Sukses

4 Tanda Kamu Punya Orang Tua yang Toxic

Berikut ini beberapa tanda kamu memiliki orang tua yang toxic

Liputan6.com, Jakarta Kita semua bertemu dengan berbagai jenis orang dalam hidup kita. Beberapa dari mereka meninggalkan kesan abadi pada kita, mungkin karena mereka sangat baik hati atau telah memberi kita cinta dan kehangatan.

Tetapi yang lain begitu kita ingat karena tidak membuat hidup kita lebih mudah. Mereka telah menjatuhkan kita di setiap langkah dan mengolok-olok keterbatasan kita.

Sangat menyedihkan jika orang-orang seperti itu adalah orang tua Anda. Kita semua ingin orang tua kita memelihara kita, membimbing kita, dan menjadi kekuatan kita.

Tetapi bagaimana jika Anda memiliki orang tua yang toxic? Jika Anda memiliki orang tua yang toxic dan membuat Anda merasa kurang percaya diri, maka perhatikan 4 tanda ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mereka egois

Sudah menjadi kewajiban setiap orang tua untuk memperhatikan kepentingan dan kebutuhan anaknya. Jika Anda memiliki orang tua yang toxic, mereka akan menempatkan kebutuhan mereka di atas kebutuhan Anda dan akan terlalu sibuk, narsis, dan egois untuk memperhatikan Anda.

 

3 dari 6 halaman

2. Mereka mengendalikanmu

Tentu, orang tua memang memiliki suara dalam keputusan hidup kita, tetapi bagaimana jika mereka cenderung melewati batas? Orang tua yang toxic bisa menjadi sedikit terlalu mengontrol dan dapat memanipulasi anak-anak mereka sampai batas tertentu.

Mereka mungkin tidak membiarkan Anda membuat keputusan sendiri dan mungkin memengaruhi Anda sepanjang hidup Anda.

 

4 dari 6 halaman

3. Mereka tidak pernah meminta maaf

Orang tua juga manusia. Mereka kadang-kadang bisa melewati batas atau sedikit terlalu ketat dengan Anda.

Kadang-kadang mereka mungkin mengatakan hal-hal yang sangat menyakitkan kepada Anda yang tidak mereka maksudkan. Pada saat seperti itu, jika orang tua Anda tidak meminta maaf kepada Anda dan merasa bahwa mereka tidak melakukan kesalahan, maka mereka mungkin toxic.

 

5 dari 6 halaman

4. Mereka membuatmu merasa kurang tentang dirimu sendiri

Orang tua idealnya seharusnya menempatkan Anda di atas tumpuan atau jika bukan ini, maka setidaknya pastikan Anda menjadi manusia yang percaya diri, aman, dan percaya diri. Tetapi jika Anda memiliki orang tua yang toxic, kemungkinan besar mereka tidak pernah memuji Anda dan tidak pernah membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri.

Mereka selalu mengolok-olok hal-hal yang tidak dapat Anda lakukan dan menyoroti kesalahan Anda.

6 dari 6 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.