Sukses

Mengenal Tren Selotip Mulut, demi Kesehatan Tidur Lebih Baik

Penderita bau mulut sering kali mendapat reputasi yang buruk.

Liputan6.com, Jakarta Penderita bau mulut sering kali mendapat reputasi yang buruk. Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan, orang sering kali mencoba berbagai teknik dan metode. Salah satu tren yang mulai mendapatkan perhatian adalah "mouth taping" atau selotip mulut.

Mouth taping adalah praktik menutup mulut dengan plester atau pita khusus lainnya semalaman saat tidur. Tujuannya adalah Untuk melancarkan pernafasan dan meningkatkan kualitas tidur. Jika anda terbayang selotip di atas mulut seperti penyanderaan, maka Anda tidak salah. Meskipun tidak disarankan untuk benar-benar menggunakan lakban karena berpotensi menyebabkan iritasi kulit.

Selotip mulut yang benar adalah selotip yang benar benar dibuat dengan mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan. Selotip mulut terserdia dengan berbagai jenis, dari selotip silicon yang aman bagi kulit hingga strip yang berjenis perban.

Lalu, mengapa bernapas melalu hidung begitu penting? Menurut Dr. Michael J. Wei, seorang dokter gigi kosmetik yang berpraktik di Manhattan New York City Cosmetic Dentist

"Bernapas melalui hidung membantu menyaring, melembabkan, dan menghangatkan udara sebelum masuk ke paru-paru, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pernapasan secara keseluruhan. Pernapasan melalui hidung juga meningkatkan penyerapan oksigen yang lebih baik dan dapat mengurangi risiko mendengkur dan gangguan tidur." Melansir BBC,  Selasa (12/3/2024).

Erin Fraundorf, seorang ortodontis dan pendiri Boca Orthodontic and Whitening Studio di St Louis, Missouri, mencatat bahwa, "Tidur dengan mulut terbuka dan bernapas melalui mulut dapat menyebabkan Anda terbangun dalam keadaan lelah dan mulut kering, yang telah terbukti menjadi penyebab bau mulut, gigi berlubang, suara serak, dan bibir kering."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mouth tape dengan berbagai manfaatnya

Ada sejumlah manfaat potensial dari mouth mulut, tetapi sebagian besar masih bersifat anekdot. "Terlepas dari klaim media sosial, hanya ada sedikit penelitian yang mendukung manfaat mouth tape," jelas Dr. Hemalee Patel, penyedia layanan kesehatan primer dan direktur senior manajemen penyakit kronis di One Medical.”

"Meskipun efektivitas pernapasan melalui hidung telah didokumentasikan dengan baik dalam hal mencegah masalah gigi - khususnya kerusakan gigi, penyakit gusi, ketidaksejajaran rahang, dan bau mulut - penelitian tentang mouth tape secara khusus masih terbatas dan tidak meyakinkan."

Fraundorf setuju bahwa mouth taping adalah praktik yang cukup baru, penelitian tentang hal ini masih dalam tahap awal. Namun, dia juga mencatat daftar manfaat kesehatan yang dapat dikaitkan dengan mouth taping, termasuk berkurangnya dengkuran dan peningkatan kualitas tidur. Dia dan Wei berbagi sejumlah perubahan spesifik yang dapat dikontribusikan oleh mouth tape:

Pernapasan hidung yang lebih baik

Manfaat utama dari mouth tape adalah Anda bernapas melalui hidung, bukan mulut, yang merupakan katalisator dari sejumlah manfaat yang diklaim lainnya. Sebagai contoh, Fraundorf mengatakan, "Melalui pernapasan hidung, Anda juga menghasilkan gas yang disebut oksida nitrat, yang meningkatkan aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan fungsi otak."

Meningkatkan asupan oksigen

"Pernapasan hidung mengaktifkan paru-paru bagian bawah, sehingga penarikan napas lebih penuh dan mendapatkan lebih banyak oksigen," ucap Fraundorf.

