Sukses

Alat Sholat hingga Parfum, Ini 5 Inspirasi Hampers Lebaran yang Bermanfaat

Berikut ini adalah deretan ide hampers lebaran unik yang bisa Anda berikan kepada orang tercinta.

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa dalam hitungan hari kita akan menyambut lebaran. Ya, setelah sebulan penuh berpuasa, umat muslim di seluruh dunia akan menyambut hari kemenangan yaitu Hari Raya Idul Fitri. Lebaran tentu menjadi momen yang dinantikan bagi seluruh umat muslim.

Umumnya di hari lebaran, umat muslim akan bertemu dengan keluarga atau sanak saudara dan kerabat untuk bersilaturahmi dan saling bermaafan.

Tapi sayangnya di tengah pandemi Covid-19 ini, tentu banyak orang yang membatasi aktivitas di luar rumah terlebih aktivitas untuk bertemu orang banyak. Nah, lantaran tak dapat bertemu langsung, kini banyak individu yang mengirimkan bingkisan berupa hampers atau parsel kepada orang tercinta.

Biasanya dulu orang mengirimkan hampers berupa kue kering, sembako, buah hingga camilan. Namun saat ini tak sedikit orang yang memberikan hampers lebaran dalam bentuk lain selain makanan. Bahkan kini telah banyak hampers yang sangt unik. Meski begitu, isi hampers tersebut tentu masih berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Nah, berikut ini beberapa ide hampers lebaran unik yang bisa Anda berikan kepada orang tercinta:

1. Alat Sholat

Inspirasi hampers lebaran unik pertama yang bisa kalian berikan kepada keluarga atau kerabat adalah alat sholat. Alat sholat sendiri menjadi sebuah kebutuhan penting bagi seluruh umat muslim.

Terlebih lagi alat sholat tersebut bisa digunakan saat sholat Id di hari lebaran. Tak hanya mukena, hampers Lebaran yang berisi alat sholat ini juga bisa dilengkapi dengan sajadah, tasbih, kerudung, peci, dan sarung.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ide Hampers Selanjutnya

2. Parfum

Inspirasi hampers lebaran unik selanjutnya adalah hampers parfum. Tentunya hampers ini cukup unik dan juga anti mainstream. Seperti yang kita tahu parfum bisa menjadi hal yang penting bagi sebagian besar orang. Terlebih lagi parfum akan sangat bermanfaat saat momen lebaran.

3. Lilin aromaterapi

Ide hampers unik selanjutnya yakni lilin aromaterapi. Lilin aromaterapi akan menjadi pilihan hampers yang unik dan juga berkesan.

Lilin aromaterapi bisa membantu menghilangkan penat usai seharian beraktivitas. Sebelum memberikan hampers lilin aromaterapi, ada baiknya kalian cari tahu dulu wangi dan aroma apa yang disukai oleh rekan atau kerabatmu ya.

4. Peralatan makan

Peralatan makan akan menjadi pilihan ide hampers unik selanjutnya. Semua orang tentu akan membutuhkan alat makan. Itu mengapa kalian bisa memasukkannya ke dalam list hampers lebaran. Kalian bisa memilih peralatan makan yang elegan untuk dijadikan hampers lebaran.

5. Pengharum ruangan

Siapa sih yang tak suka ruangan di rumah mereka menjadi harum? Ya, ide unik untuk menjadikan pengharum ruangan sebagai hampers ini nampaknya patut kalian coba. Terlebih lagi saat ini orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah jadi hampers ini tentunya akan sangat bermanfaat.

3 dari 3 halaman

Pengusaha Perempuan Maksimalkan Hampers untuk Dongkrak Penjualan Jelang Lebaran

Setiap pengusaha tentu memiliki strategi tersendiri dalam upaya mendongkrak penjualan. Begitu pula menjelang lebaran, tak sedikit dari mereka yang kebanjiran order untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan setia.

Salah satu kisah datang dari seorang pengusaha perempuan, Founder dan Marketing Director Dekayu, Yaniar Fernanda. Nia, begitu ia akrab disapa, membagikan inovasinya dalam meningkatkan omzet sekaligus penjualan pada usaha produksi dekorasi kayu.

"Dari produk utama kita itu craft, awalnya kita produksi dari semua alat rumah tangga lebih ke arah kitchenware yang berbasis bahan materialnya kayu dari situ kita inovasi sebagai hampers," kata Nia dalam Virtual Media Briefing: Hari Kartini, Tokopedia Dorong Kesetaraan Peluang untuk Bersama Pulihkan Ekonomi Indonesia, Kamis, 21 April 2022.

Nia menjelaskan bulan Ramadhan menjadi momen 'masa panen' usahanya. Ia dan tim telah mempersiapkan hampers sejak jauh hari.

"Kita bikinnya sangat khusus, kita punya edisi khusus, kita rilis sudah jauh-jauh hari," tambahnya.

Nia menerangkan, "Kita sudah ikutkan dari bulan kemarin dari campaign di Tokopedia karena ada campaign khusus tentang parcel Ramadhan."

Pengusaha perempuan yang berbasis di Yogyakarta ini menambahkan, "Kita coba kemas yang cantik karena hampers itu enggak cuma isiannya, tetapi estetiknya juga sangat berpengaruh."

"Hampers ini cukup unik menurut saya karena sangat personal, ada misi yang dibawa dari satu hampers karena yang menerima orang lain," jelas Nia.

Ia menyebut dalam hampers ada sisi rasa sayang dan perhatian untuk sang penerima. "Jadi ada sisi rasa sayang, perhatian yang dibentuk ke hampers dan rasa perhatian itu yang kita akomodir," tambahnya.

Di sisi lain, Nia juga memiliki beberapa tips dalam meningkatkan omzet menjelang Lebaran. Salah satu yang utama adalah persiapan yang dilakukan sudah jauh-jauh hari.

"Yang selalu kita pegang, bikin planning jauh-jauh hari artinya kayak momen Lebaran kali ini atau nanti yang bisa dipakai momen apapun itu. UMKM harus membaca tren, kebutuhan, dan momennya apa," kata Nia.

Ia mengungkapkan, "Jadi kita siapkan jauh-jauh hari cara produknya, strategi pemasarannya gimana karena kadang kita bingung idenya ke mana-mana."

Tips selanjutnya dikatakan Nia adalah memanfaatkan fitur, seperti top ads hingga pakai bebas ongkos kirim. Ia juga tidak lupa untuk mendekorasi toko. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.