Sukses

Gatal hingga Kembung, 6 Tanda Penyakit Hati Berlemak Ini Patut Anda Waspadai

Liputan6.com, Jakarta Sirosis dapat menyebabkan gagal hati, yang pada akhirnya akan menyebabkan hati berhenti bekerja. Ini mengakibatkan konsekuensi yang menghancurkan dan berpotensi mengancam jiwa.

Kondisi ini biasanya memakan waktu bertahun-tahun untuk mencapai tahap ini, dan sementara pengobatan dapat membantu memperlambat perkembangannya, saat ini tidak ada obat yang tersedia.

Di Inggris, sebagian besar penyebab sirosis hati adalah karena minum alkohol berlebihan selama bertahun-tahun, terinfeksi hepatitis dalam jangka waktu yang lama, dan steatohepatitis non-alkohol, yang merupakan bentuk penyakit hati berlemak non-alkohol yang lebih parah.

Gejalanya mungkin tidak terlihat pada tahap awal sirosis, namun, saat liver menjadi lebih rusak, enam tanda yang tidak biasa mungkin terlihat.

Menurut Crossroads Hospice, ketika penyakit hati seseorang mencapai sirosis, kerusakannya menjadi ireversibel dan merupakan diagnosis terminal.

Ketika hati rusak oleh sirosis, hati tidak mampu membersihkan racun dari darah sebaik hati yang sehat. Racun ini kemudian menumpuk di otak yang menyebabkan kebingungan mental dan kesulitan berkonsentrasi.

Orang dengan sirosis memiliki harapan hidup antara enam dan 20 tahun, menurut Medicine.net. Berikut ini tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda mungkin mengalami sirosis:

  • Kelelahan
  • Kehilangan selera makan
  • Kelemahan
  • Mual dan muntah
  • Sakit perut dan kembung
  • Gatal

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara mencegah penyakit hati berlemak

NHS menjelaskan bahwa ketika penyedia layanan kesehatan membahas sirosis biasanya menunjukkan "penyakit hati stadium akhir".

Diagnosis lebih lanjut mengkonfirmasikan hal ini akan mencakup tes darah, scan dan biopsi hati. Jika sirosis ditentukan maka Anda mungkin dirujuk ke ahli hepatologi.

Saat ini tidak ada obat untuk kerusakan hati yang luas, jadi pengobatan akan berfokus terutama pada membantu mengelola gejala dan mencoba memperlambat perkembangan penyakit.

Dengan melihat tanda-tanda sebelum kondisi Anda menjadi sirosis, Anda bisa menuju hati yang lebih sehat. Hal ini dapat dicapai dengan makan makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur.

“Cobalah untuk memiliki diet seimbang yang tinggi buah-buahan, sayuran, protein, dan karbohidrat, tetapi rendah lemak, gula, dan garam,” saran NHS."

Badan kesehatan nasional menambahkan: “Makan porsi kecil makanan dan minum air putih daripada minuman manis."

"Jika Anda merokok, berhenti merokok dapat membantu mengurangi risiko masalah Anda."

 

3 dari 5 halaman

Waspada minuman beralkohol

Sementara itu, memastikan Anda minum alkohol dalam pedoman yang direkomendasikan juga akan membantu mengurangi sejumlah kondisi.

Para ahli menyatakan tidak ada tingkat minum yang benar-benar aman, namun tetap berpegang pada pedoman berfungsi sebagai patokan dan menurunkan risiko membahayakan kesehatan Anda.

Disarankan untuk minum tidak lebih dari 14 unit alkohol per minggu, yang dapat disebarkan selama tiga hari atau lebih.

Ini setara dengan kira-kira enam gelas anggur sedang atau enam pint bir.

4 dari 5 halaman

Viral Dokter Sarankan Pasangan Suami-Istri Tidur di Ranjang Terpisah untuk Dapatkan Istirahat Terbaik

Seorang dokter telah menyarankan pasangan untuk tidak tidur bersebelahan di ranjang yang sama jika mereka ingin mendapatkan tidur malam yang baik. Ia juga memperingatkan efek merusak berbagi tempat tidur pada kesehatan seseorang. 

Menurut Dr Karan Rajan, jika pasangan Anda terlalu banyak bergerak saat tidur - atau jika mereka mendengkur - kemungkinan besar ini akan mencegah Anda memasuki tidur REM (rapid eye movement) yang merupakan tahap terdalam dari siklus tidur.

Mengingat betapa pentingnya kualitas tidur bagi kesehatan dan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan, kekurangan tidur dapat memiliki dampak fisik dan psikologis yang serius.

Menurut Dr Rajan, tidak semua orang memiliki siklus tidur yang sama, yang berarti satu pasangan mungkin kurang tidur secara kronis, sementara yang lain cukup istirahat, atau sebaliknya.

Tidur di tempat tidur terpisah tampaknya juga merupakan ide yang baik karena pemicu yang membantu orang tertidur, termasuk suhu tubuh.

Tertidur di samping orang lain meningkatkan panas tubuh, dan itu dapat menyebabkan seseorang kurang istirahat di malam hari.

5 dari 5 halaman

Respons netizen

Dalam video TikTok yang dibagikan kepada 4,8 juta pengikutnya, Dr Karan, yang bekerja sebagai ahli bedah dan dosen di Universitas Sunderland, mengatakan: "Salah satu pemicu yang Anda butuhkan untuk bisa tertidur, adalah penurunan suhu inti tubuh. Berbagi tempat tidur meningkatkan panas tubuh sehingga Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur."

Video viral sejak itu telah dilihat lebih dari 242.500 kali, mencatat lebih dari 25.000 suka dan terus bertambah.

Netizen, tentu saja, agak terpecah belah karena nasehat dari Dr Karan. Sementara beberapa orang menyukai ide tidur dengan ranjang terpisah, yang lain tidak bisa membayangkan tertidur tanpa pasangannya di sisi mereka.

Satu orang yang sudah menikah menyetujui, menulis: "Suami saya dan saya memiliki jadwal dan gaya tidur yang sama sekali berbeda, kami telah tidur secara terpisah selama delapan tahun, kami menyukainya!"

Yang lain setuju: "Pasca-perceraian, tidur TERBAIK dalam hidupku!"

Namun, orang ketiga tidak setuju, dengan alasan bahwa mereka "sangat menyukai pelukan", sementara orang lain bercanda, "Katakan itu pada pasangan saya yang manja."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS