-hari bisa terasa berlebihan dan melelahkan.

Menurut Sumber Tepercaya Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), orang dewasa di atas usia 18 tahun harus tidur setidaknya 7 jam per malam.

Penelitian dari tahun 2021 juga menemukan bahwa kualitas tidur dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan mental. Di sisi lain, kualitas tidur yang buruk, waktu tidur yang lebih pendek, dan insomnia terkait dengan tingkat kelelahan yang lebih tinggi.

Mendapatkan kualitas tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan psikologis Anda. Kurang tidur dapat menyebabkan konsekuensi seperti:

  • sistem kekebalan yang melemah
  • gangguan motorik
  • peradangan
  • masalah jantungk
  • ecemasan
  • depresi
  • masalah dengan memori
  • kesulitan fokus.

 

3 dari 6 halaman

4. Temukan cara untuk bersantai

Penelitian dari tahun 2017 menghubungkan partisipasi dalam kegiatan rekreasi dengan peningkatan kualitas hidup dan kepuasan kerja yang lebih tinggi.

Mungkin Anda merasa paling rileks setelah melakukan aktivitas fisik seperti bermain tenis, yoga, atau hiking. Atau mungkin Anda lebih suka hiburan yang pasif, seperti menonton film lucu, membaca, atau mendengarkan musik.

Apa pun arti relaksasi bagi Anda, meluangkan waktu untuk dekompresi dapat membantu Anda merasa segar dan lebih siap untuk menghadapi tekanan sehari-hari.

5. Rehat sejenak dari berita dan media sosial

Jika Anda merasa stres, Anda mungkin ingin meletakkan ponsel dan mematikan berita di televisi (atau mengganti saluran).

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi media yang memaparkan Anda pada berita tentang bencana dapat berdampak negatif pada kesehatan mental Anda. Sebuah studi tahun 2020 yang melibatkan 512 mahasiswa Cina menemukan bahwa mereka yang sering menggunakan media sosial lebih cenderung memiliki kesehatan mental yang buruk.

 

4 dari 6 halaman

6. Berolahraga

Seperti tidur, olahraga penting untuk banyak aspek kesehatan secara keseluruhan. Ada sejumlah besar penelitian yang menghubungkan olahraga dengan kehidupan yang lebih lama, lebih sehat, dan lebih bahagia, demikian menurut tinjauan penelitian 2018.

Olahraga dapat membantu menunda risiko penyakit kronis, dan juga meningkatkan kesehatan mental yang lebih baik. Bukti dari tinjauan menunjukkan bahwa latihan aerobik, latihan ketahanan, dan latihan pikiran-tubuh semuanya dapat memperbaiki gejala depresi.

Jadi berapa waktu yang ideal untuk bergerak?

CDC merekomendasikan agar orang dewasa mendapatkan 150 menit aktivitas fisik sedang hingga intens per minggu, serta melakukan aktivitas latihan otot 2 hari per minggu.

Contoh latihan aerobik yang bisa Anda coba antara lain:

  • berlari
  • berjalan
  • bersepeda
  • renang

 

Beberapa cara untuk melakukan latihan resistensi antara lain:

  • angkat beban
  • menggunakan band resistensi
  • melakukan pembaharu Pilates
  • melakukan latihan berat badan

 

5 dari 6 halaman

7. Bangun jaringan dukungan

Sebuah studi tahun 2020 menunjukkan bahwa konektivitas sosial dapat diterjemahkan ke kesejahteraan mental yang lebih baik dan penurunan risiko depresi.

Terkadang berbicara dengan seseorang tentang apa yang ada di pikiran Anda dapat membantu Anda merasa lebih baik. Terhubung dengan teman, anggota keluarga, kelompok sosial, atau kelompok pendukung dapat mempermudah mengatasi stres.

Jika Anda memerlukan sedikit dukungan ekstra dalam mengelola kesehatan mental Anda, seorang profesional berlisensi seperti terapis dapat membantu Anda menemukan strategi terbaik untuk mengatasi stres dan bekerja dengan Anda untuk mengekang gejala burnout.

 

6 dari 6 halaman

8. Buat strategi koping stres yang efektif

Mengetahui alat dan kebiasaan apa yang cocok untuk Anda saat menghadapi stres dapat membantu Anda memprioritaskan kesejahteraan dan mencegah kelelahan.

Strategi koping bisa langsung dan berfokus pada tindakan atau tidak langsung dan berpusat pada emosi.

Mengambil pendekatan yang berfokus pada tindakan berarti Anda menghadapi penyebab stres dengan membuat perubahan yang dapat ditindaklanjuti, seperti:

menetapkan batasmengatur waktu Andamenemukan solusi untuk memperbaiki masalah secara langsungmenugaskan tugas kepada orang lain yang dapat membantu

Pendekatan yang berpusat pada emosi berfokus pada pengelolaan respons emosional Anda terhadap stres. Beberapa cara untuk melakukan ini mungkin termasuk:

terhubung dengan orang lainberlatih meditasiberolahragaberpartisipasi dalam kegiatan rekreasiberbicara dengan profesional kesehatan mental

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.