Sukses

Sering Sesak Napas, Ternyata Ada Koin Nyangkut Selama 50 Tahun di Hidung Pria Ini

Liputan6.com, Jakarta Sebuah laporan dari Dokter di Konchalovsky City Clinical Hospital di Zelenograd menyatakan bahwa ada seorang pria berusia 59 tahun asal Rusia yang mengalami kesulitan bernapas. Ia merasa ada benda asing dalam hidungnya.

Setelah melihat hasil CT scan, pria yang tidak disebutkan namanya itu ternyata sumbatan oleh materi sekeras batu yang tertahan di saluran napasnya, tepatnya dekat nasofaring.

Pria itupun ingat pernah bermain dengan koin kecil dan mendorongnya masuk ke hidungnya, ketika umurnya masih 6 tahun.

Namun saat itu ia merasa terlalu takut untuk memberitahu ibunya bahwa ada koin tersangkut di lubang hidungnya yang kanan, karena ibunya sangat galak. Hingga akhirnya ia melupakannya dan baru kembali ingat setelah dewasa.

Awalnya dokter skeptis dengan ceritanya, tetapi setelah mengeluarkan koin selama operasi endoskopi yang berlangsung 1,5 jam, dan memeriksanya, mereka mulai mempercayainya.

Seperti dikutip SundayWorld, pria ini mengalami yang disebut rhinolith, pengerasan yang biasanya terbentuk di sekitar benda asing atau dalam hal ini, koin logam. Diperkirakan, benda tersebut telah berada di hidung pria itu selama 50 tahun.

Selama prosedur pengeluaran koin, dokter juga memperbaiki septum (dinding pembatas hidung) yang menyimpang, yang semakin menekan lubang hidungnya.

 

 

Simak Video Berikut Ini:

2 dari 3 halaman

Kata dokter

Spesialis otorhinolaryngologist Elena Nepryakhina mengatakan, operasi yang dilakukan pria tersebut berjalan lancar. "Kami mengoperasi pada hari Jumat dan dia dipulangkan pada hari Senin. Hidungnya sudah pulih sepenuhnya," katanya, seperti dikutip Metro.uk.

"Mungkin karena dirinya sudah muak dengan hidung tersumbat, sehingga segera setelah terbangun dari anastesi, ia langsung mencabut perbannya," kata Elena.

Dokter mengatakan, pria itu beruntung dapat kembali pulih dan terhindar dari komplikasi serius yang disebabkan benda asing dalam waktu lama. Biasanya pada kasus tersebut, pasien akan menderita berbagai komplikasi intrakranial dan purulen-septik, namun pria 59 tahun ini tidak mengalami apa pun kecuali kesulitan bernapas.

Kelengkungan septum juga diamati karena ini biasanya menjadi penghalang saluran napas. Namun hanya itu saja tidak cukup untuk menghalangi lubang hidung seutuhnya. Dan setelah ditemukannya benada asing tersebut, dapat dipastikan itulah masalahnya, ditambah septumnya yang menyimpang telah menekan saluran napas hingga pasien mau tidak mau mencari pertolongan ke dokter.

Bagi dunia medis, pria itu ternyata bukan orang pertama yang di hidungnya ada benda asaing.  Pada 2015, Steve Easton, 51 tahun, dari Surrey, mengalami bersin saat ujung panah mainan keluar dari hidungnya.  Dia meletakkannya di sana pada usia tujuh tahun dan orang tuanya telah membawanya ke rumah sakit pada saat itu, tetapi dokter tidak dapat mengeluarkannya. 

Mr Easton sering menderita sakit kepala dan pilek yang menyebabkan demam. Dia mengatakan dia sama sekali tidak menyadari anak panah itu telah tersangkut di hidungnya selama 44 tahun. 

 

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker