Sukses

Orangtua Wajib Tahu, Ini 5 Tips Mendisiplinkan Anak yang Kecanduan Gadget

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa orangtua coba untuk mengatasi anak kecanduan main smartphone atau gadget.

Liputan6.com, Jakarta - Gadget saat ini seolah telah menjadi “teman baik” banyak orang. Tak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak pun kini telah akrab dengan gadget. Gadget bahkan bisa menjadi obat yang mujarab untuk membuat anak-anak duduk anteng berjam-jam. Namun tentu saja bukan berarti para orangtua boleh membiarkan hal tersebut terjadi.

Sayangnya masih banyak orangtua yang bingung bagaimana cara membatasi anak ketika menggunakan gadget. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa orangtua coba untuk mengatasi anak kecanduan gadget dikutip dari @dailyjour.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tentukan batas waktu penggunaan gadget

Yang pertama bisa orangtua lakukan ialah dengan membatasi waktu penggunakan gadget oleh anak. Untuk usia 3 tahun ke atas disarankan tak lebih dari 2 jam sehari dengan diselingi jeda tiap 30 menit. Anda dapat memasang alarm tiap 30 menit untuk mengingatkan anak bahw sudah waktunya beristirahat sejenak.

3 dari 6 halaman

2. Beri peringatan sebelum waktu bermain gadget habis

Langkah selanjutnya, orangtua bisa memberikan peringatan kepada anak ketika hendak mengambil gadgetnya. Sebelum mengambil alih gadget, orangtua bisa memberikan peringatan kepada anak agar mereka bersiap-siap. Sebagai contoh orangtua memberikan batas waktu bermain gadget 5-10 menit lagi.

4 dari 6 halaman

3. Tegas

Ketika waktu bermain gadget anak habis, orangtua harus tegas mengambilnya. Jangan biarkan anak memberikan alasan apapun. Hal ini tentu sebagai bentuk ketegasan orangtua.

5 dari 6 halaman

4. Validasi Perasaan

Ketika anak marah atau bahkan mengamuk, penting untuk orangtua meminta maaf namun tak lupa memberikan penjelasan bahwa Anda tetap menyayangi mereka meski harus bersikap tegas. Cobalah untuk bujuk anak agar tidak menyakiti diri sendiri atau orang lain ketika marah.

6 dari 6 halaman

5. Konsisten

Meski cara ini terlihat sulit namun sekali orangtua berhasil menerapkan cara ini akan memudahkan Anda mendisiplinkan anak bukan hanya tentang penggunaan gadget tapi juga tentang waktu belajar, makan, dan lain-lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.