Sukses

9 Tips untuk Mendapatkan Rambut Panjang yang Sehat dan Indah

Di zaman yang serba mudah seperti sekarang ini ada banyak cara untuk memanjangkan rambut.

Liputan6.com, Jakarta Rambut adalah mahkota, begitulah istilah yang sering didengar. Maka dari itu baik pria maupun wanita, mereka berlomba-lomba mencari gaya rambut yang sesuai kepribadian mereka, dari pendek hingga panjang.

Bosan dengan gaya rambut pendek yang itu-itu saja, ingin ganti model rambut panjang tapi khawatir lama menunggunya? Di zaman yang serba mudah seperti sekarang ini ada banyak cara untuk memanjangkan rambut. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk kamu yang ingin cepat dan tepat dalam memanjangkan rambut:

1. Jangan terlalu sering keramas

Rambut sudah panjang namun rambut rontok, bercabang bahkan ketombean. Akan jadi masalah lagi ketika sudah menunggu lama malah rusak, pasti sedih kan? Sabar dulu, kamu harus ingat kalau setiap orang mempunyai kondisi rambut yang tidak sama, ada yang bisa tumbuh dengan baik tapi ada pula yang tidak beraturan.

Bagi kamu yang ingin rambut cepat panjang dan bebas masalah, kamu harus rajin keramas, cuci rambut secara berkala dua sampai tiga kali seminggu, bukan setiap hari. Karena terlalu sering keramas dengan sampo yang mengandung bahan kimia, bisa membahayakan kesehatan rambut. Bukan rambut sehat yang didapat malahan rambut rontok dan patah. Cuci rambut dua sampai tiga kali dalam seminggu, tidak baik kalau keseringan dan jangan lupa pilih sampo yang cocok ya, hindari gonta-ganti sampo.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Gunakan Conditioner untuk Rambut

Memang sampo saja sudah bagus untuk membersihkan sekaligus menjaga kesehatan rambut, tapi menambahkan kondisioner setelah keramas turut mendukung pertumbuhan rambut lho. Krim ini juga berguna untuk mengembalikan minyak alami dan protein rambut kutikula. Rambut kasar dan kusam juga bisa lebih dikondisikan dengan conditioner, menjaga kelembaban rambut agar tidak mudah kusut dan terhindar dari rontok maupun kasar, sehingga rambut tampak lembut dan halus.

3. Cuci Rambut dengan Air Biasa

Mungkin sebagian orang suka sekali berendam dengan air hangat, tapi sebaiknya tidak mencuci rambut dengan air hangat, karena bisa membuka pori-pori rambut. Disarankan keramas dengan air biasa karena lebih sehat, kutikula rambut jadi tertutup, rambut bebas kering dan bisa cepat panjang. Meski lebih menyenangkan menggunakan air hangat tapi sangat tidak direkomendasikan. Jikalau memang suasananya sedang dingin, bisa gunakan air biasa sedikit demi sedikit agar tidak begitu dingin dan tidak merusak rambut.

3 dari 5 halaman

4. Keringkan Rambut Secara Alami

Setelah selesai keramas mungkin kamu akan pakai hair dryer untuk keringkan rambut. Pengering rambut modern itu memang bisa meluruskan rambut dengan instan, tapi buat kamu yang menginginkan rambut panjang, sebaiknya pikir-pikir lagi. Panas yang dihasilkan oleh hair dryer tersebut bersifat merusak rambut, jadi biarkan rambut kering secara alami.  Anda bisa memanfaatkan handuk untuk mengusap-usap kepala secara lembut, agar rambut cepat kering.

Jangan sampai handuk itu malah dipakai buat bungkus rambut yang basah. Kebiasaan itu justru menjadikan rambut jadi cepat kusut. Tunggu sampai betul-betul kering baru disisir, juga jangan menyisir ketika rambut sedang basah. Karena  ini bisa membuat rambut makin kusut dan cepat rontok. Memang ketika rambut basah lebih mudah dirapikan, namun jika hanya akan merusak rambut kenapa tidak dihentikan saja.

