Sukses

Baik untuk Kesehatan, 6 Jenis Tanaman Herbal Ini Bisa Ditanam di Rumah

Ada beberapa tanaman herbal yang dapat ditanam sendiri di halaman rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Tanaman berperan penting dalam kehidupan manusia. Tanaman memiliki manfaat yang beragam, seperti sebagai hiasan, pengobatan, maupun untuk menyerap polusi udara.

Ada sekitar 450 ribu spesies tanaman tumbuh di bumi ini. Sementara itu, 35 ribu hingga 70 ribu di antaranya merupakan tanaman herbal yang biasa digunakan untuk pengobatan penyakit tertentu.

Tanaman herbal ternyata juga dapat ditanam sendiri di rumah. Dari sekian banyak jenis tanaman herbal, ada beberapa tanaman yang dapat ditanam sendiri di halaman rumah, berikut rekomendasinya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba merupakan salah satu tanaman herbal yang sering digunakan dalam pengobatan China. Tanaman ini menjadi salah satu spesies pohon tertua yang masih hidup hingga saat ini.

Ginkgo biloba diyakini memiliki manfaat untuk antioksidan dan anti-inflamasi. Dikutip dari Bright Side, sebuah studi mengatakan bahwa ginkgo biloba dapat mengatasi penyakit demensia ringan, kelelahan, dan penyakit tulang.

3 dari 7 halaman

2. Chamomile

Tanaman herbal chamomile telah dipakai sejak ribuan tahun lalu. Chamomile biasanya diolah menjadi minuman teh. Beberapa penelitian menyebut bahwa tanaman ini bermanfaat untuk menjaga kualitas tidur, kadar gula darah, hingga mengatasi kanker tiroid.

4 dari 7 halaman

3. Echinacea

Echinacea memiliki manfaat untuk antioksidan dan membentuk sistem kekebalan tubuh. Dengan manfaat itu, echinacea dipercaya dapat membantu melawan virus dan infeksi, sehingga dapat menyembuhkan penyakit lebih cepat. Jika memiliki kecemasan, seseorang juga dapat mengonsumsi tanaman ini.

5 dari 7 halaman

4. Jahe

Jahe dikenal sebagai bumbu dapur untuk membuat masakan lebih sedap. Tetapi, jahe juga dapat diolah menjadi jamu maupun teh untuk kesehatan tubuh. Misalnya menurunkan berat badan, menghilangkan rasa mual karena sedang hamil, hingga meredakan nyeri saat menstruasi.

6 dari 7 halaman

5. Rosemary

Serupa dengan jahe, rosemary juga telah digunakan sebagai bumbu masakan. Rosemary kaya akan antioksidan dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, tanaman ini juga diyakini dapat mengatasi kecemasan dan depresi, serta meningkatkan daya ingat.

7 dari 7 halaman

6. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman populer yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Tanaman ini biasa digunakan sebagai bahan pembuatan produk skincare.

Lidah buaya dapat menjadi obat luka bakar, termasuk karena paparan sinar matahari. Selain itu, lidah buaya juga dapat mengatasi kemerahan pada kulit, iritasi akibat jerawat, hingga melembabkan kulit. Selain untuk tubuh, tanaman ini juga dapat dioleskan di rambut atau kulit kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.