Wei menambahkan bahwa peningkatan asupan oksigen ini disertai dengan penyaringan udara yang lebih baik dan pembuangan karbon dioksida yang lebih baik dibandingkan dengan pernapasan melalui mulut.

Mengurangi dengkuran

Menurut Wei dan Fraundorf, bernapas melalui hidung dapat menghilangkan atau mengurangi dengkuran, sehingga membuat tidur lebih nyenyak bagi orang yang menggunakan plester mulut dan pasangan tidurnya.

Pencegahan bruxism

"Dalam beberapa kasus, mouth taping  dapat membantu mencegah menggemeretakkan gigi (bruxism) dengan mendorong posisi mulut dan rahang yang tepat selama tidur," kata Wei. Namun, dokter gigi memperingatkan bahwa mereka yang mengalami gangguan sendi temporomandibular (TMJ) atau nyeri rahang harus menghindari mouth taping, karena dapat meningkatkan ketegangan pada otot-otot rahang dan memperburuk gejalanya.

Meningkatkan kebersihan mulut

Fraundorf mengungkapkan berkurangnya kekeringan pada mulut, berkurangnya gigi berlubang dan penurunan risiko penyakit gusi sebagai hasil positif dari perekaman mulut.

Nafas yang lebih baik

Menurut para ahli kesehatan mulut, bau mulut dan kerusakan gigi terkait dengan pernapasan melalui mulut karena hal ini dapat memungkinkan bakteri dan virus masuk ke dalam sistem Anda, sehingga pernapasan melalui hidung dapat membuat napas menjadi lebih baik.

Tidur yang lebih nyenyak

mulut dapat meningkatkan kualitas tidur, Fraundorf mengatakan bahwa manfaat terkait seperti peningkatan tidur REM, energi yang lebih tinggi di pagi hari, peningkatan fungsi kognitif, dan berkurangnya kecemasan mungkin merupakan hasil sampingan.

Ada juga manfaat kosmetik dari mouth taping, tapi sekali lagi, tidak ada penelitian konklusif yang mendukung klaim ini. Sebuah teori yang populer di media sosial adalah bahwa hal ini membantu memperkuat dan membentuk rahang, dan teori lainnya adalah bahwa hal ini membantu memperbaiki tampilan lingkaran hitam di bawah mata.

3 dari 4 halaman

Metode Unik untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lauryn Bosstick, pembawa acara podcast, penulis, dan pendiri merek kecantikan dan kesehatan The Skinny Confidential, secara pribadi menjamin manfaat ini dan menyebut perekaman mulut sebagai "tips kecantikan terbaik." Dia mulai melakukan perekaman mulut setelah operasi rahang ganda dan membaca tentang hubungan antara pernapasan, tidur, kesehatan, dan mulut dalam "Breath," "Jaws: The Story of a Hidden Epidemic" dan "Shut Your Mouth and Save Your Life."

"Hampir seketika, saya menyadari bahwa saya tidur lebih nyenyak (seperti tidur paling nyenyak dalam hidup saya), mata saya lebih cerah, saya terbangun dengan energi yang begitu besar," kata Bosstick tentang pengalamannya menggunakan mouth tape. "Kemudian setelah beberapa bulan, saya menyadari bahwa rahang saya terasa sangat tertopang dan terlihat seperti dipahat."

Namun, para ahli medis memperingatkan bahwa pengguna plester mulut tidak boleh mengharapkan hasil yang dramatis. "Garis rahang terutama ditentukan oleh genetika dan perkembangan otot daripada postur mulut saat tidur," kata Wei. "Sedangkan untuk lingkaran hitam di bawah mata, biasanya disebabkan oleh faktor-faktor seperti genetika, usia, alergi dan kurang tidur, bukan karena posisi mulut saat tidur. Penting untuk berhati-hati terhadap klaim berlebihan yang dibuat oleh produk kecantikan, termasuk yang dipasarkan sebagai selotip mulut," dia memperingatkan.