Agar merapikan rambut setelah dicuci lebih mudah, sebaiknya sisir terlebih dahulu sebelum di keramas, jangan lupa juga untuk menyisir rambut secara rutin, tidak hanya selepas keramas. Perlu diketahui, menyisir rambut sekitar 1 sampai 2 menit bisa merangsang sirkulasi darah di dalam kulit kepala sekaligus menjadikan minyak alami tersebar merata.

4 dari 5 halaman

5. Rutin Pakai Masker Rambut

Agar rambut panjang lebih cepat dan juga sehat, kamu perlu pakai masker rambut, bisa menggunakan masker alami maupun instan. Untuk intensitas penggunaan masker cukup satu kali dalam seminggu. Masker alami yang dipercaya ampuh untuk memanjangkan rambut ialah lidah buaya, santan kelapa, minyak zaitun, alpukat, kuning telur dan masih banyak lagi.

Bahan alami tersebut diusapkan merata ke rambut dan juga kulit kepala, diamkan beberapa saat sekitar 15 sampai 30 menit lalu bilas sampai bersih menggunakan sampo dengan air biasa, agar aroma khas dari masker alami tidak menempel di rambut, untuk hasil maksimal gunakan conditioner supaya rambut lebih terlindungi.

6. Potong Rambut Secara Teratur

Mungkin terdengar kebalikan dari tujuan untuk memanjangkan rambut, namun hal ini merupakan salah satu teknik yang tepat untuk memanjangkan rambut. Sebenarnya bukan memotong rambut secara keseluruhan tetapi mengeliminasi rambut bercabang, sebab ketika rambut tengah bercabang pertumbuhan rambut bisa terhalang, jika sudah begitu pertumbuhan rambut akan terhambat. Oleh karena itu, segera potong rambut di bagian ujung sekitar 1 sampai 2 cm sudah cukup.

7. Penuhi Protein dan Zat Besi

Mendukung pertumbuhan rambut dari dalam tidak kalah pentingnya, sebab memenuhi asupan protein dan zat besi bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Perlu diketahui protein menghasilkan keratin yang dibutuhkan rambut. Makanan yang mengandung protein seperti kacang-kacangan, telur, daging sapi dan daging ayam sebaiknya rutin dikonsumsi. 

Sementara itu makanan dengan kandungan zat besi bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus menguatkan, rambut yang panjang pun menjadi tidak mudah patah apalagi rontok. Menu makanan yang kaya akan zat besi itu seperti sayuran berwarna hijau gelap, ikan, kuning telur dan lain sebagainya.

 

5 dari 5 halaman

8. Gunakan Minyak Esensial

Contoh minyak esensial yang efektif untuk pertumbuhan rambut adalah minyak zaitun. Minyak tersebut cukup dioleskan lembut pada rambut juga kulit kepala, selain bagus untuk kesehatan rambut, minyak tersebut juga harum, setelah diusapkan merata, beri pijatan ringan untuk kulit kepala setidaknya 2 sampai 3 menit, tujuan agar formula dari minyak esensial tersebut dapat meresap ke permukaan rambut dan membuat diri lebih rileks.

9. Hindari Stres

Stres adalah momok bagi rambut rontok. Sebab stres dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Tak hanya itu, stres juga dapat menjadikan pembuluh darah terbatas dan folikel rambut kesulitan untuk mendapatkan pasokan energi dan oksigen. Padahal nutrisi dan oksigen itu sangat diperlukan oleh rambut agar tidak mudah patah ataupun rontok. Ketika banyak tekanan dalam hidup, kamu bisa mengurangi stres dengan berpikir atau melakukan hal-hal yang positif.

 

Penulis:

Ulwanul Askan

UIN Jakarta

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.