Sukses

Niat Serta Keutamaan Puasa Muharram yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Liputan6.com, Jakarta 1 Muharram menjadi momen yang sangat penting bagi seluruh umat muslim. Pasalnya pada waktu tersebut terdapat peristiwa penting, yaitu hijrahnya Rasulullah SAW dari kota Mekah ke Madinah. 1 Muharram dikenal juga dengan tahun baru Islam atau tahun baru Hijriah. 

Saat bulan Muharram, Allah SWT menjanjikan kepada umatnya akan pahala yang berlipat atas setiap amal yang dikerjakan seluruh umatnya. Salah satunya amalan yang bisa dilakukan ialah dengan puasa sunnah 1 Muharram.

Menurut perhitungan kalender Hijriyah, tanggal 1 Muharram 1444 Hijriah kali ini jatuh pada 30 Juli 2022. Dikutip dari NU Online, puasa Muharram ada tiga jenis.

Pertama, puasa paling utama di bulan Muharram yaitu puasa di hari kesepuluh beserta satu hari sebelum dan sesudahnya, yaitu tanggal 9 dan 11. Kedua, puasa di hari kesembilan dan kesepuluh atau yang juga disebut puasa Asyura. Ketiga, puasa di hari kesepuluh saja atau puasa Tasua.

Berikut niat puasa Muharram

Nawaitu shaumal Muharrami lilahi ta’ala. 

Artinya : Saya niat puasa Muharram karena Allah ta’ala.  

Niat puasa Tasu’a 

Nawaitu shauma Tasu’a-a lilahi ta’ala.  

Artinya : Saya niat puasa Tasu’a karena Allah ta’ala. 

Niat puasa Asyura

Nawaitu shauma Asyura-a lilahi ta’ala. 

Artinya: Saya niat puasa Asyura karena Allah ta’ala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Keutamaan Puasa Muharram

Puasa sunnah di bulan Muharram memiliki berbagai keutamaan, berikut ulasannya dikutip dari NU Online:

1. Menjadi Puasa Paling Utama

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, ia berkata: "Rasulullah SAW bersabda: Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam." (HR Muslim).

2. Mengisi Bulan Mulia

Puasa di bulan Muharram termasuk dalam keutamaan berpuasa dalam bulan-bulan mulia atau al-asyhurul hurum. Seperti dalam hadits berikut:

Diriwayatkan dari al-Bahili: Aku mendatangi Rasulullah saw, lalu berkata: Wahai Rasulullah, Aku adalah lelaki yang pernah mendatangimu pada tahun pertama? Rasulullah saw bersabda: Dulu aku tidak melihat tubuhmu lemah? Al-Bahili menjawab: Wahai Rasulullah, Aku tidak mengonsumsi makanan di siang hari, aku tidak memakannya kecuali di waktu malam. Rasulullah saw bersabda: ‘Siapa yang menyuruhmu menyiksa dirimu? Aku menjawab: Wahai Rasulullah, sungguh Aku mampu berpuasa (terus-menerus). Rasulullah saw bersabda: Puasalah bulan Sabar (Ramadhan) dan tiga hari setelahnya, dan puasalah pada bulan-bulan mulia (HR Abu Dawud, Ibnu Majah dan selainnya).

3. Seperti Berpuasa Sebulan

Puasa sehari dalam bulan Muharrram pahalanya sama dengan puasa 30 hari atau satu bulan penuh. Seperti dinyatakan dalam hadits berikut:

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: Rasulullah saw bersabda: Orang yang berpuasa pada hari Arafah maka menjadi pelebur dosa dua tahun, dan orang yang berpuasa sehari dari bulan Muharram maka baginya sebab puasa setiap sehari pahala 30 hari puasa  (HR at-Thabarani dalam al-Mu’jamus Shaghîr. Ini hadits gharîb namun sanadnya tidak bermasalah).  (Abdul Adhim bin Abdul Qawi al-Mundziri, at-Targhîbu wat Tarhîbu minal Hadîtsisy Syarîf, [Beirut, Dârul Kutubil ‘Ilmiyyah], juz II, halaman 70).

4. Melebur Dosa Setahun

Khusus puasa hari Asyura pada tanggal 10 Muharram, maka akan menjadi pelebur dosa setahun yang telah lewat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

1 Muharram 2022 Jatuh pada Tanggal 30 Juli, Yuk Ramaikan dengan Membuat Twibbon

Berikut link Twibbon Tahun Baru Islam 1444 Hijriah, 1 Muharram 2022 yang dapat dibuat dihimpun Liputan6.com dari laman www.twibbonize.com:

1. twb.nz/tahunnbaruislam1444h

2. twb.nz/tahunbaruislamm1muharram1444h

3. twb.nz/tahun-baru-islam-slab07

4. twb.nz/tahun-baru-islam-slab10

5. twb.nz/tahun-baru-islam-slab05

6. twb.nz/muharram1444hok

7. twb.nz/thbaruislam1444h2022

8. twb.nz/1muharram1444kablebak

9. twb.nz/mu1aam

10. twb.nz/bigenmitahunbaruislam2022

11. twb.nz/bantusharetahunbaruislam1444

12. twb.nz/cobentpc-muharram1444h

13. twb.nz/tahunbaruislam1444hrj

14. twb.nz/2022muharram1444

15. twb.nz/1muharram2022pwripwk02

16. twb.nz/twibbon1444hmmi

17. twb.nz/muharramtkbq

18. twb.nz/symuharram2

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.