Sukses

Top 3: Makna Wawasan Wiyata Mandala yang Jadi Materi MPLS

Liputan6.com, Jakarta - Memulai tahun ajaran baru, banyak siswa-siswi baru SMP, SMA atau SMK yang harus menjalani Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS. Salah satu materi yang diajarkan saat MPLS adalah materi tentang Wawasan Wiyata Mandala. Meski begitu masih banyak yang belum mengetahui apa itu Wawasan Wiyata Mandala.

Wawasan adalah suatu pandangan atau sikap yang mendalam terhadap suatu hakikat. Sementara itu Wiyata adalah pendidikan dan Mandala berarti tempat atau lingkungan.

Sehingga Wawasan Wiyata Mandala bisa diartikan sebagai sikap menghargai dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekolah sebagai tempat menuntut ilmu pengetahuan.

Dilansir dari laman resmi SMA Negeri 1 Purwanegara, tujuan Wawasan Wiyata Mandala adalah diharapkan agar seluruh siswa dapat berperan aktif dalam meningkatkan fungsi sekolah sebagai lingkungan pendidikan. 

Aktivitas dan kreativitas siswa pun dikatakan sangat diperlukan untuk menciptakan sekolah sebagai masyarakat belajar, tempat saling asah, asih, dan asuh yang dibimbing oleh kepala sekolah dan guru yang dapat mendorong semangat dan minat belajar. 

Artikel tentang makna wawasan wiyata mandala, materi MPLS yang perlu dipahami para pelajar menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang tujuh potret menggemaskan kucing toko kelontong ini bakal cerahkan harimu.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang dokter di Bali laporkan kasus langka penis patah usai bercinta, gegara posisi wanita di atas.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Makna Wawasan Wiyata Mandala, Materi MPLS yang Perlu Dipahami Para Pelajar

 

Hal yang sangat penting bagi siswa adalah dapat mendudukkan dan menempatkan diri sesuai dengan fungsinya sebagai warga wiyata. Peserta didik akan diberikan pengetahuan mengenai arti dan makna wawasan wiyata mandala itu sendiri, unsur-unsur wiyata mandala juga dibahas lengkap pada materi tersebut.

Selain itu, pemateri juga akan memberikan pengetahuan mendalam mengenai sekolah dan fungsinya, supaya peserta didik paham tujuan mereka berangkat ke sekolah setiap hari untuk apa saja. Hal tersebut berguna untuk mengurangi tingkat kemalasan peserta didik dan membuat peserta didik memiliki tujuan yang jelas ketika mereka berangkat ke sekolah.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

2. 7 Potret Menggemaskan Kucing Toko Kelontong Ini Bakal Cerahkan Harimu

Saat Anda berbelanja di toko kelontong kecil, cobalah untuk lebih memerhatikan isi toko tersebut. Jika Anda beruntung, Anda dapat menemukan kucing yang seringkali dimiliki pemilik toko. Di luar negeri, toko kelontong kecil tersebut biasa disebut bodega. Dan kucing pemilik toko tersebut dinamakan kucing bodega.

Di media sosial, akun Bodega Cats menjadi tempat bagi orang-orang yang mengambil foto kucing bodega untuk kemudian dibagikan. Proyek media sosial Bodega Cats didedikasikan untuk jenis kucing toko sudut yang unik ini dan mengumpulkan semua penampakan berbulu yang terlihat di bodega di seluruh dunia. Dengan 1M pengikut di Twitter dan 421k pengikut di Instagram, akun itu telah memperoleh pengikut yang begitu banyak.

Tidak jarang, kucing yang Anda temukan di toko kelontong itu mengeong ke arah Anda.Menurut Trudi Atkinson, ahli perilaku hewan klinis dan penulis buku, mengeong diarahkan pada manusia dan bukan kebetulan.

Lebih lanjut, Atkinson menjelaskan tentang mekanisme kompleks mengapa dan bagaimana kucing mengeong, dan beberapa hal yang sangat menarik. Pertama, “meong adalah vokalisasi yang tampaknya digunakan terutama dalam komunikasi yang diarahkan pada manusia dan jauh lebih sedikit dalam komunikasi antar kucing (walaupun mereka menggunakan banyak vokalisasi lain seperti kicau ramah dan geraman yang tidak begitu ramah saat berkomunikasi satu sama lain) ,” jelas Atkinson.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Dokter di Bali Laporkan Kasus Langka Penis Patah Usai Bercinta, Gegara Posisi Wanita di Atas

Seorang pria di Bali mengalami penis patah saat bercinta dengan istrinya. Pria 44 tahun yang tak disebutkan namanya itu mendengar bunyi 'krek' saat pasangannya dalam posisi di atas, itu kemudian disusul rasa sakit yang menyiksa.

Pria itu disebutkan tidak langsung menuju rumah sakit, namun malah menunggu tiga jam sebelum akhirnya menjadi khawatir ketika penisnya membengkak dan darah mulai keluar dari ujungnya.

Di rumah sakit, dokter yang memeriksa melihat pengelupasan kulit pada penis pria itu dan segera memeriksa luka-lukanya. Petugas medis juga mencoba memasukkan kamera fleksibel tipis ke penisnya untuk mengamati kerusakan.

Mereka menemukan fraktur atau patahan 3 cm di jaringan spons di batang penis yang membengkak dengan darah saat ereksi. Insiden itu juga memecahkan uretra pria itu sebab petugas medis menemukan tabung di dalam penis yang memungkinkan urin keluar dari tubuh, telah pecah.

Setelah dijahit kembali, pria itu diberikan obat-obatan untuk memastikan tidak ada darah yang keluar dan penisnya dibalut dengan hati-hati.

Setelah periode 21 hari, pria berusia 44 tahun itu dilaporkan sembuh total dan mampu mempertahankan ereksi dan buang air kecil secara normal.

Kisah itu dilaporkan dalam International Journal of Surgery Case Reports oleh petugas medis dari Rumah Sakit Umum Sanglah.

Selengkapnya...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS