Sukses

4 Gejala Kanker Pankreas Ini Kerap Diabaikan Karena Mirip Serangan Cuaca Panas

Anda harus mengetahui gejala kanker pankreas ini yang kerap diabaikan

Liputan6.com, Jakarta Cuaca panas dapat membuat Anda merasa lesu dan lelah, tetapi ini juga bisa berarti bahwa beberapa gejala penyakit serius yang paling umum - seperti berkeringat dan pusing - dapat dengan mudah terlewatkan atau diabaikan.

Karena cuaca panas belakangan ini, American Cancer Society telah memperingatkan bahwa orang-orang mungkin melewatkan tanda-tanda peringatan ini untuk kanker pankreas.

Menghabiskan terlalu lama di bawah sinar matahari, tidak minum cukup air, dan terkena serangan panas semua dapat menyebabkan gejala yang sama sebagai bentuk penyakit yang disebut tumor neuroendokrin pankreas.

Ini adalah pertumbuhan kanker yang berkembang di sel neuroendokrin pankreas yang menghasilkan hormon penting seperti insulin dan melepaskannya ke dalam aliran darah.

Ketika tumor berkembang, sel-sel ini dapat mengembangkan insulinoma yang memompa insulin, menyebabkan hipoglikemia, atau gula darah rendah.

Gejala syok hipoglikemik mirip dengan heatstroke, yakni:

  1. Kelemahan
  2. Kebingungan
  3. Berkeringat
  4. Detak jantung yang cepat

 

The American Cancer Society mengatakan: “Tumor ini membuat insulin, yang menurunkan kadar glukosa darah."

“Terlalu banyak insulin menyebabkan gula darah rendah, yang dapat menyebabkan gejala seperti kelemahan, kebingungan, berkeringat, dan detak jantung yang cepat."

“Ketika gula darah menjadi sangat rendah, itu dapat menyebabkan seseorang pingsan atau bahkan koma dan mengalami kejang.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menyebabkan masalah kesehatan

Tumor neuroendokrin ini dapat memicu produksi hormon lain yang berlebihan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan terkait lainnya.

Ketika salah satu dari hormon ini, yang disebut gastrin, memompa ke overdrive, itu dapat menyebabkan gastrinoma. Hal ini menyebabkan perut memproduksi terlalu banyak asam dan mengembangkan bisul.

Tumor ini juga dapat menyebabkan glukagonoma, di mana produksi glukagon yang berlebihan meningkatkan kadar gula darah tubuh dan sering menyebabkan diabetes.

Tanda-tanda kanker pankreas lainnya yang harus diwaspadai adalah penyakit kuning, penurunan berat badan dan urin yang lebih gelap. Jika Anda khawatir tentang gejala-gejala ini, Anda harus berbicara dengan dokter umum Anda.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

4 Zodiak Ini Mudah Menyimpan Dendam

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa beberapa tanda zodiak puas membiarkan masalah berjalan begitu saja tanpa menginginkan balasan dari orang-orang yang telah menyakiti mereka. 

Lalu ada orang-orang yang akan membalas dendam dengan cara apa pun, sekecil apa pun, sebagai bagian dari penyembuhan diri mereka yang memungkinkan mereka untuk terus maju. 

Bahkan jika insiden itu sekarang telah berlalu dan tidak lagi relevan, orang-orang ini terus tampak terobsesi untuk membalas dendam dan menghabiskan seluruh waktu dan upaya mereka untuk menyusun strategi guna membalas orang lain. Jadi, agar Anda tidak menempatkan diri Anda di jalur orang-orang seperti itu, berikut adalah 4 tanda zodiak yang selalu ingin balas dendam. 

1. Taurus

Dilansir dari Pinkvilla, taurus di antara semuanya adalah zodiak yang paling tidak penyayang dan menyimpan dendam paling lama. Mereka tidak suka membuat kesalahan dan sangat keras kepala. 

Mereka akan memaafkan Anda berkali-kali sampai pada titik di mana Anda mendorong mereka terlalu jauh, di mana mereka akan merusak kebahagiaan Anda. Mereka akan memastikan Anda memahami bagaimana Anda berperilaku buruk dan bahwa mereka cukup kuat untuk memaksa Anda mengakuinya dengan membuat Anda menyadarinya.

4 dari 5 halaman

2. Cancer

Cancer tidak bisa melupakan banyak hal dengan mudah. Mereka menyimpan kebencian mereka di dalam sampai tumbuh sangat besar dan meledak begitu mencapai titik puncaknya karena mereka membenci orang-orang tertentu. 

Mereka mungkin menyembunyikan atau membiarkan sebagian ingatan mereka redup, tetapi mereka tidak akan pernah benar-benar melupakan ingatan yang menyakitkan. Dan jika itu mulai menyakiti mereka secara signifikan, mereka akan melakukan segala daya mereka untuk membalas segala bentuk pembalasan yang diperlukan untuk menghapus sepenuhnya kenangan buruk itu.

3. Leo

Mereka umumnya sangat pemaaf dan tidak membawa keluhan. Namun, mereka akan segera mengusir Anda dari kehidupan mereka dengan menginginkan pembalasan jika Anda benar-benar melukai mereka. Berdasarkan bagaimana Anda berperilaku dengan mereka, mereka bisa sangat setia atau sangat tidak setia. Setelah Anda menerimanya begitu saja, mereka tidak akan peduli jika Anda diperlakukan dengan baik.

5 dari 5 halaman

4. Scorpio

Scorpio terampil menyimpan dendam dan lambat untuk diabaikan atau dihapus. Mereka tidak suka ditipu, oleh karena itu jika itu terjadi pada mereka, mereka dapat meminta pertanggungjawaban orang itu selama sisa hidup mereka. Mereka pasti akan menghancurkan beberapa elemen hidup Anda jika Anda mengkhianati mereka, membuat Anda menyesali semua kesalahan yang pernah Anda lakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.