Sukses

Kerap Tak Disadari, Ini Manfaat Menyisir Rambut dan Cara Melakukannya dengan Benar

Menyisir rambut dapat mengurangi kerontokan. Tak hanya itu, juga terdapat manfaat lainnya

Liputan6.com, Jakarta - Menyisir rambut setiap hari dapat membuat rambut Anda menjadi lebih halus dan lembut. Meskipun sering dianggap hal sepele, namun menyisir rambut merupakan bagian yang penting dalam perawatan dan kebersihan rambut Anda. 

Namun jika Anda menyikat rambut secara berlebihan juga dapat menyebabkan kerontokan rambut Anda semakin buruk. Anda tentu tak ingin hal tersebut terjadi.

Di sisi lain, kehilangan beberapa helai rambut di setiap harinya, terutama jika Anda sedang keramas, adalah hal yang sangat wajar. Namun jika Anda jumlah kerontokan rambut yang Anda alami mengalami peningkatan, akan menyebabkan penipisan rambut dan disarankan untuk segera memeriksakan hal tersebut. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat menyisir rambut

Tidak hanya menghindari rambut yang kusut, menyisir rambut juga memiliki banyak manfaat lainnya. Dilansir dari Healthline, Jumat (24/07/20), Vincent De Marco, penata rambut dan pemilik Vincent Hair Artistry mengungkapkan terdapat 3 manfaat dari menyisir rambut.

Yang pertama, kesehatan dan kilau rambut. Ketika Anda menyisir rambut dengan cara benar, dapat membantu Anda untuk mendistribusikan minyak alami dan sehat yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous, dari akar rambut hingga ujungnya. Hal ini dapat memberikan rambut Anda berkilau secara alami. 

Kedua, stimulasi kulit kepala. Menyisir rambut dengan lembut dibarengi dengan pijatan ringan yang merangsang kulit kepala dapat mendorong aliran darah dan pertumbuhan rambut Anda. 

 

3 dari 4 halaman

Manfaat menyisir rambut lainnya

Terakhir, mengurangi kerontokan rambut. Bila Anda merasa mengalami kerontokan rambut namun hanya kehilangan 50 hingga 100 helai rambut sehari, adalah hal yang normal. Jika Anda rajin menyisir rambut setiap hari, dapat membantu mengurangi kerontokan rambut Anda. 

Namun menyisir terlalu sering dapat memperburuk kerontokan rambut Anda. Berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang lebih sering menyisir akan menyebabkan kerontokan rambut yang lebih banyak.

Jadi, De Marco menyarankan Anda untuk menyisir rambut dua kali sehari, pagi dan malam. Ini adalah cara yang sehat untuk mendistribusikan minyak alami pada kulit kepada Anda. Tetapi perlu diperhatikan, Anda harus melakukannya dengan lembut. Bila menyisir terlalu kuat meskipun hanya sehari sekali, dapat menyebabkan kerusakan pada rambut Anda.

 

4 dari 4 halaman

Cara menyisir rambut yang benar

Ketika rambut Anda masih basah Anda harus menggunakan sisir yang lembut karena rambut dalam kondisi basah lebih rapuh. Dikutip dari Healthline, Jumat (24/07/20), Seorang penata rambut dan penata rias, Michaeline Becker, menjelaskan bila menggunakan sisir bergigi yang lebar menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan ketika menyisir rambut basah. 

Namun jika rambut Anda dalam kondisi kering dan cenderung kusut atau berantakan Anda dapat menyisir rambut yang dibagi menjadi beberapa bagian. Dikutip dari Healthline, Jumat (24/07/20),  De marco menyarankan untuk tidak menyisir yang dimulai dari akar rambut karena dapat menyebabkan kerusakan. 

Anda dapat memulainya dari pertengahan rambut atau beberapa sentimeter dari ujung rambut Anda. Jika sisir Anda tersangkut karena rambut yang kusut Anda dapat melepaskan sisir secara perlahan dan memulainya lagi dengan lembut.

Jika Anda mengalami kerusakan rambut yang cukup parah seperti mudah rapuh, rusak, kerontokan yang berlebihan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menemui dokter agar dapat menentukan penyebab dan mengatasi masalah kerusakan rambut Anda. 

Penulis

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.