Sukses

Deretan Fakta Kasus Wanda Hamidah yang Dipolisikan oleh Mantan Suami

Liputan6.com, Jakarta Artis dan mantan politikus Wanda Hamidah tengah terlibat masalah hukum. Wanita 44 tahun itu baru saja dilaporkan ke polisi oleh mantan suaminya, Daniel Patrick Hadi Schuldt, dengan sejumlah pasal.

Daniel melaporkan Wanda Hamidah dengan dugaan melakukan perusakan rumah hingga penistaan. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Depok, AKBP Yogen Heroes Baruno.

"Kita menerima laporan dari seseorang terkait masalah yang kita kenakan pasal 167, 406, dan 335 ayat 2. Jadi (Wanda Hamidah) memasuki pekarangan merusak rumah, dan melakukan penistaan," kata Yogen dikutip dari YouTube KH Infotainment.

Polisi langsung memeriksa Daniel terkait laporannya terhadap Wanda Hamidah. Keterangan Daniel kemudian dibuatkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP)

"Sementara masih kita terima laporannya, sudah kita berita acara dari saksi korban maupun saksi yang lain," Yogen membeberkan.

Pihak kepolisian dikatakan akan terus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi untuk memperkuat laporan mantan suami Wanda Hamidah. Berikut deretan fakta terkait kasus Wanda Hamidah yang dipolisikan oleh mantan suami, Daniel Patrick Hadi Schuldt:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Kronologi

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Depok, AKBP Yogen Heroes Baruno, pun membeberkan penyebab Daniel Patrick Hadi Schuldt melaporkan mantan istrinya, Wanda Hamidah, ke polisi.

Menurut Yogen, semua bermula dari proses pengembalian hak asuh anak mereka, Malakai Ali Schuldt, pada 15 Mei 2022, malam. Dari keterangannya, Daniel seharusnya mengembalikan Malakai ke rumah Wanda Hamidah. Daniel pun mengaku telah menepati janji untuk mengantarkan putranya ke rumah sang mantan istri. Namun, ketika sampai di rumah wanita 44 tahun itu, yang bersangkutan tak ada di rumah.

"Sudah diantarkan tapi terlapor (Wanda Hamidah) tidak ada, kemudian dibawa kembali oleh pelapor (Daniel)," terang Yogen seperti dikutip saluran YouTube KH Infotainment, Selasa, 17 Mei 2022.

Namun ketika kembali dan mendapati sang anak tak ada di rumah, Wanda langsung menyatroni kediaman Daniel. Namun di rumah Daniel, Wanda diduga melakukan perusakan hingga penistaan. 

"Terlapor diduga masuk ke pekarangan, merusak rumah, dan melakukan penistaan," Yogen menambahkan. Yogen juga mengungkapkan, sudah mengumpulkan alat bukti dugaan Wanda Hamidah melakukan perusakan rumah mantan suaminya itu. 

"Ada pecah kaca, kaca dipecahkan," Yogen membeberkan. Saat ini, polisi masih terus melakukan pemeriksaan terhadap laporan yang dibuat mantan suami Wanda Hamidah.

Jika terbukti bersalah nantinya mantan anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta tahun 2009 ini berpeluang terkena jerat hukum mulai dari delapan bulan hingga satu tahun penjara.

3 dari 5 halaman

Beri Klarifikasi

Terkait pemberitaan yang beredar, Wanda Hamidah tak tinggal diam. Dia pun akhirnya buka suara. Melalui akun Instagramnya ia mengunggah video klarifikasi terkait kejadian yang membuat dirinya dilaporkan ke polisi oleh mantan suaminya sendiri.

"Selamat siang untuk teman-teman media yang beberapa hari ini menghubungi saya. Sebenarnya saya tidak bisa untuk melakukan atau membawa hal yang bersifat privat ke ranah publik," Ucap Wanda Hamidah dikutip dari Instagram, Rabu (18/5/2022).

