Sukses

Penyebab Bau Mulut Saat Pakai Masker dan Cara Mengatasinya

Bagi sebagian individu, menggunakan masker dapat menyebabkan bau napas yang kurang sedap.

Liputan6.com, Jakarta - Di masa new normal, masyarakat memiliki kebiasaan baru dimana kita semua perlu menerapkan protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker jika ingin keluar rumah. Namun, dengan menggunakan masker terlalu lama kita dapat mencium aroma napas kita sendiri. 

Bagi sebagian individu, menggunakan masker dapat menyebabkan bau napas yang kurang sedap. Aroma mulut yang tidak sedap atau bau mulut secara medis biasanya dikenal sebagai halitosis.

Hal ini bisa disebabkan oleh kebersihan yang kurang baik di mulut, atau memiliki masalah kesehatan di mulut, gigi, gusi, tenggorokan atau sistem pencernaan. 

Jika Anda mengonsumsi makanan dengan bau yang kuat akan menyebabkan bau yang tidak sedap. Menggunakan sikat gigi, flossing atau obat kumur, hanya akan mengurangi bau yang sifatnya sementara.

Berikut beberapa penyebab yang bikin napas Anda menjadi tidak sedap dan cara mengatasinya, seperti melansir Pinkvilla, Kamis (16/9/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab bau mulut ketika menggunakan masker

1. Mulut Anda kering

Ini adalah penyebab utama bau mulut. Air liur sangat penting dalam membersihkan bakteri dan menjaga napas tetap segar. 

2. Masalah pencernaan

Jika Anda memiliki pencernaan yang buruk, gangguan usus dan sembelit dapat menyebabkan gas naik melalui mulut Anda dan menyebabkan bau mulut. 

3. Merokok

Rokok tentunya mengandung banyak racun dan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Tidak hanya membahayakan kesehatan, tetapi rokok juga dapat menyebabkan bau mulut. 

4. Kebersihan mulut yang kurang baik

Bila Anda tidak menjaga kebersihan mulut dengan benar, akan ada penumpukan bakteri di mulut Anda. Hal inilah yang merupakan sumber bau mulut Anda. 

5. Minum kopi atau alkohol

Dua minuman ini memiliki rasa yang kuat dan  aromanya dapat bertahan di mulut selama beberapa jam.

Selain kedua minuman ini juga menurunkan produksi air liur sehingga mulut Anda tidak membersihkan bakteri di mulut seperti yang seharusnya. Bakteri yang terlalu lama berada di dalam mulut Anda dapat menyebabkan bau mulut.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasinya

1. Anda dapat melakukan diet dengan mengkonsumsi banyak makanan mentah seperti seledri, kemangi dan peterseli. Nutrisi antioksidan dianggap penting dalam menjaga hawa mulut yang segar. Anda dapat menemukannya dalam buah-buahan, sayuran.

Makanan ini juga dapat memberikan Anda serat yang dibutuhkan untuk menjaga pencernaan tetap lancar. 

2. Anda juga dapat mengatasinya dengan minum air lemon. Setengah lemon diperas ke dalam air hangat dan diminum saat bangun tidur dan sebelum tidur. Hal ini dapat membantu mencegah bau mulut. 

3. Meminum jus. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan jus wortel bayam dan mentimun sekali sehari. 

4. Konsumsi banyak air mineral sehingga mulut tetap lembab dan merangsang produksi air liur sehingga dapat membersihkan bakteri yang ada di mulut. 

Penulis:

Stephanie 

Universitas Multimedia Nusantara

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.