Sukses

4 Tanda Anda Menggosok Gigi Terlalu Keras dan 4 Cara Mengatasinya

Berikut ini beberapa tanda Anda menggosok gigi terlalu keras dan cara mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang berpikir bahwa untuk menghilangkan plak dari gigi mereka, mereka harus menyikat gigi dengan sangat keras. Namun, ini jauh dari kebenaran karena plak sangat lembut, Anda bisa menghapusnya dengan selembar kain.

Alasan Anda membutuhkan sikat gigi hanyalah karena kain tidak dapat menjangkau seluruh sudut mulut Anda. Jadi bukan banyak tekanan yang Anda butuhkan, melainkan menyikat secara menyeluruh di mana-mana di sekitar mulut Anda.

Berikut ini beberapa tanda paling umum dari menyikat gigi yang berlebihan bersama dengan 4 cara efektif untuk mengatasi masalah tersebut seperti dihimpun dari Brightside.me.

MASALAH

1. Gusimu mulai surut

Masing-masing dan setiap gigi kita dilindungi oleh email, yang bisa sangat rusak karena menyikat gigi secara berlebihan. Dan dengan merusak email, gusi kita mungkin mulai menyusut, membuat akar gigi kita terancam bahaya besar.

Jika gigi Anda mencapai titik itu, Anda mungkin perlu menambahkan tambalan, saluran akar, atau bahkan mencabut gigi yang sudah tidak sehat lagi. Menurut dokter gigi, sekitar 10% -20% dari populasi di seluruh dunia mengalami kerusakan gusi akibat menyikat gigi secara berlebihan.

2. Gigimu terlalu sensitif

Mirip dengan gusi yang surut, gigi bisa menjadi sensitif ketika email terkikis. Itu hanya karena akar gigi Anda dibiarkan tidak terlindungi dan, oleh karena itu, saraf mereka terpukul. Jika Anda merasa sangat sulit untuk minum minuman yang sangat panas atau sangat dingin dan menggigit makanan keras, maka Anda perlu mengunjungi dokter Anda. Anda juga harus mulai menyikat gigi dengan cara yang lebih tenang dan lembut.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Bulu sikat gigi Anda terlihat usang

Abrasi sikat gigi adalah penyebab paling umum dari abrasi gigi, artinya banyak orang menyikat gigi dengan cara yang salah. Entah karena mereka menyikat terlalu keras atau mereka menggunakan sikat gigi berbulu keras, dan ini merusak gigi. Jadi, jika sikat gigi Anda sepertinya perlu diganti setiap beberapa minggu, maka Anda menggunakannya terlalu keras. Ya, Anda perlu menggantinya setiap 3-4 bulan, tetapi seharusnya masih terlihat cukup sehat.

4. Gigi di dekat gusi Anda tidak terlalu cerah atau berkilau

Alasan mengapa gigi sedikit lebih gelap di bawah gusi Anda adalah karena tidak dilindungi oleh email apa pun. Itu sebabnya ketika gusi Anda mulai surut, gigi yang terlihat dari bawah lebih kuning atau berwarna lebih gelap. Tanpa memiliki enamel untuk melindunginya, mereka terpapar semua jenis kuman dan bakteri. Dengan demikian, masalahnya menjadi lebih dalam, membahayakan seluruh kesehatan gigi Anda.

 

3 dari 4 halaman

SOLUSI

1. Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut

Bukan hanya kecepatan menyikat gigi, tetapi juga kualitas sikat gigi yang merusak gigi. Memilih bulu sikat yang lembut adalah langkah pertama, maka Anda harus mempertimbangkan kembali metode menyikat Anda. Anda harus menjaga sikat gigi Anda pada sudut 45 derajat dan mulai menyikat dengan lembut bolak-balik. Anda dapat mencoba memegangnya dengan tangan yang tidak dominan sehingga tekanan yang Anda berikan berkurang.

2. Gunakan sikat gigi elektrik

Salah satu fitur luar biasa dari banyak sikat gigi adalah mereka memberi tahu Anda saat Anda memberikan terlalu banyak tekanan. Lampu di atasnya akan berubah dari hijau menjadi merah, dan akan mulai mengeluarkan suara yang berbeda, mirip dengan peringatan. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa saat Anda menyikat, lampu tetap hijau, memberi tahu Anda untuk menerapkan jumlah tekanan yang benar. Namun, tidak semua sikat gigi elektrik memiliki sensor ini, yang berarti Anda harus mencentang kotaknya terlebih dahulu.

 

4 dari 4 halaman

3. Pegang sikat gigi Anda hanya dengan 3 jari

Memegang sikat gigi seperti pena akan membantu Anda memberikan tekanan yang tepat pada gigi Anda. Ini karena Anda dapat dengan mudah mengontrol kekuatan yang Anda berikan pada tangan Anda. Sebaliknya, saat Anda memegang sikat gigi dengan kepalan tangan, Anda dapat dengan mudah kehilangan jejak kekuatan dan sikat gigi yang berlebihan. Bukan tekanan yang akan membersihkan gigi Anda — bulu sikat harus bisa masuk di antara semua gigi, menghilangkan plak dan bakteri lainnya.

4. Pastikan pasta gigi Anda rendah abrasif

Kita perlu pasta gigi kita cukup abrasif sehingga bisa berfungsi dan membersihkan gigi kita sebagaimana mestinya. Namun, pasta gigi abrasif tinggi tidak lebih dari itu dan menghilangkan enamel dari gigi kita. Alih-alih membaca label dan mencari tahu seberapa abrasif bahan-bahannya, ada trik lain yang bisa Anda gunakan.

Cukup ambil selembar kertas timah dan gosokkan sedikit pasta gigi Anda di atasnya. Kemudian bilas dengan banyak air dan lihat apakah ada goresan yang tertinggal di kertas timah. Jumlah goresan akan menunjukkan seberapa abrasif pasta gigi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.