Sukses

4 Manfaat Pisang bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Tingkatkan Imunitas

Pisang menjadi salah satu buah yang disukai banyak individu, apalagi bagi individu yang tengah menjalani diet.

Liputan6.com, Jakarta - Pisang menjadi salah satu buah yang disukai banyak individu, apalagi bagi individu yang tengah menjalani diet.

Melansir dari Times of India, Jumat (29/7/2022), ahli gizi Jhanvi Kanakia menjelaskan bagaimana pisang bisa memainkan peran penting dalam membuat kita bugar secara fisik.

“Buah ajaib ini memiliki terlalu banyak untuk ditawarkan di luar kalori yang dikenalnya,” tulis Jhanvi dalam akun Instagram-nya.

Pisang kaya akan kalium, mangan, serat, tembaga, vitamin C, vitamin B6 dan biotin. Buah ini juga bisa membantu mencegah asma, kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit kardiovaskular, serta masalah pencernaan.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat pisang bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Pisang terdiri dari sejumlah besar nutrisi penting yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh dan menjadi salah satu sumber terbaik untuk menyediakan vitamin C.

Pisang juga membantu dalam memberantas infeksi dan penyakit. Buah berkulit kuning ini membantu tubuh dalam memerangi kuman dan penyakit berbahaya.

Karena kekurangan nutrisi menghambat tingkat kekebalan tubuh, pisang memainkan peran penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh karena dikemas dengan nutrisi.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Pisang mengandung banyak potassium dan magnesium yang bisa membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap terkendali.

Selain itu, pisang juga membantu menstabilkan keseimbangan elektrolit tubuh. Sesuai penelitian, individu yang memiliki asupan kalium tinggi 27% lebih rentan mengalami penyakit jantung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat lainnya

3. Meningkatkan fungsi usus

Pisang bersifat prebiotik yang memiliki efek menenangkan pada usus. Pisang kaya akan pektin yang merupakan serat larut yang membantu mengurangi kadar kolesterol dan menenangkan fungsi usus.

Sifat prebiotik pisang membuatnya bertepung di alam yang membantu mengaktifkan bakteri usus yang mengarah pada produksi senyawa sehat seperti ‘asam lemak rantai pendek’.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

 

3 dari 3 halaman

Manfaat selanjutnya

4. Bermanfaat untuk ginjal

Menjadi kaya potassium, pisang akan menjaga ginjal dalam kondisi baik. Menurut penelitian, individu yang mengonsumsi pisang setidaknya 4 hingga 6 kali per minggu memiliki risiko 50% lebih rendah terkena masalah terkait ginjal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.