Sukses

Kenali Sejak Dini, 8 Gejala Kanker Pada Pria yang Sering Diabaikan

Seringkali gejala kanker menyerupai tanda penyakit lain yang tidak mengancam, yang bisa menyebabkan keterlambatan diagnosis.

Liputan6.com, Jakarta - Kanker menjadi penyakit kronis yang bisa dialami siapa saja. Tergantung pada usia, gen dan kebiasaan gaya hidup seseorang, kemungkinan kanker bisa meningkat.

Melansir dari Times of India, Jumat (13/5/2022), menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia. Sementara kanker payudara, kolorektal, paru-paru, serviks, dan tiroid umum terjadi pada wanita. Sementara kanker paru-paru, prostat, kolorektal, lambung dan hati adalah jenis kanker pada pria.

Seringkali gejala kanker menyerupai tanda penyakit lain yang tidak mengancam, yang bisa menyebabkan keterlambatan diagnosis. Untuk itu, ketahui gejala kanker yang cenderung diabaikan pria berikut ini.

1. Perubahan pada kulit

Kanker kulit bisa mempengaruhi pria dan wanita secara berbeda. Meskipun tampak lebih umum pada wanita, menurut American Academy of Dermatology Association, pria lebih mungkin meninggal karena melanoma daripada wanita.

Jadi sangat penting untuk memperhatikan setiap perubahan pada kulit, karena bisa lebih dari sekedar terbakar sinar matahari.

Jika Anda melihat pendarahan yang tidak biasa, penskalaan atau luka atau menemukan munculnya kutil, tahi lalat dan bintik-bintik secara tiba-tiba, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

2. Sulit buang air kecil

Kesulitan buang air kecil menandakan beberapa masalah kesehatan. Namun, jika disertai dengan darah dalam urin atau air mani, rasa sakit dan ketidaknyamanan dan jika Anda mengalami disfungsi ereksi, maka bisa menjadi tanda kanker prostat, yang bisa mengancam jiwa jika tidak ditangani tepat waktu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Batuk

Batuk kronis dan terus-menerus bisa berarti banyak hal. Tapi jika berlangsung selama tiga minggu atau lebih tanpa gejala pilek atau alergi lainnya, itu bisa mengindikasikan kanker paru-paru.

Jika Anda memiliki gejala tambahan seperti mengi, sesak napas, suara serak atau jika Anda batuk darah, segera hubungi dokter.

4. Luka mulut

Banyak individu yang memiliki luka yang menyakitkan di mulut, tapi seiring waktu akan sembuh dengan sendirinya.

Namun, jika Anda mengalami luka atau lecet di dalam mulut yang tidak kunjung sembuh, menyebabkan rasa sakit yang terus-menerus, menyebabkan pembengkakan dan/atau mati rasa, maka itu bisa menjadi tanda kanker mulut tertentu.

Individu yang merokok harus lebih waspada dengan tanda-tanda ini dan harus segera konsultasi ke dokter.

5. Kesulitan menelan

Tenggorokan yang sakit pasti menjadi lebih umum dengan virus yang beredar di antara kita. Tapi jika itu berkepanjangan dan bertahan selama atau beberapa minggu, memburuk dan membuatmu sulit menelan makanan, maka periksakan dirimu untuk tenggorokan, perut atau kanker paru-paru.

6. Tinja berdarah

Darah dalam tinja Anda bisa berarti fisura anus atau wasir, yang bisa diobati dan tidak mengancam jiwa. Namun, jika tinja berdarah disertai dengan perubahan kebiasaan buang air besar yang terus-menerus atau ketidaknyamanan perut yang berkepanjangan, itu bisa menjadi tanda kanker usus besar.

Pastikan Anda melakukan pemeriksaan rutin setiap kali Anda mengalami tanda-tanda ini.

3 dari 3 halaman

7. Penurunan berat badan secara tiba-tiba

Banyak faktor yang bisa memengaruhi berat badanmu. Namun, penurunan berat badan yang tidak disengaja atau tidak bisa dijelaskan bisa mengkhawatirkan. Ini biasa menunjukkan diabetes, tiroid yang terlalu aktif, penyakit radang usus dan banyak penyakit lainnya.

Tapi salah satu penyebab yang paling mengkhawatirkan adalah berbagai jenis kanker. Jika Anda tidak melakukan perubahan diet atau rutinitas olahragamu, tapi masih kehilangan berat badan, segera konsultasikan ke dokter.

8. Kelelahan terus menerus

Kelelahan bisa menjadi tanda dari hampir semua penyakit. Bahkan infeksi flu biasa bisa membuatmu kehilangan energi untuk melakukan rutinitas harianmu.

Namun, jika Anda telah lelah selama lebih dari sebulan atau tiba-tiba merasakan sesak napas, segera kunjungi dokter untuk dapatkan diagnosis yang tepat.

Para ahli percaya kelelahan yang terus-menerus bisa menjadi tanda leukemia dan limfoma.

9. Perubahan testis

Pria harus secara teratur memeriksakan testinya untuk setiap perubahan dalam ukuran, warna atau tekstur. Sama seperti wanita yang diminta untuk sering memeriksa payudaranya sendiri, pria juga harus melakukan hal yang sama dengan testisnya.

Jika Anda menemukan salah satu atau kedua testis telah tumbuh dalam ukuran atau jika Anda merasakan benjolan, Anda tidak boleh mengabaikannya dan segera berkonsultasi ke medis. Bisa jadi itu adalah gejala kanker testis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.