Sukses

7 Makanan Tinggi Serat dan Rendah Karbohidrat Ini Dapat Bantu Turunkan Berat Badan

Berikut ini makanan yang tinggi serat dan rendah karbohidrat untuk bantu turunkan berat badan

Liputan6.com, Jakarta Sama pentingnya dengan berolahraga secara teratur, begitu pula dengan menjaga pola makan yang sehat. Apa yang Anda makan dan berapa banyak yang Anda makan tidak hanya memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi juga membantu melacak proses penurunan berat badan Anda.

Karena itu, makanan yang tinggi serat dan rendah karbohidrat adalah salah satu yang terbaik untuk dimasukkan dalam diet penurunan berat badan Anda. Selain menjaga kesehatan jantung dan pencernaan Anda, mereka juga meningkatkan rasa kenyang, mengekang keinginan untuk mengidam makanan yang tidak sehat.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, berikut adalah daftar makanan tinggi serat dan rendah karbohidrat untuk ditambahkan ke dalam diet Anda.

1. Biji rami dan chia

Dikemas dengan nutrisi, baik biji rami dan biji chia tinggi serat dan rendah karbohidrat bersih yang dapat dicerna. Selain itu, biji chia adalah salah satu sumber tanaman asam lemak omega-3 yang paling terkenal. Biji rami juga mengandung asam lemak omega-3 bersama dengan antioksidan.

2. Buah beri

Mereka yang memperhatikan asupan karbohidrat mereka dapat memilih buah beri termasuk blackberry dan raspberry. Buah beri adalah sumber yang kaya serat, vitamin C, dan polifenol antioksidan yang membantu mengurangi risiko peradangan kronis, penyakit jantung, dan jenis kanker tertentu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Brokoli

Dibandingkan dengan kebanyakan sayuran, brokoli memiliki salah satu kandungan serat tertinggi dan juga kaya akan beberapa vitamin dan mineral penting, termasuk folat, kalium, dan vitamin C dan K. Brokoli rendah karbohidrat dan kalori, yang membuatnya bagus untuk menurunkan berat badan.

4. Kembang kol

Kebanyakan diet rendah karbohidrat seperti keto memasukkan kembang kol sebagai salah satu makanan yang paling penting. Ini adalah sayuran silangan yang rendah kalori dan tinggi serat, vitamin dan mineral. Selain itu, ini adalah sumber kolin yang luar biasa, nutrisi penting yang diperlukan untuk kesehatan otak dan hati, bersama dengan metabolisme dan sintesis DNA.

5. Alpukat

Alpukat sangat sehat. Mereka kaya akan lemak sehat dan merupakan sumber serat, folat, kalium, dan vitamin K dan C yang baik. Ini memiliki jumlah karbohidrat yang sangat rendah, yang sangat bagus untuk orang yang mengikuti diet rendah karbohidrat dan tinggi serat.

 

3 dari 5 halaman

6. Almond

 

Seperti yang kita semua tahu, kacang sangat bagus untuk tujuan ngemil, terutama saat Anda mencoba menurunkan berat badan. Almond khususnya adalah salah satu kacang pohon paling populer di dunia. Mereka sangat kaya serat, protein, lemak sehat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral penting yang bagus untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

7. Wheat bran

Wheat bran sangat kaya serat dan memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Sekitar 1/2 cangkir wheat bran mentah memiliki 6 gram karbohidrat dan 12 gram serat. Oleh karena itu, mengkonsumsi wheat bran tidak hanya membuat Anda kenyang dan kenyang, tetapi juga membantu mengekang mengidam makanan yang tidak sehat.

4 dari 5 halaman

Ketahui 4 Bahaya Menggunakan Minyak Goreng Berulang Kali

Kebiasaan menggunakan minyak goreng berulang kali sangat beracun bagi kesehatan karena membawamu dekat dengan berbagai masalah kesehatan.

Untuk itu, ketahui apa saja bahaya menggunakan minyak goreng berulang kali bagi kesehatan, seperti melansir dari Pinkvilla, Selasa (17/5/2022).

1. Menyebabkan toksisitas dalam tubuh dan meningkatkan kemungkinan gangguan jantung dan kognitif

Ketika minyak yang sudah digunakan dipanaskan lagi, ia akan mengeluarkan konsentrasi yang lebih tinggi dari berbagai bahan kimia beracun seperti Aldehida yang terkait dengan berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit yang berhubungan dengan jantung, masalah kognitif seperti demensia, Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Demikian juga zat beracun lain yang dilepaskan saat minyak dipanaskan kembali adalah 4-hydroxy-trans-2-nominal (HNE) yang bersifat racun dan cukup toksik bagi tubuh serta bisa menghambat fungsi DNA, RNA dan protein tubuh.

2. Meningkatkan risiko peradangan dan kanker

Karsinogen adalah zat yang berhubungan dengan pembentukan kanker dalam tubuh. Pemasan ulang minyak goreng meningkatkan zat berbahaya di dalamnya seperti hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dan aldehida yang terkait dengan risiko tinggi kanker dan peradangan dalam tubuh.

Selain itu, jika Anda telah mengalami peradangan tinggi untuk jangka waktu yang lama, penyebabnya yakni mengosumi minyak goreng yang buruk atau digunakan kembali.

5 dari 5 halaman

3. Membuka jalan bagi kadar kolesterol LDL (jahat)

Saat memasak minyak pada suhu tinggi, beberapa lemak diubah menjadi lemak trans. Dan ketika minyak hitam asap ini dihangatkan kembali, ia bahkan melepaskan lemak trans dalam jumlah lebih tinggi yang sangat buruk bagi kesehatan secara keseluruhan.

Mengikuti proses yang sama untuk jangka waktu yang lebih lama menyeretmu mendekati komplikasi kesehatan seperti stroke, obesitas, nyeri dada, sakit perut, gangguan pencernaan dan bahkan penyakit jantung karena konsumsi lemak trans yang tinggi meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

4. Memberimu keasaman dan sensasi terbakar

Menggunakan kembali minyak goreng menyebabkan proses beracun yang dikenal sebagai ketengikan. Setelah sedikit terpapar kelembaban, udara atau cahaya, minyak mengalami oksidasi tidak lengkap atau lengkap dan proses ini dikenal sebagai ketengikan.

Setiap kali minyak melewati proses pemanasan, partikel-partikelnya bisa memodifikasi dan menempelkan rasa dan bau yang tidak enak pada minyak dan makanan yang dimasak di dalamnya.

Konsumsi minyak dan makanan tersebut bisa meningkatkan risiko keasaman, sensasi terbakar di perut, masalah tenggorokan dan banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.