Fraundorf setuju, menjelaskan bahwa, "Setiap manfaat kecantikan yang akan Anda dapatkan dari plester mulut juga akan menjadi manfaat yang datang dari tidur nyenyak. Ketika kita beristirahat, tubuh kita dapat mengisi ulang energi dan menyembuhkan diri."

4 dari 4 halaman

Memahami Efek Samping dari Praktik Mouth Taping

Ada beberapa risiko dari mouth taping, dan semua ahli menyatakan bahwa penting untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk mengetahui apakah metode ini sesuai dengan faktor kesehatan Anda sebelum mencobanya.

"Meskipun perekaman mulut umumnya aman untuk sebagian besar orang, tetapi tidak semua kondisi dapat melakukan perekaman mulut," kata Fraundorf.

"Aturan praktis yang baik adalah jika Anda kesulitan bernapas melalui hidung sepanjang hari, Anda sebaiknya tidak mencoba mouth tape."

Kondisi seperti septum yang menyimpang, alergi, sleep apnea, sinusitis atau hidung tersumbat kronis dapat menjadi tantangan bagi pernapasan melalui hidung dan mungkin memerlukan pengobatan alternatif.

"Jika Anda khawatir dengan dengkuran Anda, atau bangun dengan mulut kering atau sakit tenggorokan yang terus-menerus, yang terbaik adalah berbicara dengan penyedia layanan kesehatan utama Anda sebelum mencoba mouth tape karena Anda mungkin memerlukan uji coba dan evaluasi tambahan untuk hal-hal seperti apnea tidur atau TMJ," kata Patel.

 Menurut Wei, orang dengan hidung tersumbat, kondisi pernapasan atau gangguan TMJ harus menghindari mouth tape karena dapat semakin membatasi kemampuan bernapas.

Selain potensi penyumbatan jalan napas, iritasi kulit (karena perekat) dan ketidaknyamanan adalah efek samping negatif lainnya. "Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman atau cemas saat menggunakan plester mulut, terutama jika mereka merasa sesak atau terkekang karena mulutnya ditutup," kata Wei.

Cara menggunakan plester mulut

Penggunaan plester mulut sangatlah mudah. Para ahli merekomendasikan untuk menempelkan dengan selotip yang fleksibel dan berkualitas medis yang lembut di kulit. Ini akan bekerja baik pada kulit kering, jadi jika Anda memiliki rutinitas perawatan kulit di malam hari yang ekstensif, tunggulah sebentar sampai produk Anda menyerap sehingga selotip bisa menempel lebih baik.

Selotip harus aman tetapi tidak terlalu ketat. "Pilihlah selotip yang lembut, seperti selotip bedah atau atletik, bukan yang sulit dilepas seperti lakban," kata Fraundorf.

"Selotip harus bisa menempel tapi secara bersamaan bisa lepas dengan mudah tanpa banyak perlawanan. Tujuan dari plester mulut bukanlah untuk menutup bibir Anda, melainkan untuk mengingatkan otot-otot Anda agar rileks dan melancarkan pernapasan."

Jika Anda khawatir akan merasa tidak nyaman, Fraundorf dan Wei merekomendasikan untuk melakukan latihan dengan mencobanya terlebih dahulu pada siang hari untuk membiasakan diri dengan sensasinya.

"Mulailah dengan memasang selotip di atas mulut Anda selama sekitar 10 menit setiap kali, tambah 10 menit setiap hari selama sekitar satu minggu," kata Fraundorf. "Setelah Anda merasa nyaman, Anda dapat mencoba plester mulut saat Anda tidur."

Wei menambahkan bahwa penting untuk konsisten untuk membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan pola pernapasan yang baru - dan tetap konsisten setelah Anda menyesuaikan diri sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat jangka panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini