Sukses

6 Tanda yang Sering Tak Disadari Kalau Kamu Sedang Stres

Berikut ini beberapa tanda stres yang kerap tidak disadari

Liputan6.com, Jakarta Tidak selalu mudah untuk duduk dan mengatakan apa yang mengganggu Anda. Anda mungkin bahkan tidak punya waktu untuk itu, atau Anda mungkin hanya berpikir bahwa segala sesuatunya sempurna dalam hidup Anda.

Namun, tubuh Anda tidak pernah berbohong, dan ketika Anda gagal mendengarkannya, Anda mendapatkan "pesan". Mereka cenderung tidak menyenangkan, tetapi tubuh Anda menggunakannya sebagai upaya terakhir untuk menghubungi Anda untuk meminta bantuan.

Berikut ini tanda sinyal stres yang dikirim tubuh Anda dengan putus asa yang mungkin kerap tidak Anda sadari.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Anda menggertakkan gigi

Penyebab terbesar menggertakkan gigi adalah stres. Anda mungkin mendapati diri Anda menggigit atau mengatupkan gigi secara tidak sadar di siang hari atau saat tidur.

Salah satu tanda bahwa Anda melakukan kebiasaan ini adalah rahang yang sakit keesokan paginya. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa gigi Anda terlihat lebih pendek dari biasanya. Sebaiknya gunakan pelindung mulut untuk melindungi gigi Anda atau mengikuti terapi.

2. Kamu selalu berkeringat terlalu banyak

Berkeringat terjadi karena berbagai alasan: berolahraga, suhu tinggi, atau ketika otak Anda merasakan ancaman. Namun, jika Anda terus-menerus berkeringat, itu mungkin pertanda bahwa Anda terlalu cemas.

Tubuh kita perlu mengeluarkan semua air melalui kulit, kemudian melalui ginjal, agar tidak menggunakan kamar kecil tepat di tengah membela diri. Akibatnya, ini membuat Anda berkeringat berlebihan.

 

 

3 dari 5 halaman

3. Anda kehilangan lebih banyak rambut dari biasanya

Menemukan lebih banyak rambut di kamar mandi atau di sisir Anda mungkin merupakan tanda stres tersembunyi. Anda bahkan mungkin menghancurkan atau merobeknya secara tidak sadar.

Gejolak emosi dapat mengganggu fase pertumbuhan siklus rambut. Bahkan jika tidak ada hal buruk yang terjadi baru-baru ini, ingatlah bahwa kerontokan rambut biasanya tertunda. Jadi Anda mungkin mengalami kerontokan rambut 6-12 minggu setelah peristiwa yang membuat stres.

 

 

4 dari 5 halaman

4. Anda memiliki bintik-bintik merah atau bercak

Jika Anda tidak menderita alergi tetapi masih berjerawat, Anda mungkin mengalami roller coaster emosional. Terlebih lagi, Anda bahkan bisa mendapatkan bintik-bintik merah di mulut Anda karena stres.

Anda mungkin sangat terpengaruh secara emosional sehingga tubuh Anda melepaskan beberapa bahan kimia yang mengubah respons tubuh Anda terhadap fungsi lainnya.

 

 

5 dari 5 halaman

5. Mata Anda berkedut sepanjang waktu

Stres dapat memberikan sinyal yang tidak biasa ke otak dan otot wajah Anda. Akibatnya, mata Anda berkedut tak terkendali.

Anda mungkin memperhatikan gerakan kelopak mata bawah Anda yang tidak disengaja atau, dalam kasus yang jarang terjadi, kelopak mata atas. Dalam beberapa kasus, kedutan berlangsung selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

6. Mulutmu selalu kering

Jika Anda terus-menerus haus dan tidak makan apa pun yang asin, perhatikan kesehatan emosional Anda. Periode stres yang berkepanjangan memblokir kelenjar ludah Anda, meninggalkan Anda dengan mulut kering. Anda mungkin juga kesulitan menelan karena dehidrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.