Sukses

Bebas Insomnia, Lakukan 5 Tips Sederhana Ini Agar Anda Cepat Tidur

Memiliki kualitas tidur yang baik tentu akan mempengaruhi energi yang dimiliki untuk menjalani aktivitas selama seharian.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kualitas tidur yang baik tentu akan mempengaruhi energi yang dimiliki untuk menjalani aktivitas selama seharian. Namun, banyak individu mengalami kesulitan atau masalah tidur

Padahal tidur menjadi bagian penting dari fungsi kekebalan tubuh yang sehat, metabolisme, memori dan fungsi lainnya.

Untuk itu, ketahui beberapa tips yang bisa membantumu mengatasi sulit tidur, seperti melansir dari Bright Side, Minggu (27/2/2022). 

1. Gunakan selimut berbobot

Selimut berbobot tidak hanya untuk kenyamanan ekstra. Mereka menggunakan stimulasi tekanan dalam, yang meningkatkan suasana hatimu, mengurangi stres dan meningkatkan kadar melatonin, hormon tidur. 

Kombinasi manfaat ini tidak hanya akan membuatmu tertidur lebih cepat, tapi juga akan meningkatkan kualitas tidurmu. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Pakai kaus kaki

Mengenakan kaus kaki di tempat tidur mungkin terasa aneh bagi segelintir individu. Tapi jika Anda mengalami masalah tidur, kaus kaki menjadi solusinya. 

Penelitian menunjukkan bahwa ketika kakimu dingin, pembuluh darahmu menyempit, yang menyebabkan lebih sedikit darah yang beredar, mengirimkan sinyal ke otakmu untuk tetap terjaga.

Sepasang kaus kaki nyaman yang bagus bisa memperbaikinya dan memberi tahu otakmu bahwa sudah waktunya untuk tidur.

 

3 dari 5 halaman

3. Meditasi

Penelitian yang mempelajari 49 individu dewasa dengan insomnia dan masalah tidur menemukan bahwa setelah hanya enam minggu meditasi, sekelompok individu mengalami lebih sedikit gejala insomnia dan lebih sedikit kelelahan di siang hari.

Menurut para peneliti, meditasi bisa meningkatkan respons relaksasi kita, yang memerangi stres dan kekhawatiran. Ini juga bisa bermanfaat bagi sistem saraf otonom kita, yang membuat kita cenderung tidak terbangun saat tidur.

 

4 dari 5 halaman

4. Metode militer

Jika Anda ingin tertidur dalam waktu 2 menit, metode militer patut dicoba. Ini akan membutuhkan beberapa latihan, tapi hasilnya akan sepadan. 

Yang harus Anda lakukan, pertama-tama rilekskan seluruh wajah dan otot-otot di mulutmu. Lalu jatuhkan bahu dan tanganmu untuk melepaskan ketegangan.

Kemudian buang napas dan rilekskan dada, kaki, paha dan betismu. Kosongkan pikiranmu selama 10 detik dengan membayangkan pemandangan yang menenangkan. Jika tidak berhasil, coba ulangi kata “jangan berpikir” selama 10 detik.

 

5 dari 5 halaman

5. Gunakan imajinasimu

Menurut Dr. Steve Orma, seorang psikolog klinis insomnia, tidur dan kecemasan, menggunakan imajinasimu bisa membantumu rileks dan tertidur. 

Yang harus Anda lakukan adalah membayangkan tempat yang tenang dan tenteram, tempatkan dirimu di dalamnya, dan fokuskan pada pikiranmu padanya.

Jangan lewatkan detailnya juga, bayangkan apa yang Anda pakai dan bagaimana perasaanmu. Lakukan selama 20 menit setiap hari atau sampai Anda merasa cukup rileks untuk menidurkan dirimu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.