Sukses

Cegah Diabetes pada Anak, Lakukan Kebiasan Sederhana Ini

Diabetes tidak hanya menyerang orang dewasa tapi juga anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta Perubahan sederhana dalam gaya hidup bisa mencegah timbulnya diabetes tipe 1. Pencegahan bahkan lebih penting ketika Anda berada pada peningkatan resiko karena obesitas, kolesterol tinggi atau riwayat keluarga diabetes.

Diabetes tidak hanya menyerang orang dewasa tapi juga anak-anak. Untuk anak-anak orang tua dapat melakukan banyak hal untuk pencegahannya. Anda dapat membiasakan pola hidup sehat sejak dini. Ini karena anak-anak belajar dari apa yang mereka lihat.

Dikutip dari Times Of India, berikut langkah sederhana yang bisa Anda praktekkan guna mencegah diabetes pada anak-anak:

Kelola Berat Badan

Jika anak Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membantunya mengurangi risiko diabetes. Bicaralah dengannya dan buat dia mengerti mengapa menurunkan berat badan itu penting untuk menjaga kesehatannya.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tetap Aktif

Zaman sekarang, anak-anak sebagian besar terpaku pada layar. Apalagi, pandemi membuat aktivitas fisik mereka semakin berkurang.

Berjalan-jalan, bermain bola dengan mereka, ajaklah bermain permainan fisik yang mereka sukai. Anak-anak membutuhkan setidaknya 60 menit aktivitas fisik setiap hari.

 

3 dari 4 halaman

Kurangi Gula

Anak-anak suka makanan manis. Tetapi Anda harus mengawasinya dan membatasi asupan gula mereka. Jangan berikan mereka permen, jus, dan makanan olahan lainnya sebagai camilan sepanjang waktu.

Tawarkan Cemilan Sehat

Fokus memberi mereka buah-buahan dan cemilan sehat lainnya sejak usia dini. Pastikan untuk memperkenalkan satu makanan pada satu waktu, sehingga mereka dapat mengembangkan rasa untuk itu.

4 dari 4 halaman

Batasi Waktu Layar

Terlalu banyak waktu layar baik televisi ataupun handphone dapat menyebabkan masalah mata, masalah tidur dan aktivitas fisik yang lebih rendah.

Makan Malam Tepat Waktu

Makan malam, pada kenyataannya, semua makanan pada waktu yang tepat adalah cara yang bagus untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Matikan televisi dan hindari gangguan lain saat makan.

 

Penulis:

Ulwanul Askan

UIN Jakarta

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.