Sukses

Waspadai 3 Pintu Masuk Virus Corona Penyebab COVID-19: Mata, Hidung dan Mulut

Liputan6.com, Jakarta Dokter spesialis paru Maydie Esfandiari mengatakan, ada dua cara virus SARS-CoV-2 bisa masuk ke dalam tubuh manusia. Pertama melalui partikel droplet yang mengandung virus penyebab COVID-19 yang terhirup langsung, dan melalui permukaan benda yang terpapar droplet yang berisi virus tersebut. 

Droplet adalah percikan cairan tubuh seseorang yang positif terinfeksi ketika bicara, batuk, atapun bersin. Potensi penyebaran virus melalui droplet semakin besar jika orang yang positif, baik dengan ataupun tanpa gejala tidak mengenakan masker. 

“Kalau ada pasien positif COVID-19, lalu dia batuk dan orang tersebut tidak mengenakan masker. Nah, droplet itulah yang membuat penularan, terhirup juga oleh orang sekitar yang tidak menggunakan masker dengan benar. Kemudian yang kedua ketika droplet jatuh ke permukaan benda-benda, dan kita memegang benda tersebut lalu memegang wajah kita, itu bisa masuk melalui mata, hidung, dan mulut,” jelas Maydie Esfandiari dalam Talkshow yang disiarkan daring dari Media Center Satgas COVID-19 Graha BNPB, Jakarta beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Maydie menjelaskan setelah droplet berisi virus tersebut masuk melalui mata, hidung, dan mulut, virus akan masuk ke saluran pernapasan atas, dan masuk hingga ke paru-paru.

Maydie menyebut, ada beberapa gejala yang timbul saat virus telah masuk ke dalam tubuh. “Awalnya pasien pasti akan merasa sulit untuk menelan. Kemudian apabila sudah sampai ke paru-paru, hal inilah yang biasanya membuat pasien batuk-batuk sampai sesak napas.," tuturnya. 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

 

2 dari 3 halaman

Terapkan Protokol Kesehatan 3M

Maydie juga menyoroti banyaknya kondisi anosmia pada pasien COVID-19. Menurutnya, pada kasus anosmia, pasien tak merasakan gejala apa pun namun kehilangan indera penciuman.  

"Nah sekarang ini banyak sekali pasien yang anosmia. Mereka tidak merasakan gejala apapun tapi mereka kehilangan indera penciuman bau” jelas Maydie.

Guna mencegah virus Corona masuk ke tubuh melalui mata, hidung, dan mulut, Maydie menegaskan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dengan baik dan benar. 

 

(Deskhila Wijaya)

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Cuci Tangan Yang Benar