Sukses

4 Hal yang Terjadi Jika Anda Menyikat Gigi Lebih dari Dua Kali Sehari

Berikut ini beberapa hal yang terjadi jika Anda menyikat gigi terlalu sering

Liputan6.com, Jakarta Jika kita menginginkan kebersihan mulut yang baik dan gigi serta gusi yang sehat, dokter gigi menganjurkan untuk menyikat gigi secara teratur. Tapi bisa juga karena terlalu rajin merawat gigi, Anda malah terjerumus ke dalam kesalahan menyikat gigi secara berlebihan.

Menyikat gigi lebih dari dua kali sehari dapat lebih berbahaya daripada mendatangkan kebaikan, karena ini dapat merusak gigi dan mencapai kebalikan dari efek yang diinginkan. Berikut ini

1. Gigi Anda bisa menjadi ternoda

Email adalah lapisan tipis yang menutupi dan melindungi gigi Anda. Meskipun email merupakan jaringan terkeras dalam tubuh manusia, namun tetap dapat rusak dengan mudah. Jika Anda menyikat gigi terlalu sering, Anda bisa mengikis email Anda.

Jika email Anda menipis, dentin, lapisan kedua gigi, mungkin mulai terlihat di sebagian atau seluruh gigi. Dentin berwarna kuning, jadi jika email Anda rusak, gigi Anda juga bisa menjadi kuning.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Dapat menyebabkan gigi sensitif

Efek samping lain dari kerusakan email adalah meningkatnya sensitivitas gigi. Makan dan minum makanan dan minuman panas dan dingin, atau apa pun yang sangat asam atau bahkan manis dapat memicu reaksi yang menyakitkan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengganti pasta gigi, menyikat gigi lebih lembut, dan melakukannya hanya dua kali sehari.

 

3 dari 5 halaman

3. Anda mungkin mulai mendapatkan lebih banyak gigi berlubang

Meskipun kita biasanya menyikat gigi secara teratur untuk mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang, menyikat gigi terlalu sering dapat menyebabkan hasil yang berlawanan dengan yang diinginkan.

Jika Anda menyikat gigi lebih dari dua kali sehari untuk jangka waktu yang lebih lama, Anda tidak hanya dapat mengikis email tetapi juga dentin. Gigi berlubang jika tidak ditangani dengan cepat bahkan dapat menyebabkan infeksi dan kehilangan gigi.

 

4 dari 5 halaman

4. Gusi surut dan menjadi meradang

Gejala lain dari menyikat gigi terlalu sering adalah gusi yang rusak. Gusi Anda bisa menjadi merah, meradang, dan bengkak.

Ini bahkan dapat menyebabkan pendarahan dan mungkin menjadi sangat menyakitkan. Gusi yang surut juga dapat membuat akar gigi Anda terkena infeksi dan kerusakan gigi.

 

5 dari 5 halaman

Apa yang harus dilakukan daripada menyikat gigi secara berlebihan?

Kebanyakan orang yang menyikat gigi terlalu sering melakukannya dengan harapan kebersihan mulut yang lebih baik dan gigi yang lebih sehat dan lebih putih. Tetapi ada beberapa alternatif lain untuk menyikat gigi secara berlebihan. Memasukkan benang gigi dan obat kumur dalam rutinitas Anda sangat penting dan dapat mencapai hasil yang jauh lebih baik.

Selain menyikat gigi di pagi dan malam hari, Anda juga bisa menggunakan obat kumur dua kali sehari. Penting untuk menggunakan benang gigi secara perlahan dan menyeluruh setidaknya sekali sehari. Jika Anda ingin gigi Anda terasa bersih sepanjang hari, Anda bisa menikmati permen karet bebas gula setelah makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.