Sukses

Jaga Daya Tahan Tubuh Hingga Cegah Kanker, Ini 10 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Berikut ini 10 manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh

Liputan6.com, Jakarta Brokoli merupakan jenis sayuran hijau dari keluarga tanaman kubis. Tak hanya memiliki rasa yang lezat saat diolah sebagai menu masakan, brokoli memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Hingga kini, sayuran ini terkenal sebagai sumber makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi dan gizi. Apalagi, brokoli juga dikenal sebagai sayuran dengan nutrisi tinggi.

Dilansir dari laman Healthline, Senin (5/9/2022), brokoli atau Brassica oleracea kaya akan berbagai nutrisi terutama vitamin dan mineral. Termasuk kandungan gizi berupa fitonutrien yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Sayuran hijau yang bentuknya seperti pohon kecil ini masuk ke dalam kategori bernutrisi tinggi. Sayuran ini sarat dengan beragam vitamin, mineral, serat, dan senyawa bioaktif lainnya. Dalam setiap 91 gram brokoli mengandung karbohidrat 6 gram, protein 2,6 gram, dan lemak 0,3 gram.

Manfaat sayur brokoli juga terkait kandungan vitamin di dalamnya, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K. Mineral penting dalam brokoli seperti fosfor, selenium, dan kalium. Selain itu, brokoli mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan.

Mulai dari menjaga daya tahan tubuh hingga mencegah penyakit kanker, berikut ini 10 manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C, mineral, dan fitonutrien dari brokoli bermanfaat untuk membantu membangun imunitas tubuh dan mencegah berbagai infeksi.

Sistem imun atau kekebalan tubuh adalah senyawa penting yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari mikroorganisme penyebab berbagai macam penyakit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Menyehatkan Kulit

Brokoli juga mengandung sejumlah asam pantotenat yang memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. Menurut buku 'Healing Foods' oleh DK Publishing, brokoli mengandung asam pantotenat yang melimpah, senyawa beta karoten dan belerang, yang semuanya mendorong kesehatan kulit. Selain itu, kandungan vitamin C yang kaya dalam brokoli dapat membantu pembentukan kolagen dan membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

3. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Berbagai kandungan brokoli yang bermanfaat sebagai zat anti kanker adalah berbagai fitonutrien, vitamin C, vitamin A, dan vitamin E serta jenis mineral seperti kalium dan selenium.

Kandungan nutrisi ini dapat berperan sebagai anti-oksidan dan membantu metabolisme dan mencegah inflamasi pada tingkat sel yang merupakan fase awal dari perkembangan kanker.

Senyawa bioaktif dalam brokoli juga mempunyai manfaat untuk mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh penyakit kronis tertentu.

 

3 dari 5 halaman

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat dalam brokoli bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus serta melancarkan pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit.

Jenis mineral seperti magnesium dan vitamin dalam brokoli juga berkhasiat untuk meningkatkan penyerapan nutrisi sekaligus mencegah inflamasi pada saluran pencernaan.

5. Detoksifikasi Tubuh

Kandungan antioksidan dalam brokoli bermanfaar untuk menghambat dan menetralkan kerusakan sel akibat radikal bebas. Senyawa anti-oksidan ini membantu mengurangi peradangan serta memberikan efek perlindungan pada tubuh.

Jenis anti-oksidan berupa sulforaphane juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, kadar kolesterol, stres oksidatif, serta perkembangan penyakit kronis. Ditambah dengan kandungan vitamin C dalam brokoli yang membantu mengurangi racun dalam darah.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Brokoli mengandung karotenoid tinggi yang bermanfaat untuk penglihatan dan kesehatan mata. Brokoli diketahui terutama kaya akan lutein, karotenoid alami yang membantu menjaga penglihatan dan penglihatan di waktu malam dengan baik. Lutein juga bisa bermanfaat bagi kesehatan serta sirkulasi jantung.

4 dari 5 halaman

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium, vitamin K, vitamin A, dan fosfor dalam brokoli lebih mudah diserap oleh tubuh. Karena itu, brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang serta mencegah Anda mengalami osteoporosis.

Manfaat atau khasiat lainnya dari kandungan brokoli tersebut juga membantu menjaga kesehatan gigi sekaligus menurunkan risiko penyakit gigi dan mulut seperti periodontitis.

8. Bantu Jaga Kehamilan

Selama masa kehamilan, dibutuhkan banyak vitamin, mineral, dan protein untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Brokoli adalah sumber vitamin B yang baik, yaitu B9, juga dikenal sebagai folat.

Folat merupakan nutrisi penting untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. Konsumsi makanan kaya folat secara teratur seperti brokoli dapat membantu memastikan hasil kehamilan yang sehat.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa brokoli yang dimakan oleh ibu hamil dapat mendukung perkembangan kognitif bayi yang lebih sehat.

 

5 dari 5 halaman

9. Mencegah Anemia

Saat tubuh kekurangan asupan mineral, maka yang bisa terjadi adalah Anda mengalami anemia. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seperti brokoli.

Apalagi, brokoli mempunyai kandungan seperti kalsium, zat besi, magnesium, serta kalium yang penting untuk memproduksi hemoglobin dalam tubuh.

10. Bantu Turunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang usaha menurunkan berat badan, maka mengonsumsi brokoli jangan sampai dilewatkan. Pasalnya, brokoli punya kandungan serat yang ramah berat badan, sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, secara tidak langsung akan menjauhkan diri untuk makan makanan yang tidak perlu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.