Sukses

5 Tanda Kulit Kepala Tidak Sehat dan Cara Mengobatinya

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasa minder karena rambut Anda? Jika Anda merasa rambut Anda tidak sehat, akar masalahnya mungkin adalah kulit kepala Anda.

Tidak seperti rambut kita yang terlihat di cermin, kita sering mengabaikan kondisi kulit kepala kita karena tidak terlihat oleh kita. Berikut ini berbagai tanda peringatan yang mungkin ditunjukkan oleh kulit kepala Anda yang tidak sehat.

 

1. Minyak berlebih dan kulit kepala berminyak

Penyebab: Kulit kepala berminyak berarti kulit kepala Anda kekurangan kelembapan yang dapat disebabkan oleh terlalu banyak mencuci rambut dan menghilangkan penghalang alami. Dengan demikian, ia memproduksi lebih banyak sebum untuk melindungi kulit kepala Anda.

Namun, memproduksi minyak yang berlebihan kemudian akan menyebabkan rasa berminyak dan penumpukan yang memungkinkan bakteri tumbuh dan menyebabkan masalah rambut lainnya.

Perawatan: Yang terbaik adalah mencuci rambut sekali atau dua kali sehari untuk menjaga kulit kepala Anda bersih dari sebum, keringat, dan debu, terutama dalam cuaca panas dan lembab ini. Namun, ingatlah untuk tidak mencuci rambut lebih dari dua kali sehari, karena mencuci rambut secara berlebihan akan menghilangkan minyak alami dari kulit kepala Anda!

Juga, pastikan untuk tidak pernah mengoleskan kondisioner atau produk penataan rambut langsung ke kulit kepala Anda. Ini juga membantu untuk mendapatkan perawatan kulit kepala di salon secara teratur untuk menghilangkan semua kotoran atau penumpukan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 5 halaman

2. Kemerahan pada kulit kepala

Penyebab: Jika Anda melihat kulit kepala Anda kemerahan, biasanya karena trauma dari penggunaan panas yang berlebihan (dari pengering rambut atau alat penata rambut seperti pelurus atau pengeriting rambut). Bisa juga disebabkan oleh iritasi dari produk rambut, gaya rambut yang terlalu ketat atau terbakar sinar matahari.

Perawatan: Anda harus menghindari penggunaan panas berlebihan pada rambut dan pastikan produk rambut Anda tidak mengandung bahan yang membuat Anda alergi. Alih-alih menggunakan pengering rambut, biarkan rambut Anda mengering lebih sering.

Ada juga banyak cara tanpa panas untuk menata rambut (misalnya: kepang semalaman, styling pomade). Jika Anda sering terkena sinar matahari, selalu kenakan topi untuk menghindari kulit kepala Anda terbakar.

 

 

3 dari 5 halaman

3. Jerawat atau benjolan di kulit kepala

Penyebab: Sama seperti pori-pori di wajah kita, kulit kepala kita juga, dan pastinya, dipenuhi dengan folikel rambut. Ketika folikel rambut ini tersumbat (karena minyak, kotoran, keringat, dll) akan menyebabkan jerawat atau benjolan.

Anda juga harus mewaspadai produk rambut yang Anda gunakan karena bahan-bahan tertentu dalam sampo, minyak rambut, gel penata rambut terkadang dapat mengiritasi kulit kepala dan menyebabkan jerawat.

Perawatan: Anda bisa mencoba pengelupasan kulit kepala (seminggu sekali sudah cukup) dengan scrub dengan memijatnya secara lembut dan menyeluruh untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menyumbat folikel rambut Anda. Anda juga dapat mencoba mendapatkan perawatan topikal di apotek untuk mengobati jerawat dan benjolan.

 

4 dari 5 halaman

4. Kulit kepala kering dan gatal

Penyebab: Kulit kepala yang gatal biasanya berarti teriritasi. Ini bisa disebabkan oleh penumpukan berlebihan di kulit kepala atau karena bahan keras dalam sampo Anda. Ini juga dapat disebabkan oleh kondisi medis yang parah seperti dermatitis, eksim, dll.

Perawatan: Lebih baik memilih sampo untuk kulit kepala sensitif karena cenderung lebih lembut dan tidak mengandung bahan yang mengiritasi. Pastikan juga untuk menggosok kulit kepala Anda untuk menghindari penumpukan.

Namun, untuk kondisi yang lebih parah, Anda harus mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan medis.

 

5 dari 5 halaman

5. Pengelupasan dan ketombe

Penyebab: Ketombe lebih banyak terjadi pada pria daripada wanita. Ini terutama disebabkan oleh kulit kering. Jika kulit kepala Anda kering, biasanya bagian tubuh lainnya juga kering, jadi cobalah yang terbaik untuk menghidrasi diri sendiri. Ketombe juga dapat berarti bahwa Anda tidak cukup keramas atau Anda keramas dengan cara yang salah (sampo tidak cukup digunakan/tidak memijat kulit kepala Anda secara menyeluruh) yang dapat memicu produksi minyak berlebih dan menumpuk penumpukan.

Perawatan: Temukan sampo yang tepat untuk kulit kepala Anda. Ini bisa berupa sampo obat atau Anda juga bisa menemukan sampo yang mengandung bahan-bahan yang menghidrasi dan lembut. Ini karena sampo dengan bahan-bahan keras dapat menghilangkan penghalang alami kulit kepala, yang mengakibatkan kulit kepala kering dan terkelupas.