"Dalam hal ini saya sudah dilaporkan dan menjadi konsumsi media yang tidak dijelaskan secara utuh dan hanya satu pihak," sambungnya.

Wanda Hamidah pun menjelaskan permasalahan yang dialami. Awalnya ia memberikan waktu kepada Daniel untuk bertemu dengan anaknya Malakai selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu. Namun hingga Minggu malam Daniel belum juga memulangkan Malaika kepadanya sebagai pemegang hak penuh perwalian anak keenamnya.

"Yang terjadi adalah Malakai tidak dikembalikan kepada saya. Hal itu membuat saya panik, dan saya marah sekali bahkan ayahnya Malakai berusaha menghilangkan jejak. Karena ketika saya datangi rumah yang lama dia sudah tidak ada di rumah yang lama. Ketika saya menanyakan rumah yang baru dengan maksud untuk menjemput Malakai," jelasnya.

Namun ketika menyambangi rumah Daniel, Wanda Hamidah mengaku tidak disambut dengan baik oleh Daniel, padahal ingin menjemput anaknya.

"Tapi, yang terjadi sebaliknya saya tidak disambut dengan baik. Saya panik, saya frustasi, saya marah, setelah kerja dua hari syuting dan rindu sekali dengan anak saya...," ucap Wanda Hamidah bergetar menahan tangis.

"Lelah juga, saya syuting di Puncak, saya 4 jam 5 jam dari Puncak menuju Jakarta, lelah dan kangen ingin bertemu anak saya. Saya menerobos masuk dan tidak dibukakan pintu. Benar saya merusak pintu dan jendela karena rasa frustasi saya, kerinduan saya, kemarahan saya, dan saya tidak bisa bertemu anak saya," jelas Wanda Hamidah.

4 dari 5 halaman

Mengaku Lakukan Pengrusakan

Dia pun tak mengelak dan membenarkan telah merusak pintu dan jendela rumah Daniel Patrick. “Karena saya tidak dapat bertemu dengan anak saya dan anak saya tidak dikembalikan kepada saya sebagai ibu yang mempunyai hak perwalian,” urainya.

Sebelum insiden itu terjadi, Wanda Hamidah sempat mengontak Daniel Patrick untuk minta alamat rumah yang baru. Namun, teleponnya tidak diangkat. Akhirnya, Wanda Hamidah pun merasa frustasi dan marah. 

Saya ingin bertanya kepada teman-teman sekalian. Jika teman-teman seorang perempuan dan seorang ibu, apa perasaan teman-teman ketika tidak dapat bertemu dengan anaknya bahkan dipisahkan oleh anaknya,” tanya Wanda Hamidah.

Kalau teman-teman seorang laki-laki yang tentunya pernah menjadi seorang anak, apa perasaan teman-teman ketika dipisahkan dari ibunya? Itu yang saya rasakan pada malam hari itu,” ia menyambung.

5 dari 5 halaman

Beri Pesan kepada Sang Anak

Masih melalui unggahan videonya di Instagram, selebritis yang pernha terjun ke dunia politik itu menyampaikan salamnya buat sang buah hati, Malakai. Dia mengaku bahwa, ia dan anak-anaknya yang lain sangat merindukan Malakai.

"Untuk Malakai kalau Malakai melihat ini, we miss you so much. ibu abang dan kaka kangen sekali dangan Malakai," ujar Wanda Hamidah sambil meneteskan air mata dikutip dalam Instagramnya, Rabu (18/5/2022).

Wanda Hamidah berharap Malakai bisa kembali berada dalam dekapannya. Dirinya juga ingin anaknya bisa kembali bersekolah dan melakukan aktifitasnya seperti sedia kala.

"Mudah mudahan malakai bisa kembali dengan ibu kembali kepangkuan ibu dan bisa kembali sekolah, mendapatkan hak malaikai mendapatkan hak pendidikan dan malakai bertemu dengan guru-guru dan teman-teman Malakai dan bisa melakukan kegiatan Malakai, mengaji, basket, taikondow, we miss you," jelasnya.