Sukses

Kasus Covid-19 di China Melonjak, Shanghai Akan Lockdown Bertahap 9 Hari

Shanghai akan lockdown bertahap untuk mengekang wabah Covid-19 yang dipicu oleh Omicron yang telah melanda China.

Liputan6.com, Jakarta - Shanghai akan lockdown bertahap untuk mengekang wabah Covid-19 yang dipicu oleh Omicron yang telah melanda China, kata pemerintah kota. Kota terbesar China ini akan mengunci bagian timurnya dari Senin hingga Jumat, kata para pejabat, diikuti dengan lockdown serupa di sisi baratnya mulai 1 April 2022.

Dilansir The Guardian, Senin (28/3/2022), kota metropolis berpenduduk 25 juta orang dalam beberapa hari terakhir menjadi hotspot utama dalam wabah nasional yang mulai meningkat pada awal Maret lalu.

Rekor 3.450 kasus bergejala dilaporkan di Shanghai pada hari Minggu, terhitung hampir 70% dari total nasional, bersama dengan 50 kasus bergejala, kata pemerintah kota pada Senin.

Komisi Kesehatan Nasional China pada Senin melaporkan 5.134 kasus tanpa gejala baru untuk hari sebelumnya, dan 1.219 infeksi lokal yang dikonfirmasi. Meskipun jumlah kasus tetap tidak signifikan dalam konteks global, itu adalah yang tertinggi di China sejak minggu-minggu pertama pandemi, yang pertama kali muncul di kota Wuhan pada akhir 2019.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jutaan penduduk terdampak

Jutaan penduduk di daerah yang terkena dampak di seluruh negeri telah mengalami lockdown di seluruh kota. Shanghai, bagaimanapun, sejauh ini menghindari lockdown penuh, dengan para pejabat mengatakan sangat penting untuk menjaga pelabuhan dan pusat keuangan China timur tetap berjalan, demi kebaikan ekonomi nasional dan global.

Pemerintah kota sebelumnya mengatakan dalam pemberitahuan publik bahwa lockdown dua bagian sedang dilaksanakan untuk meminimalisir penyebaran epidemi, memastikan keselamatan dan kesehatan masyarakat dan membasmi kasus infeksi sesegera mungkin.

3 dari 6 halaman

Akan lockdown bertahap

Bagian timur kota yang luas, yang dikenal sebagai Pudong, yang mencakup bandara internasional utama dan distrik keuangan, akan lockdown untuk pengujian mulai Senin pagi dan berakhir 1 April. 

Pada 1 April, bagian barat kota, yang dikenal sebagai Puxi dan menampilkan tepi sungai Bund yang bersejarah, akan ditutup hingga 5 April, tambah pemerintah.

4 dari 6 halaman

Warga diimbau untuk berada di rumah

Warga diberitahu untuk tinggal di dalam rumah selama lockdown, dan semua karyawan bisnis dan personel pemerintah yang tidak terlibat dalam penyediaan layanan penting disarankan untuk bekerja dari rumah.

Mereka yang terlibat dalam penyediaan layanan vital seperti gas, listrik, transportasi, sanitasi dan pasokan makanan akan dibebaskan dari perintah tinggal di rumah.

5 dari 6 halaman

Tidak akan ditutup total

Biro keamanan publik Shanghai mengatakan akan menutup jembatan dan terowongan lintas sungai, dan gardu tol terkonsentrasi di distrik timur kota hingga 1 April. Area di sebelah barat Sungai Huangpu akan memiliki pembatasan serupa yang diberlakukan antara 1 – 5 April.

Pada Sabtu (26/3/2022), seorang anggota gugus tugas pandemi kota telah bersumpah Shanghai tidak akan ditutup.

“Jika Shanghai, kota kita ini, berhenti total, akan ada banyak kapal kargo internasional yang mengambang di Laut Cina Timur. Ini akan berdampak pada seluruh ekonomi nasional dan ekonomi global," kata Wu Fan, seorang ahli medis di gugus tugas, selama konferensi pers harian tentang virus yang diadakan oleh pemerintah Kota.

6 dari 6 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Pandemi COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 di seluruh dunia

    Pandemi COVID-19

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Shanghai adalah sebuah kota yang ada di Tiongkok
    Shanghai adalah sebuah kota yang ada di Tiongkok

    shanghai

  • Lockdown